Jenis Pemasaran dan Fungsinya – Pemasaran atau marketing merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis perusahaan. Sebuah bisnis bisa saja hanc...
Daftar Isi [Tampil]

     Jenis Pemasaran dan Fungsinya – Pemasaran atau marketing merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis perusahaan. Sebuah bisnis bisa saja hancur jika proses pemasarannya tidak berhasil.

    Pemasaran yang tidak tepat akan menimbulkan kerugian bagi owner. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk. Kegiatan pemasaran yang tepat dapat menghadirkan income yang besar.

    Nah, agar lebih jelas berikut adalah pembahasan mengenai jenis pemasaran dan fungsinya. Namun, sebelum itu kita akan mengenal sekilas mengenai apa itu pemasaran.

    Apa Itu Pemasaran?

    Jenis Pemasaran Dan Fungsinya

    Pemasaran atau marketing adalah sebuah istilah yang mengacu pada pendistribusian barang dari produsen hingga sampai ke konsumen. Secara luas, pemasaran adalah sebuah kegiatan untuk mendistribusikan barang atau jasa agar dapat memenuhi permintaan pasar.

    Atau sederhananya, pemasaran merupakan sebuah kegiatan mempromosikan atau meningkatkan penjualan sebuah perusahaan. Pemasaran berperan penting dalam sebuah usaha sebab berhubungan dengan banyak atau sedikitnya income yang dapat kita hasilkan.

    Peran Strategi Pemasaran Dalam Bisnis

    Pemasaran sangat penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, strategi pemasaran perlu kita perhatikan dengan baik. Strategi pemasaran yang pas dan tepat dapat menghadirkan keuntungan yang tinggi. Peran strategi pemasaran dalam bisnis yaitu:

    • Sebagai ujung tombak dalam kegiatan bisnis
    • Menentukan penghasilan atau keuntungan perusahaan.
    • Memperkenalkan produk bisnis secara luas dan menyeluruh
    • Mendistribusikan produk dengan cepat dan tepat
    • Menjual berbagai produk bisnis

    Jenis Pemasaran dan Fungsinya

    1 Digital Marketing

    Jenis pemasaran yang pertama yaitu digital marketing. Mungkin saat ini, istilah tersebut tidak asing lagi. Sebab kini, pemasaran tidak kita lakukan secara offline lagi.

    Kini telah tersedia berbagai media sosial atau media digital untuk memasarkan produk. Istilah digital marketing berarti pemasaran yang kita lakukan dengan memaksimalkan segala sumber daya yang ada pada internet.

    Fungsi dari jenis marketing ini yaitu untuk memasarkan produk secara online. Contoh dari jenis marketing itu yaitu melalui media sosial, menggunakan website, dan sebagainya.

    2 MLM

    MLM atau Multi Level Marketing yaitu jenis marketing yang melibatkan jaringan atau melibatkan banyak orang. Biasanya ada tingkatan tertentu yang ada pada penjual produk.

    Setiap bisnis dengan marketing MLM biasanya mempunyai ketentuan tertentu. Setiap tingkatan dalam MLM mendapatkan komisi atas penjualan produk tersebut. Biasanya terdapat istilah kaki untuk jaringan dibawahnya.

    3 Word of Mouth Marketing

    WoMM yaitu salah satu jenis marketing yang sering kita temui. Dalam WoMM, pembeli mendapatkan informasi mengenai produk yang kita jual melalui rekomendasi atau cerita temannya. Atau bahkan orang terdekatnya.

    Jenis pemasaran ini bersifat verbal. Sebab, pemasaran tersebut berlangsung dari mulut ke mulut.

    4 Public Relationship Marketing

    Public Relationship Marketing sering kita kenal dengan sebutan PR marketing. Jenis marketing ini melibatkan media publik sebagai saluran untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk yang kita jual.

    5 Iklan

    Jenis marketing yang satu ini sangat familiar. Iklan dapat kita temui pada radio, TV, dan sebagainya. Iklan- iklan ini akan membantu pengenalan produk kepada konsumen secara luas dan menyeluruh. Namun, biasanya jenis marketing ini cukup mahal.

    6 Branding

    Branding merupakan upaya agar produk kita memiliki merek atau nama yang familiar pada lingkungan masyarakat. Dengan branding, kita telah berinvestasi untuk keuntungan jangka panjang. Sebab, branding merupakan promosi jangka Panjang yang langsung mengarah pada target pasar.

    Demikian mengenai jenis pemasaran dan fungsinya. Jika anda membutuhkan informasi lebih banyak seputar pemasaran silahkan klik jenis pemasaran atau jenis strategi pemasaran.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done