Apa Itu Dedicated Server: Fungsi, Cara Kerja, Keunggulan- Keberadaan sebuah website kini sangat dibutuhkan oleh banyak pengusaha. Hampir se...
Daftar Isi [Tampil]

     Apa Itu Dedicated Server: Fungsi, Cara Kerja, Keunggulan- Keberadaan sebuah website kini sangat dibutuhkan oleh banyak pengusaha. Hampir setiap usaha yang ada mempunyai sebuah website untuk memperluas jangkauan bisnis.

    Dalam memiliki sebuah website, tentunya memerlukan sebuah server untuk menjamin kinerja website dapat berjalan secara maksimal. Secara sederhana, server ini merupakan sistem operasi yang melayani seluruh permintaan pengguna pada website tersebut.

    Dari sekian banyak jenis server, pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu jenis server rekomended yaitu dedicated server. Apa itu dedicated server dan bagaimana fungsi berikut cara kerjanya? Berikut ulasannya.

    Pengertian Dedicated Server

    Apa Itu Dedicated Server

    Apa itu dedicated server? Dedicated server berarti server khusus. Dalam pengertian yang lebih luas, dedicated server merupakan salah satu jenis layanan penyewaan server yang memberikan akses secara khusus dalam bentuk full control terhadap seluruh resources yang tersedia untuk website.

    Secara sederhana, dedicated server adalah jenis penyewaan server untuk website yang didedikasikan secara penuh kepada satu akun saja. Hanya dengan satu akun penyewaan hosting, penyewa server akan mendapatkan kendali secara penuh terhadap server tersebut.

    Sesuai dengan Namanya yaitu dedicated server, server ini didedikasikan secara penuh kepada satu akun penyewa hosting. Tanpa ada istilah berbagi dalam satu server.

    Fungsi dari Dedicated Server

    Setelah mengetahui apa itu dedicated server. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai fungsi dari dedicated server ini. Fungsi utama dedicated server sama seperti pada server pada umumnya yaitu untuk menjalankan sistem website.

    Dalam menjalankan sistem website, dedicated server akan menyediakan space memori, bandwidth, dan fitur lain sebagainya untuk memaksimalkan perannya. Selain memiliki fungsi utama tersebut, dedicated server berguna untuk menaikkan traffic seo.

    Fungsi yang lebih spesifik yaitu untuk meningkatkan kinerja website tanpa harus terganggu dengan pengguna server lain. Sebab, dedicated server khusus untuk satu pengguna saja. Jika anda memerlukan layanan server ini silahkan klik dedicated server.

    Bagaimana Cara Kerjanya?

    Saat anda membeli layanan dedicated server, awalnya anda akan memiliki server yang masih kosong. Server tersebut dapat anda kostumisasi sesuai dengan keinginan atau disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    Nah disinilah anda membutuhkan pengetahuan lebih mengenai server website. Sebab, anda akan melakukan kostumisasi dan penyesuaian terhadap server baru tersebut. Sebelum menjalankan fungsi server, anda harus menyesuaikannya terlebih dahulu.

    Kunggulan Dedicated Server

    1 Kemanan Lebih Terjamin

    Keunggulan dari dedicated server yang pertama adalah keamanan yang lebih terjamin. Kok bisa? Sumber daya yang tersedia pada dedicated server tertuju untuk penggunaan satu akun saja. Jadi secara langsung anda tidak akan berbagi server dengan orang lain.

    Penggunaan server secara pribadi ini lebih aman karena sumber daya tidak terbagi dengan pengguna lain. Sehingga keamanan data anda juga lebih terjamin.

    2 Performa Maksimal

    Berikutnya, performa server yang maksimal. Dedicated server menawarkan pengalaman server yang penuh. Jika pada shared server anda mungkin akan mengalami akses down dan lain sebagainya. Karena pengguna lain mengalami kenaikan traffic website.

    Namun, pada dedicated server, anda tidak akan terganggu oleh hal tersebut. Server tersebut hanya digunakan oleh website milik anda.

    3 Kendali Terhadap Akses Bersifat Penuh

    Kendali terhadap akses bersifat penuh. Dedicated server memiliki ciri full control. Artinya, penyewa server dapat merasakan manfaat penuh atas server tersebut. Jadi, penyewa tersebut dapat mengendalikan server secara penuh.

    Tidak ada fitur server yang terbatasi oleh pengguna lain. Sehingga, anda dapat melakukan konfigurasi sesuka hati.

    4 Lebih Efisien

    Efisiensi dari dedicated server terletak pada biaya pemeliharaan dan pemeriksaan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan dan pemeriksaan. Pun selain itu, anda tidak perlu membeli server yang menghabiskan uang banyak.

    Kelemahan Dedicated Server

    1 Harga Sewa Lebih Mahal

    Selain kelebihan, dedicated server juga mempunyai kelemahan atau kekurangan. Jika kita membandingkan dengan server hosting biasa. Dedicated server mempunyai harga yang lebih mahal loh.

    Namun, harga tersebut sangat sesuai dengan benefit yang dapat anda rasakan. Anda tidak akan berbagi sumber daya pada server tersebut. Sehingga anda dapat melakukan kostumisasi secara bebas. Tanpa ada halangan apapun. Pun keamanannya yang sangat terjamin.

    2 Mengharuskan Pemilik Memiliki Pengetahuan Mengenai Server

    Selanjutnya, penyewa dedicated server memang harus memiliki pengetahuan mengenai server. Penyewa akan melakukan kostumisasi sendiri untuk websitenya. Bahkan memasang konfigurasi dan perangkat lunak sendiri.

    Dengan begitu dedicated server sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki traffic tinggi atau perusahaan besar. Dedicated server kurang cocok jika hanya digunakan untuk portofolio atau blog pribadi.

    Demikian mengenai apa itu dedicated server. Anda dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan shared server atau dedicated server. Sesuaikan server dengan kebutuhan website anda. Semoga bermanfaat terima kasih.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done