-->

8 Cara Screenshot di Laptop, Bisa Edit Sesuai Kebutuhan Anda sebagai anak Teknik Informatika wajib tahu. Sebagaimana yang Anda tahu, laptop ...
panduan code

8 Cara Screenshot di Laptop, Bisa Edit Sesuai Kebutuhan

Daftar Isi [Tampil]

    8 Cara Screenshot di Laptop, Bisa Edit Sesuai Kebutuhan Anda sebagai anak Teknik Informatika wajib tahu.

    Cara Screenshot di Laptop

    Sebagaimana yang Anda tahu, laptop atau komputer modern merupakan salah satu media terbaik untuk menggali informasi di internet. Hampir segala macam informasi bisa Anda dapatkan di internet melalui perangkat laptop.

    Untuk menyimpan informasi yang didapatkan, Anda bisa download file atau men-copy isi konten tersebut. Hanya saja, tidak semua konten dapat di copy-paste, sehingga untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan Anda harus melakukan screenshot pada halaman tersebut.

    Baca juga : Beli hosting gratis Cpanel

    Tapi tak perlu khawatir, karena cara screenshot di laptop sama mudahnya dengan copy-paste atau screenshot di HP. Anda bisa menggunakan tombol fungsi screenshot yang ada pada keyboard laptop atau memanfaatkan aplikasi tambahan.
     

    Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk screenshot di laptop, Anda bisa menggunakan beberapa metode. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut cara screenshot di laptop dan komputer tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

    1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

    Cara termudah yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan tombol fungsi print screen yang umumnya berada di sebelah tombol F12. Anda hanya perlu menekan tombol tersebut, dan hasil tangkapan layar akan disalin ke clipboard.

    Sehingga, untuk memunculkan hasil tangkapan layar tersebut Anda harus membuka aplikasi edit gambar terlebih dahulu, seperti Paint atau Word. Selanjutnya salin hasil screenshot tadi ke aplikasi tersebut dengan cara tekan CTRL + V. Setelah itu Anda bisa menyimpan hasil tangkapan layar dalam bentuk .jpg atau .png.

    Untuk seri laptop terbaru, paste hasil tangkapan layar dari tombol Print Screen juga bisa dilakukan pada platform lain, misalnya WhatsApp Web. Caranya pun sama, tinggal tekan tombol PrtScn, kemudian buka WA Web Anda dan teka CTRL + V untuk menampilkan hasil tangkapan layarnya.

    2. Menggunakan Tombol Windows Key + PrtScn

    Tak kalah mudah dari cara pertama, kali ini Anda juga bisa mencoba screenshot layar laptop dengan menekan tombol Windows Key + PrtScn.

    Saat Anda mencoba cara ini, secara otomatis layar laptop akan meredup dalam beberapa detik. Tapi tak perlu khawatir, karena ini merupakan indikasi bahwa Anda baru saja mengambil tangkapan layar.

    Hasil tangkapan layar yang didapatkan secara otomatis akan tersimpan di folder Gambar -> Tangkapan Layar. Hasil screenshot dengan tombol Windows Key + Prtscn juga berupa tangkapan layar penuh.

    3. Menggunakan Tombol Alt + PrtScn

    Masih menggunakan tombol utama PrtScn, hanya saja untuk cara ketiga ini Anda bisa memadukkanya dengan tombol Alt. Cara screenshot di laptop dengan tombol Alt + PrtScn ini akan menampakkan satu halaman penuh.

    Kemudian untuk menampilkan hasil tangkapan layarnya, Anda juga diharuskan membuka aplikasi edit gambar, baik Word ataupun Pain. Artinya, tangkapan layar yang diambil dari cara ini masih berupa salinan di clipboard.

    Nah, untuk menampilkannya, Anda perlu melakukan paste pada aplikasi editing gambar tersebut. Jadi, secara keseluruhan, langkah-langkah yang harus Anda coba sama seperti cara pertama.

    4. Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

    Ingin mengambil tangkapan layar pada bagian tertentu saja? Cara screenshot di laptop yang keempat ini bisa Anda coba.

    Dengan menekan Tombol Windows Key + Shift + S secara bersamaan, layar laptop secara otomatis akan meredup dan penunjuk mouse berubah. Kemudian Anda bisa menarik kursor untuk memilih bagian mana saja yang ingin di screenshot.

    Hasil tangkapan layar ini akan tersalin ke clipboard, dan Anda bisa menempelkannya pada aplikasi atau program lain.

    Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan pada laptop atau komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 versi teranyar.

    5. Menggunakan Game Bar

    Bagi Anda yang memiliki laptop gaming, game bar juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop, lho. Cara ini bisa dilakukan baik saat Anda sedang bermain game ataupun tidak.

    Caranya cukup mudah, tekan tombol Windows + G untuk menampilkan game bar. Selanjutnya klik tombol screenshot pada game bar tersebut, atau dengan menggunakan pintasan keyboard default tombol Windows + Alt + PrtScn untuk mendapatkan hasil tangkapan layar penuh.

    Lalu bagaimana jika pintasan keyboard game ini belum muncul pada laptop Anda? Sebelumnya, Anda bisa mengaturnya terlebih dahulu melalui menu Setting -> game -> game bar.
     

    6. Menggunakan Tombol Logo Windows + Volume Turun

    Cara screenshot di laptop ini diperuntutkan bagi Anda yang menggunakan Microsoft Surface. Ya, para pengguna Microsoft Surface bisa langsung menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot pada seluruh bagian layar.

    Langkah-langkahnya mirip seperti saat Anda ingin screenshot di HP atau tablet.

    Pertama sentuh logo Windows yang berada di bagian bawah layar Surface Anda, kemudian ikuti dengan menekan tombol volume turun fisik pada sisi PC.

    Dalam beberapa detik laptop akan meredup, pertanda Anda sudah berhasil mengambil tangkapan layar. Secara otomatis, hasil tangkapan layar ini akan tersimpan pada folder Gambar -> Tangkapan Layar.
     

    Cara Screenshot di Laptop Dengan Aplikasi Tambahan

    Jika cara-cara sebelumnya tidak membutuhkan aplikasi tambahan, di sini Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun keuntungannya adalah, Anda bisa mengatur bagian mana saja yang ingin discreenshot, dan bisa mengeditnya langsung pada aplikasi tersebut.

    1. Menggunakan Snipping Tool

    Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop dan komputer adalah Snipping Tool. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa mengambil tangkapan layar lebih fleksibel, baik layar penuh, Windows yang sedang aktif saja, atau screenshot persegi panjang.

    Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama buka aplikasi bawaan Windows ini, kemudian klik new dan layar laptop akan meredup. Selanjutnya arahkan kursor pada layar yang ingin Anda screenshot.

    Baca juga : Cara buat daftar isi otomatis

    Bentuk snip default dari aplikasi ini adalah snip persegi panjang, namun Anda bisa mengambilnya sinp dengan format lain.

    Setelah itu, hasil tangkapan layar akan muncul pada aplikasi Snippin Tool, dan untuk menyimpannya harus dilakukan secara manual dengan klik Save -> pilih tempat penyimpanan. Atau Anda juga bisa langsung paste tangkapan layar pada aplikasi/program lain.

    2. Menggunakan Aplikasi LightShot

    Belum cukup dengan Snipping Tool? Anda bisa beralih ke aplikasi pihak ketiga, LightShot. Aplikasi ini menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap dan dapat membuat hasil tangkapan layar Anda tampak lebih profesional.

    Proses pengeditan hasil screenshot juga bisa dilakukan langsung melalui aplikasi LightShot, sehingga dalam satu aplikasi Anda akan mendapatkan dua fungsi sekaligus.

    Itu dia beberapa cara screenshot di laptop, baik menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tidak. Untuk mendapatkan hasil tangkapan layar penuh dan tanpa editing, mungkin tombol PrtScn sudah cukup.

    Hanya saja, jika Anda ingin mendapatkan hasil tangkapan layar pada bagian tertentu saja, dan ingin melakukan sedikit editing, maka lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Fitur yang ditawarkan aplikasi pihak ketiga ini sudah sangat mendukung untuk menghasilkan tangkapan layar yang terlihat profesional.
    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done