8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10

8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10

8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10 dengan cara ini dapat meningkatkan performa laptop Anda dengan maksimal.


Saya sendiri merasa sangat kesal jika kinerja laptop yang saya gunakan sangat lambat. Bagaimana denganmu ? Yups, hampir semua orang pastinya merasakan hal yang sama.

Bagaimana tidak, hal tersebut dapat memperlambat waktu kinerja dan cukup membuang buang waktu karena harus menunggu proses kinerja laptop yang lemot.

Untuk mengatasi personal komputer atau laptop yang kinerjanya cenderung semakin lelet, yang perlu kita kerjakan hanyalah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Untuk mengerjakan hal tersebut, tak harus mengunjungi tempat maintance komputer atau laptop.

Karena tentu saja kamu akan mengeluarkan sejumlah biaya. Kamu juga dapat melakukannya sendiri. Bagaimana caranya ? Simak artikel ini selengkapnya.

8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10

1. Lakukan disk defrag

Jika kamu selaku pengguna sistem operasi windows, maka kamu dapat memanfaatkan fitur disk defragment yang diberikan oleh windows.

Fitur ini berfungsi untuk menata ulang block file yang ada di dalam hardisk agar terbaca dengan rapi oleh sistem penyimpanan dan windows.

Cara ini wajib kamu lakukan, apalagi kamu sering menginstall, menghapus program, mendelete file dan tindakan lainnya. Kondisi tersebut akan membuat blok file di hardisk tidak rapi.

Nah, untuk merapikannya kita dapat menggunakan fitur disk defragment terutama pada drive C yakni drive system.

Adapun caranya sebagai berikut:
  • Klik kanan pada drive yang ingin di defrag
  • Plih properties
  • Pilih defragment
  • Tunggu prosesnya hingga selesai
Gunakan fitur disk defragment secara berkala. Paling tidak setiap 6 bulan sekali. Jangan terlalu sering menggunakannya karena akan merusak kinerja harddisk itu sendiri.

Jika Anda memiliki masalah dengan system laptop, mungkin Anda dapat menggunakan aplikasi DLC Boot Menu, sebab aplikasi tersebut dapat memperbaiki system Anda.

2. Lakukan Clean up system

Sistem clean up juga tersedia di semua versi windows. Sampah atau file yang tidak digunakan berupa file usang, history, cache system dan sebagainya dapat memperlambat kinerja laptop dan komputer.

Karena hal tersebut dapat meningkatkan beban penggunaan RAM.

Nah, untuk mengatasinya kamu dapat membersihkannya dengan cara sebagai berikut:
  • Pilih drive yang hendak di clean up
  • Klik kanan pada drive tersebut, pilih properties
  • Pilih disk clean up
  • Tunggu prosesnya hingga selesai

3. Install antivirus

Virus komputer seperti jenis malware, spyware dan sebagainya dapat menguras sumber daya RAM secara berlebihan.

Bukan hanya itu saja, virus tersebut juga akan merusak sistem kinerja laptop dan komputer serta file file yang ada, sehingga performa laptop dan PC akan semakin lambat. 

Untuk mengatasinya, kamu dapat menginstall antivirus. Namun, pilihlah antivirus yang ringan dan tidak memberatkan sistem seperti smart security dans sebagainya.

4. Bersihkan cache

Memang, pada dasarnya ketika telah menggunakan fitur disk clean up kita dapat membersihkan file file yang tidak digunakan lagi. Namun, cara tersebut terkadang tidak diproses secara tuntas. 

Masih ada beberapa jenis file yang tidak ikut terhapus. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner.

Caranya cukup mudah, jalankan aplikasi tinggal klik dan tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Menghapus program yang tidak digunakan

Laptop lama terkadang dipenuhi dengan beragam aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan.

Aplikasi tersebut biasanya tetap berjalan dan mengkonsumsi jumlah RAM. Hal ini dapat memperlambat kinerja windows secara keseluruhan.

Sebaiknya, sangat disarankan untuk menghapus progam atau aplikasi yang tidak digunakan.

Selain itu, jika kamu memiliki aplikasi yang telah lama tidak diupdate, sebaiknya lakukan proses update segera agar kinerja laptop mu berjalan semakin cepat.

6. Tingkatkan kapasitas RAM

Jika kamu seorang pengguna laptop dan sering melakukan kerja multitasking, maka sangat disarankan untuk meningkatkan kapasitas RAM.

Apalagi jika kamu sering menggunakan aplikasi berbau design grafis dan multimedia seperti photoshop, adobe flash, adobe after effect dan sebagainya.

Menambah kapisitas RAM merupakan cara terbaik untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer. Tentu saja dalam hal ini kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya.

Tergantung jenis yang yang kamu gunakan.

7. Update windows ke versi terbaru

Pihak vendor yakni microsoft selalu melakukan update sistem operasi windows untuk meningkatkan kinerja windows menjadi semakin lebih baik.

Biasanya ada beragam fitur baru yang ditambahkan seperti peningkatan firewell, performa kecepatan, keamanan dan sebagainya.

Jika kamu saat ini masih menggunakan versi windows lama, sebaiknya lakukan proses update segera. Namun sebelum itu, persiapkan kuota data dan kelancarkan internet yang stabil.

Agar proses update dapat berjalan dengan baik.

8. Membersihkan laptop

Biasanya tindakan ini jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop atau komputer. Mereka hanya menggunakannya saja.

Tidak ada upaya untuk membersihkan laptop atau komputer setelah menggunannya. Padahal cara ini dapat meningkatkan daya tahan atau usia suatu laptop atau komputer dari kerusakan.

Bagaimana dengan mu, apakah sering membersihkannya ?

Debu debu yang menempel pada sela sela keyword, sela sela ventilasi udara pada kipas prosessor dapat membuat sirkulasi udara di dalam laptop menjadi semakin cepat panas.

Kondisi ini akan memperlambat kinerja laptop. Bahkan lambat laun dapat merusak hardware itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya cara ini kamu lakukan segera.

Kamu dapat membersikannya dengan menggunakan kuas cat yang halus. Bersihkan secara perlahan lahan. Jika kamu membersihkan bagian dalam laptop, pastikan cabut baterai laptop terlebih dahulu.

Agar tidak ada arus listik yang berjalan untuk menghindari konsleting listrik pada motherboard.

Demikianlah ulasan tentang cara meningkatkan kinerja laptop pada pengguna windows 7, 8 dan 10 agar tidak lemot yang lansir dari situs aogla media.

Semoga apa yang panduancode sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda, akhir kata dari panduancode jangan lupa titik koma.

Enter your email address:

3 Responses to "8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10"

Terimakasih telah berkomentar di Panduan Code, semoga komentar anda dapat membangun situs ini menjadi lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel