Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi

Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi

Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi, pada zaman industri 4.0 ini kita sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan harus cerdas untuk mulai berinvestasi dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.
Panduancode pada kesempatan kali ini akan menyampaikan informasi mengenai Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi, yaitu sebuah tema yang membahas cara bagaimana untuk berinvestasi dengan reksadana.

Cara investasi dengan reksadana dizaman 4.0 ini sudah semakin mudah saja, cukup dengan hanya mengklik smartphone, kita sudah bisa berinvestasi dengan mudah, aman, dan menjanjikan tentunya.

Lalu bagaimana caranya?

Caranya mudah kita sebagai generasi muda berinvestasi cukup dengan memulai investasi bersama Ajaib.

Lalu apa yang dimaksud dengan Ajaib disini?, Ajaib adalah sebuah website yang bergerak dalam bidang investasi Reksa Dana terbaik, dan terpercaya di Indonesia.

Meski website ini masih bisa dikatakan baru, namun website ini sudah terjamin 100% aman, karena terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritasi Jasa Keuangan), dan KOMINFO.

Tapi sebelum melanjutkan pembahasan kita pada kali ini lebih jauh lagi, apakah Anda tahu apa itu reksadana?

Oleh karena itu mari kita bahas dulu dari awal apa itu reksadana agar Anda lebih paham sebagai generasi cerdas generasi muda berinvestasi.

Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi

Pengertian ReksaDana

Reksadana ialah tempat serta pola pengelolaan dana/modal untuk sekumpulan investor yang berinvestasi dalam instrumen- instrumen investasi yang ada di pasar modal dengan metode membeli unit penyertaan reksadana. 

Uang yang Anda investasikan ini akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi, semacam obligasi, saham, pasar uang maupun efek/sekuriti yang lain.

Dari pengertian reksadana diatas terdapat empat unsur penting dalam investasi, penasaran apa saja unsur penting tersebut, simaklah dibawah ini.

4 Unsur Penting Investasi ReksaDana

  1. Reksadana ialah kumpulan dana dari owner( investor).
  2. Diinvestasikan pada efek yang diketahui dengan instrumen investasi.
  3. Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
  4. Reksadana tersebut ialah instrumen jangka menengah dan panjang
Pada reksadana, manager investasi akan mengelola uang investasi Anda yang ditempatkannya pada surat berharga serta merealisasikan keuntungan maupun kerugian, dan menerima dividen ataupun bunga yang dibukukannya ke dalam" Nilai Aktiva Bersih"( NAB) tersebut.

Reksadana juga memiliki dua karakteristik yaitu reksadana terbuka dan reksadana tertutup, nah untuk penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

Karakteristik ReksaDana

Bersumber pada karakteristiknya maka reksadana bisa digolongkan sebagai berikut:

1. Reksadana Terbuka


Merupakan reksadana yang bisa dijual kembali kepada Industri Manager Investasi yang menerbitkannya tanpa lewat mekanisme perdagangan di Bursa efek. Nilai jual reksa dan pada umumnya sama dengan Nilai Aktiva Bersih. Dan pada zaman industri 4.0 ini kebanyakan yaitu reksadana terbuka.

2. Reksadana Tertutup


Merupakan reksadana yang tidak bisa dijual kembali kepada industri Manager investasi yang menerbitkannya. Unit penyertaan reksadana tertutup cuma bisa dijual kembali kepada investor lain lewat mekanisme perdagangan di Bursa Efek. Nilai jualnya juga dapat diatas ataupun dibawah Nilai Aktiva Bersihnya. 

Selain reksadana mempunyai dua karakteristik, reksadana juga mempunyai beberapa jenis, berikut inilah beberapa jenis reksadana.

Jenis Jenis ReksaDana

1. Reksadana Saham


Reksadana saham merupakan reksadana yang menerapkan investasi sekurang- kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas( saham). 

Efek saham biasanya memberikan potensi hasil yang lebih besar berbentuk capital gain lewat perkembangan harga-harga saham serta deviden. 

Reksadana saham memberikan potensi perkembangan nilai investasi yang sangat besar demikian pula dengan risikonnya.

2. Reksadana Campuran


Yaitu investasi dalam efek ekuitas, serta efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam jenis reksadana saham, dan reksadana pendapatan tetap. 

Potensi hasil serta resiko reksadana campuran secara teoretis bisa lebih besar dari reksadana pendapatan tetap tetapi lebih kecil dari reksadana saham.

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan senantiasa merupakan reksadana yang menerapkan investasi sekurang- kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. 

Perkembangan nilai investasi serta resiko investasi dari reksadana jenis ini lebih rendah daripada reksadana campuran ataupun saham.

4. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang menerapkan investasi 80% pada dampak pasar uang ialah efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito. 

Reksadana ini memiliki resiki yang paling rendah dan memberikan return perkembangan terbatas.

5. Reksadana Index

Reksadana Index yaitu reksadana yang isinya berupa sebagian besar dari index tertentu (tidak semua, yang bernilai merefleksikan index tersebut) serta dikelola secara pasif, maksudnya tidak melaksanakan jual beli di bursa, kecuali terdapat subscription baru ataupun redemption, oleh karenanya reksadana index biasanya keuntungan serta kerugiannya sejalan dengan index tersebut( apabila terdapat selisih, rata- rata selisihnya kecil). 

Apabila reksadana tersebut diperjualbelikan di bursa, maka disebut Exchange Traded Fund( ETF) serta biayanya berfluktuasi tiap detiknya, sehingga sebenarnya mirip saham. 

Keduanya, baik reksadana index ataupun ETF disebut pengelolaaan dana index dan di Amerika Serikat pada tahun 2013, mencakup 18, 4% dari seluruh pengelolaan dana bersama( mutual funds)

Nah yang tidak kalah pentingnya apasih manfaat berinvestasi dengan reksadana?, berikut inilah beberapa manfaatnya, simak dengan baik ya.

Manfaat ReksaDana

ReksaDana mempunyai beberapa manfaat yang menjadikannya sebagai salah satu alternatif investasi yang menarik antara lain:

Dikelola Oleh Manajemen Profesional


Pengelolaan portofolio suatu Reksa Dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memanglah mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. 

Biasanya Pemodal individu memiliki keterbatasan waktu, sehingga tidak bisa menganalisis secara langsung harga efek dan mengakses data ke pasar modal.

Diversifikasi Investasi


Diversifikasi ataupun penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan kurangi resiko( namun tidak bisa menghilangkan), sebab dana ataupun kekayaan Reksadana diinvestasikan pada berbagai tipe efek sehingga risikonya juga tersebar. 

Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar resiko apabila seseorang membeli satu ataupun 2 tipe saham ataupun efek secara individu.

Transparansi Informasi


ReksaDana harus memberikan data atas pertumbuhan portofolionya serta biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan bisa memantau keuntungannya, bayaran, serta resiko tiap saat.

Pengelola Reksadana akan mengumumkan Nilai Aktiva Bersih( NAB) nya tiap hari di surat kabar, dan menerbitkan laporan keuangan tiap enam bulan sekali dan tiap tahunan, yang diprospek secara tertib sehingga Investor bisa memonitor pertumbuhan investasinya secara teratur.

Likuiditas Yang Tinggi


Supaya investasi yang dilakukan sukses, tiap instrumen investasi wajib memiliki tingkatan likuiditas yang lumayan besar. 

Jadi, investor bisa mencairkan kembali Unit Penyertaannya tiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing Reksadana, jadi akan mempermudah investor mengelola uangnya.

Biaya Rendah


Karena reksadana ialah kumpulan dana dari banyak pemodal serta kemudian dikelola secara handal, maka sejalan dengan besarnya keahlian untuk melaksanakan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi. 

Website Terbaik Untuk Berinvestasi

Ajaib

Seperti yang telah kita bahas di  postingan sebelumnya mengenai Ajaib.co.id website terbaik untuk berinvestasi dengan mudah, dan aman, jadi website terbaik untuk investasi di zaman industri 4.0 ini adalah Ajaib.

Kenapa panduancode sebut website Ajaib sebagai website terbaik untuk berinvesasi?, Alasannya yaitu website Ajaib mempunyai banyak mitra bank besar di Indonesia, dan bermitra dengan banyak Manager Investasi dari berbagai perusahaan.

Kita sebagai generasi cerdas generasi muda berinvestasi tidak lengkap rasanya jika kita belum mencoba berinvestasi di website Ajaib ini.

Jika Anda belum tahu cara untuk berinvestasi reksadana maka jangan khawatir, karena website Ajaib menyediakan panduannya dengan sangat jelas dan mudah.

Sekian yang dapat panduancode sampaikan pada postingan kali ini, semoga apa yang panduancode sampaikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Akhir kata dari panduancode jangan lupa titik koma. 

Berlangganan Artikel Terbaru Via E-mail:

22 Responses to "Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi"

  1. Balasan
    1. Benar sekali mas, kita sebagai generasi cerdas memang harus terus mencari dan menambah illmu pengetahuan agar kita menjadi generasi terbaik Indonesia.

      Hapus
  2. Artikel yang bermanfaat, saya dulu pernah berinvestasi di sebuah website tapi website tersebut telah scam, hampir rugi banyak :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya mas cek dulu website itu terdaftar di ojk tidak, tapi jangan khawatir lagi website investasi yang saya rekomendasikan di atas sudah dijamin 100% aman, sudah terdaftar di OJK dan kominfo.

      Hapus
  3. Mantullll buat generasi milenial tuh info

    BalasHapus
  4. Mantap gan sangat bermanfaatšŸ™

    BalasHapus
  5. Bagus banget mas infonya jadi bisa lebih tahu lagi soal investasi supaya saya bisa berinvestasi untuk kepentingan masa depan.

    BalasHapus
  6. Terimakasih gan saya jadi tertarik nih sama investasi, saya pelajari lagi ah reksadana kali aja saya bisa sukses.

    BalasHapus
  7. Mantap,artikelnya sangat bermanfaat :))

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat bagus..
    investasi bisa dimulai sejak dini dan bisa dimulai dengan nilai yang sangat rendah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas hanya dengan 10.000 kita sudah bisa untuk berinvestasi

      Hapus
  9. Selain Investasi saham, Investasi emas juga perlu, atau investasi yang berupa barang bukan berupa uang...
    Mungkin nanti akan ditambah opsi investasi emas.

    BalasHapus
  10. Ya sebenarnya investasi itu sangat penting.. seperti penjelasan agan di atas..tapi masalah nya pendapat perkapita negara kita masih kecil..jadi buat investasi itu sangat susah.. apalagi banyak nya investasi bodong yang berkeliaran..hadehh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tenang mas jangan khawatir karena sekarang ada Ajaib.co.id sebagai website investasi terbaik dan terpercaya di era industri 4.0 ini, karena telah terdaftar di OJK dan KOMINFO.

      Hapus
  11. baru tahu ni tentang reksadana, maksudnya baru memahami....kalau tahu sinh udah lama namun gak ngeuh apa itu, karena di tokopedia dan market place lainnya ada reksa dana. hehe thanks infonya salam
    edukasibahasainggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak semoga sukses dengan investasi nya

      Hapus
  12. website ajaib.co.id sudah berapa lama gan?

    BalasHapus
  13. setuju.. anak muda harus melek finansial

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar di Panduan Code, semoga komentar anda dapat membangun situs ini menjadi lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Donasi

Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.



BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
PULSA : 082126546564
PAYPAL : panduancode
Done