Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi, pada zaman industri 4.0 ini kita sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan harus cerdas ...
Daftar Isi [Tampil]

    Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi, pada zaman industri 4.0 ini kita sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan harus cerdas untuk mulai berinvestasi dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.

    Panduancode pada kesempatan kali ini akan menyampaikan informasi mengenai Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi, yaitu sebuah tema yang membahas cara bagaimana untuk berinvestasi dengan reksadana.

    Cara investasi dengan reksadana dizaman 4.0 ini sudah semakin mudah saja, cukup dengan hanya mengklik smartphone, kita sudah bisa berinvestasi dengan mudah, aman, dan menjanjikan tentunya.

    Lalu bagaimana caranya?

    Caranya mudah kita sebagai generasi muda berinvestasi cukup dengan memulai investasi bersama Ajaib.

    Lalu apa yang dimaksud dengan Ajaib disini?, Ajaib adalah sebuah website yang bergerak dalam bidang investasi Reksa Dana terbaik, dan terpercaya di Indonesia.

    Meski website ini masih bisa dikatakan baru, namun website ini sudah terjamin 100% aman, karena terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritasi Jasa Keuangan), dan KOMINFO.

    Tapi sebelum melanjutkan pembahasan kita pada kali ini lebih jauh lagi, apakah Anda tahu apa itu reksadana?

    Oleh karena itu mari kita bahas dulu dari awal apa itu reksadana agar Anda lebih paham sebagai generasi cerdas generasi muda berinvestasi.

    Generasi Cerdas Generasi Muda Berinvestasi

    Pengertian ReksaDana

    Reksadana ialah tempat serta pola pengelolaan dana/modal untuk sekumpulan investor yang berinvestasi dalam instrumen- instrumen investasi yang ada di pasar modal dengan metode membeli unit penyertaan reksadana. 

    Uang yang Anda investasikan ini akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi, semacam obligasi, saham, pasar uang maupun efek/sekuriti yang lain.

    Dari pengertian reksadana diatas terdapat empat unsur penting dalam investasi, penasaran apa saja unsur penting tersebut, simaklah dibawah ini.

    4 Unsur Penting Investasi ReksaDana

    1. Reksadana ialah kumpulan dana dari owner( investor).
    2. Diinvestasikan pada efek yang diketahui dengan instrumen investasi.
    3. Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
    4. Reksadana tersebut ialah instrumen jangka menengah dan panjang
    Pada reksadana, manager investasi akan mengelola uang investasi Anda yang ditempatkannya pada surat berharga serta merealisasikan keuntungan maupun kerugian, dan menerima dividen ataupun bunga yang dibukukannya ke dalam" Nilai Aktiva Bersih"( NAB) tersebut.

    Reksadana juga memiliki dua karakteristik yaitu reksadana terbuka dan reksadana tertutup, nah untuk penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

    Karakteristik ReksaDana

    Bersumber pada karakteristiknya maka reksadana bisa digolongkan sebagai berikut:

    1. Reksadana Terbuka


    Merupakan reksadana yang bisa dijual kembali kepada Industri Manager Investasi yang menerbitkannya tanpa lewat mekanisme perdagangan di Bursa efek. Nilai jual reksa dan pada umumnya sama dengan Nilai Aktiva Bersih. Dan pada zaman industri 4.0 ini kebanyakan yaitu reksadana terbuka.

    2. Reksadana Tertutup


    Merupakan reksadana yang tidak bisa dijual kembali kepada industri Manager investasi yang menerbitkannya. Unit penyertaan reksadana tertutup cuma bisa dijual kembali kepada investor lain lewat mekanisme perdagangan di Bursa Efek. Nilai jualnya juga dapat diatas ataupun dibawah Nilai Aktiva Bersihnya. 

    Selain reksadana mempunyai dua karakteristik, reksadana juga mempunyai beberapa jenis, berikut inilah beberapa jenis reksadana.

    Jenis Jenis ReksaDana

    1. Reksadana Saham


    Reksadana saham merupakan reksadana yang menerapkan investasi sekurang- kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas( saham). 

    Efek saham biasanya memberikan potensi hasil yang lebih besar berbentuk capital gain lewat perkembangan harga-harga saham serta deviden. 

    Reksadana saham memberikan potensi perkembangan nilai investasi yang sangat besar demikian pula dengan risikonnya.

    2. Reksadana Campuran


    Yaitu investasi dalam efek ekuitas, serta efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam jenis reksadana saham, dan reksadana pendapatan tetap. 

    Potensi hasil serta resiko reksadana campuran secara teoretis bisa lebih besar dari reksadana pendapatan tetap tetapi lebih kecil dari reksadana saham.

    3. Reksadana Pendapatan Tetap

    Reksadana pendapatan senantiasa merupakan reksadana yang menerapkan investasi sekurang- kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. 

    Perkembangan nilai investasi serta resiko investasi dari reksadana jenis ini lebih rendah daripada reksadana campuran ataupun saham.

    4. Reksadana Pasar Uang

    Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang menerapkan investasi 80% pada dampak pasar uang ialah efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito. 

    Reksadana ini memiliki resiki yang paling rendah dan memberikan return perkembangan terbatas.

    5. Reksadana Index

    Reksadana Index yaitu reksadana yang isinya berupa sebagian besar dari index tertentu (tidak semua, yang bernilai merefleksikan index tersebut) serta dikelola secara pasif, maksudnya tidak melaksanakan jual beli di bursa, kecuali terdapat subscription baru ataupun redemption, oleh karenanya reksadana index biasanya keuntungan serta kerugiannya sejalan dengan index tersebut( apabila terdapat selisih, rata- rata selisihnya kecil). 

    Apabila reksadana tersebut diperjualbelikan di bursa, maka disebut Exchange Traded Fund( ETF) serta biayanya berfluktuasi tiap detiknya, sehingga sebenarnya mirip saham. 

    Keduanya, baik reksadana index ataupun ETF disebut pengelolaaan dana index dan di Amerika Serikat pada tahun 2013, mencakup 18, 4% dari seluruh pengelolaan dana bersama( mutual funds)

    Nah yang tidak kalah pentingnya apasih manfaat berinvestasi dengan reksadana?, berikut inilah beberapa manfaatnya, simak dengan baik ya.

    Manfaat ReksaDana

    ReksaDana mempunyai beberapa manfaat yang menjadikannya sebagai salah satu alternatif investasi yang menarik antara lain:

    Dikelola Oleh Manajemen Profesional


    Pengelolaan portofolio suatu Reksa Dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memanglah mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. 

    Biasanya Pemodal individu memiliki keterbatasan waktu, sehingga tidak bisa menganalisis secara langsung harga efek dan mengakses data ke pasar modal.

    Diversifikasi Investasi


    Diversifikasi ataupun penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan kurangi resiko( namun tidak bisa menghilangkan), sebab dana ataupun kekayaan Reksadana diinvestasikan pada berbagai tipe efek sehingga risikonya juga tersebar. 

    Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar resiko apabila seseorang membeli satu ataupun 2 tipe saham ataupun efek secara individu.

    Transparansi Informasi


    ReksaDana harus memberikan data atas pertumbuhan portofolionya serta biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan bisa memantau keuntungannya, bayaran, serta resiko tiap saat.

    Pengelola Reksadana akan mengumumkan Nilai Aktiva Bersih( NAB) nya tiap hari di surat kabar, dan menerbitkan laporan keuangan tiap enam bulan sekali dan tiap tahunan, yang diprospek secara tertib sehingga Investor bisa memonitor pertumbuhan investasinya secara teratur.

    Likuiditas Yang Tinggi


    Supaya investasi yang dilakukan sukses, tiap instrumen investasi wajib memiliki tingkatan likuiditas yang lumayan besar. 

    Jadi, investor bisa mencairkan kembali Unit Penyertaannya tiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing Reksadana, jadi akan mempermudah investor mengelola uangnya.

    Biaya Rendah


    Karena reksadana ialah kumpulan dana dari banyak pemodal serta kemudian dikelola secara handal, maka sejalan dengan besarnya keahlian untuk melaksanakan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi. 

    Website Terbaik Untuk Berinvestasi

    Ajaib

    Seperti yang telah kita bahas di  postingan sebelumnya mengenai Ajaib.co.id website terbaik untuk berinvestasi dengan mudah, dan aman, jadi website terbaik untuk investasi di zaman industri 4.0 ini adalah Ajaib.

    Kenapa panduancode sebut website Ajaib sebagai website terbaik untuk berinvesasi?, Alasannya yaitu website Ajaib mempunyai banyak mitra bank besar di Indonesia, dan bermitra dengan banyak Manager Investasi dari berbagai perusahaan.

    Kita sebagai generasi cerdas generasi muda berinvestasi tidak lengkap rasanya jika kita belum mencoba berinvestasi di website Ajaib ini.

    Jika Anda belum tahu cara untuk berinvestasi reksadana maka jangan khawatir, karena website Ajaib menyediakan panduannya dengan sangat jelas dan mudah.

    Sekian yang dapat panduancode sampaikan pada postingan kali ini, semoga apa yang panduancode sampaikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

    Akhir kata dari panduancode jangan lupa titik koma. 
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done