Pengertian Algoritma Pemrograman Beserta Contoh Lengkap haruslah Anda ketahui, karena untuk menjadi seorang programmer, atau pelajar jurua...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengertian Algoritma Pemrograman Beserta Contoh Lengkap haruslah Anda ketahui, karena untuk menjadi seorang programmer, atau pelajar juruan IT seperti RPL, Anda harus mengetahui apa itu algoritma dalam dunia pemrograman.

    Mendengar kata Algoritma apa yang pertama kali terpikir oleh Anda?

    Pastinya Anda teringat dengan Algoritma dalam matematika yang bikin pusing.

    Namun perlu Anda ketahui, bahwa Algoritma Pemrograman ini tidak akan membuat Anda pusing seperti matematika.

    Dan faktanya dalam dunia IT, Algoritma Pemrograman akan selalu Anda pakai dalam membuat sebuah project, bahkan para programmer yang sudah handal, mereka menerapkan Algoritma Pemrogrman dalam kehidupan sehari-hari.

    Anda makin penasarankan dengan apa itu Algoritma Pemrograman?, nah oleh sebab itu simaklah pengertian Algoritma Pemrograman dibawah ini.

    Pengertian Algoritma Pemrograman

    Pengertian Algoritma Pemrograman

    Agar Anda tidak penasaran lagi apa itu Algoritma Pemrograman, sekarang mari kita bahas mulai dari definisi Algoritma Pemrogrman.

    Algoritma Pemrograman Adalah suatu urutan langkah-langkah logis peyelesaian masalah pemrograman yang ditulis secara berurutan.

    Nah setelah Anda mengetahui apa itu Algoritma Pemrograman, pastinya Anda terpikir lagi dengan salah satu pelajaran bahasa Indonesia, yaitu tesk prosedur.

    Algoritma Pemrograman ini secara definisi memang sama dengan tesk prosedur dalam bahasa Indonesia.

    Namun yang membedakan nya adalah kegiatan atau permasalahan yang dihadapi untuk menyelesaikan nya.

    Maksudnya yaitu, Algoritma pemrogrman di buat untuk menyelesaikan suatu project, yang didalam nya berisi urutan langkah-langkah pembuatan program mulai dari perancangan, pengkodean, sampai dengan finisihing atau pengujian.

    Sedangkan tesk prosedur dalam bahasa Indonesia yaitu, urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu kegiatan yang besifat umum.

    Oh iya satu lagi yaitu Algoritma Matematika, Algoritma Matematika adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematis.

    Setelah Anda mengetahui Pengertian Algoritma Pemrograman, mari kita bahas mengenai fungsi dari Algoritma Pemrograman.

    Oleh sebab itu simaklah pembahasan fungsing Algoritma Pemrograman dibawah ini.

    Fungsi Algoritma Pemrograman

    Anda juga harus tahu alasan apa yang membuat Algoritma sangat penting dalam pemrograman, jika membuat sebuah program tanpa Algoritma Pemrograman, mungkin nanti nya akan terdapat masalah yang rumit, dan memakan waktu lebih lama dalam menyelesaikan permasahalan tersebut.

    Selain itu Algoritma pemrograman ini akan lebih memudahkan, dan mempercepat proses pembuatan program.

    Algoritma sangatlah penting dalam pemrograman, maka oleh sebab itu berikut inilah fungsi Algoritma Pemrograman yang harus Anda ketahui.
    1. Fungsi Algoritma dalam pemrograman yang pertama yaitu, dapat mengatasi permasalahan rumit dalam program yang kemungkinan juga melibatkan perhitungan tingkat tinggi.
    2. Akan membuat proses pembuatan program menjadi lebih memudah, karena logika program tersebut telah disederhanakan dalam Algoritma.
    3. Pengembangan program yang dibuat akan lebih mudah, karena program yang telah dibuat di kerjakan dan di susun secara sistematis.
    4. Lebih cepat untuk menyelesaikan masalah error yang dihadapi, karena pengkodean nya sudah sistematis maka kita tidak perlu memperbaiki nya dari awal.
    Selain dari 4 fungsi Algoritma pemrograman tersebut, ada yang menurut panduancode sangat penting yaitu, untuk membantu Anda dalam membuat laporan perancangan program tersebut.

    Nah untuk membuat perancangan program agar lebih mudah kita juga harus membuat flowchart, flowchart ini juga tidak berbeda jauh dengan Algoritma Pemrograman.

    Karena Algoritma dan flowchart ini hampir sama berikut inilah perbedaan nya.

    Perbedaan Algoritma Pemrograman Dengan Flowchart


    Apakah Anda tahu apa itu Flowchart ?

    Jika belum tahu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu flowchart, sebelum kita membahas perbedaan Algoritma dengan flowchart.

    Untuk menjawab pertanyaan di atas simaklah definisi flowchart berikut ini.

    Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

    Algoritma pemrograman ini dapat kita buat menjadi sebuah flowchart, kita hanya mengubah cara penyampaian nya saja, yang tadi nya berbentuk teks kita rubah menjadi bagan.

    Karena Flowchart dapat kita artikan sebagai algoritma dalam bentuk bagan yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dalam suatu program.

    Jadi dapat kita simpulkan bahwa perbedaan Algoritma dengan Flowchart adalah dalam cara penyampaian rancangan program.

    Contoh Sederhana Algoritma Pemrograman Dalam Kehidupan Sehari-hari

    Untuk gambaran seperti apa sih Algoritma itu?, maka panduancode memberikan contoh sederhana nya dibawah ini.

    1. Algoritma Mengirim SMS

    • Masuk ke Menu SMS.
    • Pilih kontak / masukan nomor telepon yang dituju.
    • Ketikan pesan yang akan di kirim.
    • Tekan tombol kirim.
    • SMS akan terkirim.
    Dan jika Algoritma tersebut di buat dalam bentuk Flowchart, maka contoh nya seperti gambar dibawah ini.

    Flowchart mengirim sms

    2. Algoritma Melakukan Panggilan Telepon


    • Ambil Telepon / HP.
    • Klik / tekan tombol Menu Kontak.
    • Pilih Nomor atau kontak yang akan di telepon.
    • klik / tekan tombol telepon.
    Jika Algoritma melakukan panggilan telepon tersebut di buat dalam bentuk bagan, maka akan terlihat seperti contoh flowchart dibawah ini.


    Demikianlah pembahasan kita pada kali ini tentang Perngertian Algoritma Pemrograman Beserta Contoh Lengkap dari panduancode.

    Semoga apa yang panduancode sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua, dan apa yang telah Anda baca dari panduancode bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

    Jika terdapat kekeliruan dalam pembahasan kali ini dari panduancode, mohon sampaikan di kolom komentar dibawah, agar panduancode dapat memperbaiki nya.

    Ataupun Anda jika mempunyai pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.

    Akhir kata dari panduancode jangan lupa titik koma.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done