-->

Tutorial lengkap dan 100% work Cara Menghapus Akun Google, Gmail, Google My Business, Google Play Store, Google Classroom Dan cara memulihka...
panduan code

Cara Menghapus Akun Google, Gmail, Google My Business Dan Lain-lain Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

    Tutorial lengkap dan 100% work Cara Menghapus Akun Google, Gmail, Google My Business, Google Play Store, Google Classroom Dan cara memulihkannya.

    Pada kesempatan kali ini Panduancode akan memberikan tutorial lengkap tentang cara menghapus akun google, dan cara memulihkannya.

    Bukan hanya itu saja, melainkan panduancode akan memberikan juga tutorial cara menghapus akun gmail, akun google my business, akun google play store dan akun google classroom.

    Wah sangat lengkap sekali bukan tutorial yang panduancode sampaikan pada kesempatan kali ini?.

    Mari kita simak materi tutorialnya berikut ini.

    Cara Menghapus Akun Google

    Akun Google umumnya diperlukan oleh pengguna Sistem operasi Android untuk menjalankan berbagai fitur yang telah diberikan sendiri oleh pengembangnya, Google. 

    Jika tidak menggunakan akun Google, maka beberapa fitur dan layanan google tidak bisa anda gunakan. 

    Semua akun google mengandung informasi pribadi seperti kontak, nama, history lokasi, dan beberapa ringkasan data lainnya. Bukan hanya untuk menggunakan fitur-fitur dai Google. 

    Melainkan akun google juga harus anda gunakan supaya bisa melakukan login pada tiap-tiap Aplikasi yang menggunakan Akun Google sebagai media akun pengguna nya. 

    Namun dalam beberapa kasus, akun google biasanya akan dihapus oleh pihak Google jika sudah lama tidak aktif. 

    Selain itu, ada juga orang-orang yang menginginkan untuk menghapus akun Google. Baik itu untuk sementara maupun permanen. 

    Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana caranya menghapus akun Google. 

    Bukan hanya itu, kami juga akan membahas langkah-langkah menghapus akun Gmail, Google Drive, dan masih banyak lainnya. Simak terus artikel ini, ya!

    Cara Menghapus Akun Google

    Sebelum melanjutkan ke inti tutorialnya, terlebih dahulu anda harus mengetahui risiko jika anda menghapus akun Google. 

    Risiko Menghapus Akun Google

    Hilangnya semua data dan konten pada akun tersebut. Baik berupa file seperti di Google Drive maupun gambar di Aplikasi Google Photo.

    Tidak bisa login ke layanan Google melalui akun tersebut. Layanan Google contohnya seperti Gmail, Google Drive, dan masih banyak lainnya.

    Hilangnya akses langganan ke berbagai platform yang telah dibeli melalui akun tersebut. Seperti pembelian Aplikasi, film, dan game.

    Jika anda selalu mencadangkan data WhatsApp pada Google Drive. Maka menghapus akun google juga akan menghapus data cadangan dari WhatsApp.

    Hilangnya akses untuk menggunakan Ekstensi chrome baik yang berbayar maupun gratis melalui akun yang dihapus tersebut.

    Jika anda sudah yakin untuk menghapus akun Google, simak langkah-langkah nya Berikut ini.

    1.Buka akun Google Anda.

    Ketik pada kolom pencarian dengan kata kunci "Login akun Google". Setelah itu, klik pada hasil pencarian dan login menggunakan akun Google yang ingin anda hapus.

    2.Klik Data & Personalisasi

    Setelah anda login ke akun google yang ingin anda hapus, klik menu data & personalisasi. Setelah itu scrool kebawah dan klik menu "hapus layanan atau akun anda".

    3.Pilih "Menghapus Akun Google Anda"

    Setelah anda memilih menu hapus layanan atau akun anda. pilih "menu menghapus akun google anda". 

    4.Masukkan Sandi Akun Google Anda

    Anda akan diminta untuk memasukkan sandi akun google yang ingin anda hapus. Setelah anda mengisinya, klik berikutnya.

    5.Klik "Hapus Akun"

    Langkah terakhir untuk menghapus akun Google, centang 2 kolom bahwa anda setuju. Lalu klik hapus akun. Maka akun Google Anda akan terhapus secara permanen.

    Cara Menghapus Akun Gmail

    Berbeda dengan diatas, tutorial ini bukan untuk menghapus akun Google. Melainkan untuk menghapus data-data aplikasi Gmail dari akun. Namun, sebelum anda melanjutkan ke inti tutorial nya, pastikan anda sudah mengetahui risiko Menghapus Akun gmail.

    Risiko Menghapus Akun Gmail

    Semua percakapan pada aplikasi Gmail akan terhapus

    Anda tidak akan bisa menerima email dari orang lain.

    Jika anda sudah yakin akan risiko yang nanti anda dapatkan, simak langkah-langkah nya Berikut ini.

    1.Buka Akun Google

    Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah membuka akun google yang ingin anda hapus. Caranya cukup mudah, ketika pada kolom pencarian chrome dengan kata kunci "Login akun Google". Kemudian tab pada hasil penelusuran yang sesuai, lalu masuk pada akun Google yang ingin anda hapus.

    2.Pilih Opsi Data & Personalisasi

    Lalu pilih menu data & personalisasi. Untuk menghapus akun Gmail, scroll kebawah dan klik pada menu "hapus layanan atau akun anda".

    3.Pilih Opsi Menghapus Layanan Google

    Langkah ketiga, pilih menu "menghapus layanan Google". Lalu masukkan sandi untuk melanjutkan.

    4.Hapus Akun Gmail

    Langka terakhir, hapus layanan Gmail dengan tab pada tong sampah. 

    Selesai, kini akun google anda tidak terhubung lagi dengan layanan Gmail. Untuk menghubungkan nya kembali, anda bisa melakukan daftar pada Aplikasi Gmail.

    Cara Menghapus Akun Google My Business

    Penggunaan Google My Business untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar memang sangatlah bagus. 

    Namun, pasti terkadang anda mempunyai akun Google my Business ya g sudah tidak terpakai lagi atau hanya bergurau-gurau saya ketika membuatnya. 

    Nah, jika anda ingin menghapus akun google my Business, anda berada pada artikel yang tepat. 

    Untuk risiko Menghapus Akun Google My Bisnisku pasti sudah anda ketahui. Oleh karena itu, yuk lanjut ke langkah-langkah nya.

    1.Buka Akun Google My Business

    Langkah perawatan yang harus anda lakukan pastinya ialah membuka akun google my Business. Untuk cara membukanya, ketika saja pada kolom pencarian Google dengan kata kunci"Login Google My Business". Kemudian tab pada hasil penelusuran yang sesuai. Lalu lakukan login.

    2.Pilih Menu Info

    Setelah berada pada menu beranda Google My Business anda, klik pada menu navigasi (garis 3 pada bagian kiri atas). Lalu pilih menu info.

    3.Pilih Opsi Hapus Listingan

    Langkah yang terakhir untuk  menghapus akun Google My Business dengan meng-klik pada opsi hapus listingan.

    Cara Mengeluarkan Akun Google Dari Perangkat Lain

    Apakah anda pernah menjual sebuah perangkat seperti Android tapi lupa untuk log out dari akun Google?. Mungkin bukan hanya anda yang mengalami hal seperti ini. 

    Hal serupa juga banyak dikeluhkan oleh netizen. Masalah umum yang mereka alami ialah tidak bisa mengeluarkan akun google dari perangkat lain yang sudah mereka jual atau pernah mereka pinjam.

    Sebab, jika tidak melakukan log Out, pemilik perangkat bisa menggunakan akun anda dengan semena-mena. 

    Oleh karena itu, kami juga sudah menyediakan solusinya pada artikel ini. Bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkah nya Berikut ini.

    Namun, perlu anda ketahui. Jika anda sudah log out dari sebuah perangkat, bukan berarti data akun google anda akan terhapus.

    Anda bisa login kembali akun google tersebut pada perangkat anda sendiri. Tapi yang paling penting ialah anda harus mengingat password akun tersebut. 

    Berikut cara mengeluarkan akun google dari perangkat lain.

    1.Buka Akun Google

    Buka akun google dari perangkat anda sekarang. Caranya cukup mudah, cukup ketik pada kolom pencarian Google dengan kata kunci "Login akun Google". Kemudian pilih hasil penelusuran yang sesuai dan lakukan login ke akun Google yang ingin anda keluarkan dari perangkat lain.

    2.Pilih Menu Keamanan

    Selanjutnya geser menu navigasi kekiri, lalu pilih menu keamanan. 

    3.Pilih Opsi Kelola Sekarang

    Setelah itu, scroll kebawah dan temukan opsi Kelola perangkat. Lalu klik opsi Kelola perangkat tersebut.

    4.Log Out Akun Google Dari Perangkat Lain

    Langkah terakhir, akan tampil deretan perangkat yang pernah anda gunakan untuk login akun tersebut. Klik titik 3 yang tepat berada pada kolom perangkat tersebut, kemudian pilih log out.

    Sampai disini anda sudah berhasil melakukan log out dari perangkat lain. Semoga anda juga bisa menerapkan langkah-langkah diatas tanpa kendala, ya!

    Cara Mengembalikan Akun Google Yang Dihapus Permanen

    Google memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengelola data akun pribadi masing-masing. 

    Selain itu, google juga menyediakan fitur hapus akun yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menghapus akun google secara permanen. 

    Dalam hal ini, jika ada orang lain yang menghapus akun anda, pasti anda akan merasa sangat kesal.

     Namun, jangan berkecil hati dulu. Sebab, kali ini in syaa Allah anda akan mendapatkan solusi untuk mengembalikan akun Google Anda yang dihapus permanen. 

    Bagaimana caranya? Simak Langkahnya baik-baik.

    1.Buka Halaman Pemulihan Akun Google

    Langkah pertama yang mesti anda lakukan ialah mengakses halaman pemulihan akun google. Jika anda tidak mengetahui nya, anda bisa mengakses halaman pemulihan akun google melalui link berikut ini : 

    https://accounts.google.com/signin/recovery

    2.Masukkan Alamat Email

    Selanjutnya anda harus memasukkan alamat email yang ingin anda kembalikan atau pulihkan karena telah terhapus secara permanen. 

    3.Ketik Kata Sandi Terakhir

    Langkah yang ketiga, ketik kata sandi yang terakhir anda gunakan pada akun yang telah dihapus permanen tersebut. 

    4.Ketik Nomor Telepon

    Jika anda pernah menambahkan nomor telepon untuk pemulihan email. Maka ketik nomor telepon tersebut untuk menerima kode verifikasi. 

    Namun, jika anda menggunakan email untuk pemulihan email, maka pilih coba cara lain dan masukkan email pemulihan anda. Kemudian kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email tersebut.

    5.Masukkan Kode Verifikasi

    Jika kamu menerima kode verifikasi, baik itu melalui nomor telepon atau email. Maka silahkan memasukkan kode yang dikirimkan tersebut pada kolom yang tersedia di halaman pemulihan akun Google.

    6.Ikuti Intruksi

    Langkah terakhir ialah dengan mengikuti instruksi verifikasi tambahan. Verifikasi tambahan ini dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab sesuai dengan pengalaman yang anda peroleh. 

    Jika anda sudah melakukan verifikasi, silahkan ikuti petunjuk yang diberikan hingga akun google anda berhasil dikembalikan.

    Cara Hapus Akun Google Play Store

    Jika anda ingin melakukan login akun Google Play Store pada perangkat lainnya,anda pasti mencari caranya hapus akun google play store. 

    Nah, sebenarnya menghapus akun google play store bisa anda lakukan melalui menu pengaturan handphone anda. 

    Namun, masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan ini. 

    Oleh karena itu, mari simak cara menghapus akun Google play store melalui aplikasi pengaturan pada handphone anda.

    Note: Akun google play store yang anda hapus dengan mengikuti tutorial ini tidak akan terhapus permanen. Melainkan, anda bisa melakukan login kembali melalui perangkat lainnya atau menggunakan perangkat yang sama.

    1.Masuk Ke Aplikasi Pengaturan Atau Settings

    Tiap-tiap handphone sudah pasti memiliki aplikasi pengaturan atau Settings. Oleh karena itu, buka aplikasi pengaturan atau Settings pada handphone anda masing-masing.

    2.Pilih Menu Akun dan Sinkronisasi

    Langkah kedua, tab pada menu akun dan sinkronisasi, menu ini mengandung semua akun-akun yang terhubung pada perangkat anda saat ini.

    3.Pilih Akun

    Kemudian akan tampil akun-akun yang terhubung pada perangkat anda saat ini. Pilih akun yang ingin ada hapus dari play store.

    4.Pilih Opsi Hapus Akun

    Langka Terakhir, klik hapus akun. Dengan ini, akun tersebut akan terhapus dari PlayStore. Namun, anda masih bisa melakukan login kembali, baik melalui perangkat lain maupun perangkat yang tengah anda gunakan saat ini.  

    Cara Blokir Akun Gmail

    Email merupakan surat elektronik yang sangat diperlukan saat ini. Bukan hanya profesional yang menggunakan email. 

    Mulai dari pelajar hingga mahasiswa saat ini menggunakan email untuk saing bertukar informasi. Selain itu, email juga dimanfaatkan untuk mengirim pesan formal maupun non formal. 

    Sedangkan Gmail merupakan layanan yang dibuat oleh Google yang menyediakan layanan email dan menjadi yang paling banyak penggunanya saat ini.  

    Kadang kala, ketika anda menerima email dari seseorang yang tidak anda kenal pada akun Gmail Anda. Anda pasti merasakan tidak nyaman. 

    Nah, untungnya Layanan email Google, Gmail mempunyai fitur untuk blokir akun Gmail seseorang. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Berikut cara mudah blokir akun Gmail seseorang.

    1.Buka Akun Gmail

    Yang pertama anda harus membuka akun Gmail Anda yang menerima pesan dari seseorang yang tidak anda kenali. Anda bisa membuka akun Gmail Anda via aplikasi atau via browser device anda.

    2.Buka Email Yang Ingin Anda Blokir Pengirim Nya

    Langkah selanjutnya, pada halaman muka Gmail, buka email yang ingin anda blokir pengirim nya.

    3.Blokir

    Setelah anda membuka Email nya, klik ikon titik 3 yang tepat bersebelahan dengan tombol balas email. Lalu pilih Blokir.

    Jika anda ingin membuka Blokir pengirim tersebut, lakukan langkah yang sama lalu pada isi email klik "Batalkan pemblokiran pengirim". Bagaimana? Mudah kan cara blokir akun Gmail seseorang.

    Cara Menghapus Kelas Pada Akun Google Classroom

    Google classroom merupakan sebuah platform yang disediakan google untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar secara online atau daring. 

    Saat ini, layanan yang disediakan oleh Google ini mempunyai jumlah pengguna yang sangat banyak dari seluruh dunia. 

    Walaupun layanan ini tidak berbasis video call antara guru dan siswa. Namun pembelajaran secara daring juga bisa efektif menggunakan Google classroom. 

    Pada cara kerjanya, google classroom memberi sedikit kebebasan kepada guru untuk membuat sebuah kelas, mendistribusikan kelas untuk para muridnya, diskusi materi. 

    Hingga bisa memberikan skor seorang siswa. Sejalan dengan itu, seorang murid yang bergabung dengan kelas pada google classroom harus membuat dan meng-upload tugas sebelum tenggat waktu.

    Selain itu, murid juga diberikan kebebasan untuk saling berdiskusi sesamanya dan bertanya kepada guru mengenai suatu materi. 

    Walaupun classroom tidak memberi batasan kepada muridnya dalam bergabung dengan sebuah kelas.

    Namun, sebuah kelas yang tidak aktif lagi patut anda hapus Supaya tidak berantakan dan membuat anda kebingungan. Mari simak langkah-langkah menghapus kelas pada akun Google classroom.

    1.Buka Akun Google Classroom

    Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah membuka akun google classroom. Anda bisa membukanya lewat browser anda atau melalui aplikasi Google Classroom. 

    2.Pilih Menu Kelas

    Setelah anda berada pada halaman muka google classroom, klik garis 3 pada bagian kiri atas. Kemudian pilih menu kelas.

    3.Hapus Kelas

    Selanjutnya setelah anda memilih menu kelas, akan muncul beberapa kelas yang mana anda teka bergabung dengan kelas tersebut. 

    Tentukan dahulu kelas mana yang ingin anda hapus. Berikutnya, klik titik 3 pada bagian kanan atas kelas tersebut. Klik "Batalkan Pendaftaran". 

    Lalu klik juga Batalkan Pendaftaran pada pop-up notifikasi yang muncul.

    Perlu anda ingat bahwa ketika anda menghapus kelas pada akun Google Classroom, Kelas tersebut tidak dapat dikembalikan. 

    Namun, file-file yang berada pada kelas tersebut sudah tersimpan pada akun Google Drive anda. 

    Demikian tutorial yang lengkap kami sampaikan dengan singkat dan padat agar Anda tidak kebingungan dengan langkah demi langkah nya.

    Semoga tutorial tersebut bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done