Cara Mengajar Online Dengan Google Classroom Terbaru ini sangat mempermudah para guru untuk menyampaikan materi pelajaran yang akan diajar...
data:post.title

Cara Mengajar Online Dengan Google Classroom Terbaru

Daftar Isi [Tampil]
    Cara Mengajar Online Dengan Google Classroom Terbaru ini sangat mempermudah para guru untuk menyampaikan materi pelajaran yang akan diajarkan pada murid-muridnya.


    Tentu hal ini sangat membantu sekali untuk kegiatan belajar mengajar secara online, terlebih lagi saat ini di berlakukannya lockdown.

    Lockdown tersebut bertujuan untuk mencegah kita terinveksi virus Corona yang sangat cepat penyebarannya.

    Jadi mau tidak mau kegiatan belajar mengajar di sekolah harus dihentikan sementara, tetapi kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja.

    Sebelum kita mulai ke tutorial Cara Mengajar Online Dengan Google Classroom Terbaru, apakah Anda tahu apa itu Google Classroom?

    Oleh sebab itu yuk kita bahas terlebih apa itu Google Classroom di bawah ini.

    Apa Itu Google Classroom?

    Google Classroom adalah salah satu aplikasi gratis yang dikembangkan oleh perusahaan google untuk memudahkan para pengajar dalam proses belajar mengajar secara online.

    Google Classroom ini merupakan program G-Suite for Education yang lahir pada tanggal 6 Mei 2014 dan pada tahun 2015 google juga membuat versi aplikasi selularnya. Sehingga bisa digunakan oleh perangkat bergerak seperti iOS dan Android.

    Didalam Google Classroom ini anda bisa membuat kelas sebagai pengajar atau bisa juga bergabung dengan kelas yang sudah orang lain buat sebagai siswanya.

    Anda cukup mempunyai akun Google untuk bisa menggunakan Google Classroom sehingga bisa menikmati fasilitas yang ada di sana.

    Manfaat Google Classroom

    Berikut beberapa manfaat dari Google Classroom yang bisa kita nikmati secara gratis.

    Manfaat untuk Siswa

    Google Classroom adalah perangkat lunak berbentuk website sehingga kita harus menggunakan smartphone atau komputer menggunakannya.

    Cara belajar seperti ini lebih ke pembelajaran berbasis teknologi, untuk itu proses belajar bagi siswa akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

    Sehingga siswa bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Bahkan bisa saja siswa belajar sambil mendengarkan musik atau hanya sekadar memakan cemilan tanpa ditegur guru seperti disekolah. Tetapi, harus tetap konsentrasi ya.

    Manfaat untuk Guru

    Selain untuk siswa, guru juga banyak menuai manfaat dari program Google Classroom ini. Salah satunya menghemat banyak waktu sehingga proses mengajar bisa diselangi dengan beberapa pekerjaan kecil lainnya dirumah.

    Guru juga bisa menyimpan banyak sekali module atau materi untuk dipelajari siswa secara mandiri.

    Proses membagikan tugas pun akan sangat mudah dan cepat. Guru tinggal mengatur batas akhir pengumpulan tugas tersebut.

    Selain semua itu, guru juga bisa memantau aktivitas semua siswa yang ada di kelas. Mulai dari siapa yang aktif berkomentar dan siapa yang hanya sekadar menyimak.

    Kelebihan Google Classroom

    Ada banyak sekali sistem pembelajaran berbasis online atau dikenal dengan istilah LMS (Learning Management System) yang sering digunakan sebagai proses belajar mengajar online dan salah satunya adalah google claasroom.

    Google classroom memiliki kelebihan-kelebihan dibanding dengan LMS (Learning Management System) yang lainnya seperti user interface lebih rapi, bisa mengelompokan file yang diunggah menjadi dua bagian, gratis dan masih banyak lagi.

    Selain itu, didalam menu tugas kelas atau classwork guru bisa membuat beberapa kategori yang diisi dengan banyak file materi, sehingga siswa akan mudah mencari materi mana yang belum dipelajari serta mendownload beberapa file didalamnya.

    Setelah mengetahui pengertian singkat, manfaat dan kelebihan dari Google Classroom sekarang kita masuk ke panduan mengajar online dengan Google Classroom.

    Panduan Mengajar Online Dengan Google Classroom

    Di sini saya akan menjelaskan tentang panduan membuat kelas baru, tugas kelas dan mengikuti kelas yang sudah ada sebagai siswa.

    Membuat Kelas Baru


    1. Buka Google Classroom

    Buka link berikut ini https://classroom.google.com/ lalu login menggunakan akun google yang sudah ada. Setelah itu klik lanjutkan. Jika anda belum mempunyai akun google, daftarlah terlebih dahulu.

    google classroom

    2. Buat Kelas

    Klik bagian ikon tambah (+) yang ada pada pojok kanan atas. Lalu pilih Buat Kelas.

    buat kelas

    Nanti Anda akan disajikan dengan sebuah rules untuk dibaca, namun anda bisa lansung tandai ceklis dan klik lanjutkan.
    rules membuat kelas


    Lalu Anda akan diminta mengisi kolom untuk melengkapi kelas yang Anda buat.

    kolom deskripsi kelas

    Terdapat banyak sekali fitur yang bisa dilakukan oleh guru. Diantaranya Anda bisa membuat tugas, menambahkan murid dengan jalur undangan, membagikan file dan lain sebagainya.

    Google Classroom benar-benar memudahkan para guru untuk mengajar dengan cara online.


    kode undangan kelas


    Membuat Tugas

    Setelah membuat kelas, seorang guru pasti memberikan tugas kepada siswa sebagai penilaian. Dan didalam Google Classroom ini bukan hal yang susah untuk membagikan tugas kepada semua siswa yang terdaftar.

    1. Membuat Tugas Kelas

    Klik pada bagian Tugas Kelas  lalu klik ikon (+) . Guru bisa memberikan tugas serta beberapa petunjuk bagaimana sistem pengerjaannya kepada siswa.
    tugas kelas

    2. Pilih Tugas

    Guru bisa memilih beberapa tugas yang tersedia. Seperti pada tugas kuis, guru bisa membuat pertanyaan pilihan ganda.

    petunjuk membuat tugas 
    Guru juga bisa mengatur kapan batas akhir tugas itu harus selesai.

    Masih banyak fitur untuk guru, mungkin saya hanya bisa menjelaskan beberapa saja selebihnya Anda bisa mencobanya sendiri.

    Masuk Sebagai Siswa


    1. Buka Google Classroom

    Buka Google classroom seperti biasa, namun sekarang anda tidak lagi membuat kelas. Melainkan Gabung ke kelas.

     Klik gabung ke kelas lalu masukan kode kelas yang sudah diberikan oleh guru.

    gabung ke kelas

    Di sini saya akan mencoba masuk kelas yang sudah kita buat sebelumnya menggunakan akun google yang lain.

    2. Masukan Kode

    Klik Gabung ke kelas lalu masukan kode qrrsnyr seperti gambar di bawah ini 

    memasukan kode kelas

    Bagus, dengan klik Gabung akun lain sudah berada di kelas yang sudah kita buat tadi sebagai siswa.

    Siswa yang bergabung bisa langsung mengerjakan tugas jika ada. 

    mengerjakan tugas

    Siswa juga bisa berkomentar di dalam tugas untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya. 

    membahas tugas
    Namun, jika ingin menanyakan sesuatu secara pribadi kepada guru, siswa dapat berkomentar secara pribadi tanpa diketahui siswa yang lain.

    Selain itu, ada juga forum diskusi untuk semua siswa dan guru yang terdapat diawal masuk kedalam kelas.

    forum diskusi
    Di sini tidak hanya mendiskusikan tugas yang spesifik, anda dapat memposting hal-hal yang bersifat umum. Atau hanya sekadar bercanda dengan teman sekelas.

    Mungkin, itu saja yang bisa panduan code jelaskan mengenai cara mengajar online dengan Google Classroom yang saat ini sedang ramai digunakan oleh hampir semua sekolah atau perkuliahan di Indonesia karena adanya wabah covid-19. Semoga lekas pulih, Aamiin.

    Akhir kata dari Panduan Code jangan lupa titik koma.
    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done