HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula sekarang sangatlah diperlukan baik itu HTML Editor yang gratis maupun HTML Editor yang ber...
data:post.title

HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula

Daftar Isi [Tampil]

    HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula sekarang sangatlah diperlukan baik itu HTML Editor yang gratis maupun HTML Editor yang berbayar.

    Kenapa sangat diperlukan HTML Editor untuk programmer dan untuk pemula?

    Karena untuk programmer HTML Editor akan sangat memudahkan perkejaan mereka, dan untuk pemula akan sangat memudahkan mereka untuk belajar coding HTML.

    Pada saat ini sudah banyak HTML Editor yang tersebar luas di internet dengan berbagai kelebihannya masing-masing.

    Nyatanya pada saat ini untuk belajar coding atau melakukan aktifitas ngoding sudah sangat dipermudah dengan adanya HTML editor ini.

    Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan HTML Editor tersebut?, dan berikut inilah penjelasan singkatnya.

    Apa Itu HTML Editor?

    HTML Editor

    HTML Editor adalah sebuah aplikasi di komputer dan di Android yang memiliki fungsi untuk membuat dan mengedit kode HTML.

    HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yaitu salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk membuat halaman web.

    Dan HTML juga termasuk kedalam kategori bahasa pemrograman client side scripting, client side scripting adalah bahasa pemrograman yang pemrosesan programnya dilakukan dibrowser client.

    Fungsi dari HTML Editor juga sangat penting karena mempunyai berbagai fitur yang otomatis, seperti Emmet, dan Syntax Highlighting.

    Hal tersebutlah yang membedakan antara HTML Editor dengan Text Editor biasa seperti Notepad.

    2 Jenis HTML Editor Yang Perlu Kamu Ketahui


    Terdapat 2 jenis HTML Editor secara umum, pertama tekstual dan kedua WYSIWYG (What You See is What You Get).

    1. HTML Editor Tekstual


    HTML Editor Tekstual adalah jenis editor HTML yang berbasis teks dan cocok digunakan oleh para programmer, karena programmer dapat memegang kendali penuh terhadap kode HTML yang sedang dibuatnya.

    Namun editor HTML jenis tekstual ini tidak memiliki fitur live preview (tampilan langsung) dari kode HTML yang sedang dikerjakan saat itu.

    2. HTML Editor WYSIWYG


    WYSIWYG adalah singkatan dari What You See is What You Get yaitu jenis editor HTML yang mempunyai fitur live preview.

    Arti dari What You See is What You Get adalah Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Dapatkan.

    Jenis HTML Editor ini cocok digunakan oleh para pemula yang sedang belajar coding HTML, dan dibeberapa editor HTML sudah terdapat fitur drag-and-drop.

    Nah sekarang Panduan Code akan membahas beberapa HTML Editor terbaik untuk programmer dan pemula, simak pembahasannya dibawah ini.

    HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula


    Panduan Code sudah merangkum beberapa HTML Editor terbaik untuk programmer dan pemula berdasarkan penggunaan, user interface dan fitur unggulannya.

    1. Visual Studio Code


    Visual Studio Code adalah kode editor yang mendukung berbagai bahasa pemrograman dan salah satunya yaitu HTML.

    Pengembang dari Visual Studio Code adalah Microsoft, namun kode editor ini dapat digunakan diberbagai OS (Operasi Sistem), seperti windows, linux, dan macOS.

    Panduan Code sengaja menempatkan Visual Studio Code diurutan pertama karena menurut Panduan Code kode editor ini adalah yang terbaik untuk programmer dan pemula.

    Lalu apa alasanya?

    Alasanya karena Visual Studio Code mempunyai fitur yang lebih lengkap dari kode editor yang lain, dan kamu juga bisa menambahkan fitur-fitur baru lainya yang kamu perlukan dengan menginstall extension yang tersedia.

    Kode editor ini juga mempunyai fitur color picker yang berfungsi untuk mengetahui code warna dalam HTML dengan mudah.

    Dan yang pasti kode editor ini banyak sekali Emmet yang tersedia baik itu untuk Emmet HTML maupun bahasa pemrograman lain seperti PHP.

    Karena fitur dari Visual Studio Code sangat lengkap maka Panduan Code tidak sebutkan semuanya karena terlalu banyak, pokonya lengkap sekali fiturnya, fitur apa yang kamu inginkan insyaallah tersedia disana.

    Dan yang paling penting Visual Studio Code ini gratis.

    2. Sublime Text


    Diposisi kedua ada sublime text sebagai HTML Editor terbaik, sublime text adalah kode editor yang mendukung berbagai bahasa pemrograman dan salah satunya adalah HTML sama seperti Visual Studio Code diatas.

    Namun kelebihan utama dari sublime text adalah sangat ringan sehingga komputer dengan spesifikasi rendah dapat dengan lancar menggunakannya.

    Dari segi fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap seperti visual studio code namun ada sedikit perbedaan antara sublime text dan visual studio code.

    Perbedaan Sublime Text Dan Visual Studio Code


    1. Pada sublime text untuk menambah sebuah fitur baru yang tersedia sebut dengan plugin, sedangkan pada visual studio code disebut dengan extention.

    2. Sublime text berbayar walaupun masih bisa digunakan dengan keadaan free, sedangkan visual studio code 100% gratis.

    3. Sublime text lebih ringan dibanding dengan visual studi code, karena pada visual studio code terdapat fitur scanning bug secara otomatis.

    Harga dari lisensi premium sublime text adalah senilai $80, cukup mahal namun jika dilihat dari kelengkapan fiturnya wajar saja.

    Dari pembahasan HTML Editor yang Panduan Code sebutkan diatas tentu kamu sudah paham akan pentingnya HTML Editor atau yang umum disebut sebagai kode editor.

    Oleh sebab itu cukup sudah pembahasan kita pada kali ini tentang HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula.

    Semoga apa yang Panduan Code sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk Panduan Code dan untuk kamu yang berkunjung ke panduancode.com.

    Jika kamu mempunyai pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah, dengan senang hati Panduan Code akan menjawab pertanyaan kamu.
    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done