12 Bahasa Pemrograman Paling Populer Di Indonesia

12 Bahasa Pemrograman Paling Populer Di Indonesia

12 bahasa pemrograman paling populer di Indonesia, saat ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahasa pemrograman termasuk rangkaian kata atau perintah yang dapat di mengerti komputer.

Daftar Isi [Tampil]
12 bahasa pemrograman paling populer di Indonesia, saat ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahasa pemrograman termasuk rangkaian kata atau perintah yang dapat di mengerti komputer.
Nah, bahasa pemrograman itu perlu anda ketahui untuk bisa membangun suatu aplikasi ataupun software. 

Sehingga dalam pembuatan aplikasi diperlukan bahasa pemrograman yang sesuai terhadap kebutuhan aplikasi tersebut. 

Bahasa Pemograman Paling Populer Di Indonesia

Nah, untuk itu, berikut ini ada 12 bahasa pemrograman paling populer di Indonesia yang bisa kita pelajari.

1. JAVA

Bahasa pemrogaman yang pertama adalah JAVA. Anda bisa menggunakan bahasa pemrogaman ini dalam berbagai platform. Dari perangkat mobile sampai perangkat PC. 

Alasan kenapa nama Java dipilih ialah karena pendirinya (James Gosling) suka dengan kopi murni atau kopi tubruk yang digiling langsung dari mesin giling kopi. Nah, asal kopi itu sendiri dari jawa, sehingga namanya pun java.

Ada banyak kelebihan yang terdapat pada java. Diantaranya dapat berjalan pada sistem operasi yang beda, selanjutnya juga termasuk bahasa pemrograman pemrograman orientasi objek (OOP). 

Dengan begitu, programmer pun akan dimudahkan dalam menyusun program dengan bahasa tersebut. 

Bukan hanya itu saja, bahasa ini pun punya banyak kosa kata lengkap yang memudahkan programer. Apalagi sekarang ini smartphone Android populer sekali di masyarakat. 

Pada Aplikasi smartphone Android juga memakai bahasa pemrogaman java. Karena itulah banyak programmer yang memakai bahasa ini karena sedang banyak dibutuhkan.

2. C

Selanjutnya adalah bahasa C. Jenis bahasa pemrograman ini termasuk bahasa tertua karena dikembangkan sekitar tahun 70 an. 

Perancang bahasa ini ialah Dennis Ritchie. Jenis bahasa C ini cukup populer di negara Indonesia sebab perguruan tinggi IT sebagian besar menggunakan bahasa tersebut. 

Bahkan lembaga kursus pemrogaman pun menggunakan bahasa C ini sebelum mempelajari bahasa pemrogaman lain. 

Hal itu karena bahasa C merupakan dasar dalam mempelajari bahasa pemrograman lain seperti Java, maupun C++.

3. PHP

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan PHP Hypertext Pre-processor (PHP). Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang banyak sekali digunakan oleh progamer di Indonesia. 

Bukan hanya gratis, PHP sudah banyak dipakai karena bahasa tersebut termasuk server side scripting untuk membangun website yang dinamis. 

Bukan hanya itu, ternyata banyak website ternama yang menggunakan bahasa ini seperti Facebook, Digg, dan Wordpress untuk pengembangannya. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Selanjutnya ada Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrogaman Visual basic juga memberikan IDE visual dalam pembuatan software. 

Pengembangan ini juga dilakukan untuk membuat software pada sistem operasi Windows. Bahasa pemrogaman ini termasuk keturunan dari BASIC.

Pada tahun 2005 telah melakukan survey yang menunjukan 62% pengguna software yang memakai bahasa pemrogaman Visual Basic ini untuk mengembangkan software nya. 

Itulah sebabnya VisualBasic ini termasuk bahasa pemrograman terpopuler berikutnya. Bahkan di Indonesia juga ada grup Visual Basic yang anggotanya mencapai 22 ribu developer.

5. Python

Python termasuk bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi, berbasis web dan berbasis mobile. Bahkan ini juga termasuk bahasa pemrogaman mudah untuk pemula.

Sebab bahasa itu juga mudah dibaca menggunakan syntax yang mudah dipahami pula. Sehingga banyak perusahaan besar yang memanfaatkan Phyton untuk mengembangkan Instagram, Pinterest maupun Radio. 

Para pengembang juga memakai bahasa pemrogaman ini untuk Google, Yahoo dan juga NASA.
Ada grub juga di Indonesia yang membahas masalah Python dengan anggota sampai 6000 orang. Grup tersebut juga termasuk grub aktif yang diberi nama Python Indonesia.

6. C++

Seperti namanya, bahasa pemrograman C++ termasuk bahasa pemrograman yang berasal dari pengembangan bahasa C. 

Namun keduanya pun juga punya perbedaan dalam penyelesaian masalahnya. Jika dalam bahasa C anda harus membagi-bagi didalam sub-sub masalah lebih kecil atau disebut dengan procedural. 

Sementara untuk bahasa pemrogaman C++ penyelesaian masalahnya dengan membagi objek kedalam class-class. Pertama kali bahasa pemrogaman C++ ini dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.

Ada banyak perusahaan software besar menggunakan bahasa pemrogaman C++ ini dalam pembangunan software nya. 

Diantara software yang menggunakan bahasa ini ialah Adobe, Firefox, dan Winamp namun sekarang telah dihentikan pengembanganya.

7. JavaScript

Selanjutnya adalah JavaScript yang merupakan bahasa pemrograman dari Netscape. Kebanyakan bahasa ini dipakai untuk pengembangan web. Menggunakan JavaScript, anda dapat membuat web lebih menarik dan interaktif. 

Ada juga grub FB Indonesia yang membahas masalah JavaScript yang diberi nama JavaScript Indonesia. Sampai sekarang Grup ini masih aktif dan punya anggota sampai 10 ribu lebih.  

8. C#

Nah, jika tadi ada bahasa pemrogaman C dan juga C++, sekarang ada bahasa pemrogaman C#. Pada bahasa C# ternyata merupakan penggabungan antara prinsip bahasa C dengan C++. 

Sementara itu, bahasa pemrogaman C# telah banyak dipakai untuk mengembangkan software berplatform Windows.

9. Objective-C

Selanjutnya ada bahasa pemrogaman yang berorientasi objek bernama Objective-C. Penggunaan bahasa pemrograman tersebut ialah dalam pengembangan aplikasi perangkat Apple. Ditambah lagi untuk sistem operasi iOS. 

10. ActionScript

Apakah anda tahu tentang bahasa pemrogaman yang ke 10 ini? ActionScript juga dibuat berdasarkan ECMAScript yang berguna dalam mengembangkan situs web maupun perangkat lunak Adobe Flash Player.

Beberapa aplikasi basis data juga menggunakan bahasa pemrogaman ActionScript misalnya saja Alpha Five.

Awalnya bahasa pemrogaman ini dikembangkan oleh Macromedia, tapi sekarang telah dimiliki serta dilanjutkan oleh Adobe. Karena telah dibeli oleh Macromedia ketika tahun 2005.

Saat ini ada Action Script terbaru salah satunya adalah Action Script 3.0. Bahasa pemrogaman ini termasuk bahasa terbaru dari yang sebelumnya Action Script 2.0.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Action Script 3.0 dibandingkan dengan versi sebelumnya. Yakni file Action Script 3.0 bisa dibuat secara terpisah ketika runtime. 

Bahasa pemrogaman ActionScript sangat populer di Indonesia karena terdapat banyak developer berbasis Flash memanfaatkan bahasa pemrogaman ActionScript dalam kepentingan kodingnya. 

Bahkan ada juga grub di Facebook yang masih aktif sampai sekarang. Anggotanya lebih dari 1000 orang.

11. Bahasa Pemrograman Ruby

Bahasa pemrograman kali ini adalah ruby. Bahasa pemrograman ini cukup dinamis, refletif, serta berbasis objek. 

Juga termasuk sahabat terbaik untuk para programmer. Karena ruby sangat open source, gampang dipahami, serta lebih produktif. Adapun kode-kode yang dimiliki oleh Ruby juga sangat natural, elegan dan mudah dibaca.

Fungsi ruby juga cukup bagus. Programmer dapat menggunakannya untuk pembuatan aplikasi web, GUI serta lainnya. 

Platform yang dikembangkan dengan bahasa Ruby salah satunya ialah Twitter. Bahasa pemrogaman rubi ini dikembangkan oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto.

12. Bahasa Pemrograman Swift

Untuk pengembangan iOS dan OS X, maka digunakanlah bahasa pemrogaman Swift. Sedangkan swift sendiri dikembangkan oleh perusahaan besar Apple. 

Bahasa ini di rancang khusus berdampingan dengan Objective-C yang berguna untuk menghindari adanya kesalahan kode dalam pemrogaman.

Nah, itu tadi ke 12 bahasa pemrograman paling populer di Indonesia dari inews. Dengan mengetahui beberapa bahasa pemrogaman tadi, akan memudahkan pengenalan kita pada pemrogaman. Terima kasih. 
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Terbaru Via E-mail:

Donasi

Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.



BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
PULSA : 082126546564
PAYPAL : panduancode
Done