Ternary operator adalah operator kondisional di PHP yang memungkinkan Anda untuk menuliskan kondisi if-else dalam bentuk yang lebih singkat....
Daftar Isi [Tampil]

    Ternary operator adalah operator kondisional di PHP yang memungkinkan Anda untuk menuliskan kondisi if-else dalam bentuk yang lebih singkat. Ini bisa sangat berguna ketika Anda memiliki sebuah kondisi yang harus diperiksa dan Anda ingin mengeksekusi sebuah perintah berdasarkan hasilnya.

    Struktur Dasar Ternary Operator

    ternary operator php

    $hasil = (kondisi) ? nilai_jika_benar : nilai_jika_salah;

    Di sini, kondisi merupakan sebuah ekspresi yang akan diperiksa. Jika kondisi bernilai benar (true), maka nilai_jika_benar akan dikembalikan. Jika kondisi bernilai salah (false), maka nilai_jika_salah akan dikembalikan.

    Contoh Sederhana Menggunakan Ternary Operator PHP

    $x = 10;

    $y = 20;

    $hasil = ($x < $y) ? "x lebih kecil dari y" : "x lebih besar dari y";

    echo $hasil;

    Di sini, kita membandingkan nilai dari $x dan $y. Jika $x lebih kecil dari $y, maka hasilnya adalah "x lebih kecil dari y". Jika tidak, hasilnya adalah "x lebih besar dari y". Jadi, output dari kode di atas adalah "x lebih kecil dari y".

    Anda juga dapat menggunakan ternary operator dalam kondisi yang lebih kompleks, seperti ini:

    $x = 10;

    $y = 20;

    $z = 30;

    $hasil = ($x < $y) ? (($y < $z) ? "y lebih kecil dari z" : "y lebih besar dari z") : "x lebih besar dari y";

    echo $hasil;

    Di sini, kita membandingkan nilai dari $x dan $y. Jika $x lebih kecil dari $y, maka kita membandingkan nilai dari $y dan $z. Jika $y lebih kecil dari $z, maka hasilnya adalah "y lebih kecil dari z". Jika tidak, hasilnya adalah "y lebih besar dari z". Jika $x lebih besar dari $y, maka hasilnya adalah "x lebih besar dari y".

    Kesimpulan

    Ternary operator adalah operator kondisional di PHP yang memungkinkan penulisan kondisi if-else dalam bentuk yang lebih singkat. Operator ternary terdiri dari kondisi yang diperiksa, nilai yang akan dikembalikan jika kondisi tersebut benar (true), dan nilai yang akan dikembalikan jika kondisi tersebut salah (false). Contohnya, jika kita ingin membandingkan nilai dari dua variabel dan mengeksekusi sebuah perintah berdasarkan hasilnya, kita dapat menggunakan operator ternary. Operator ternary juga dapat digunakan dalam kondisi yang lebih kompleks dengan menggunakan operator ternary dalam kondisi lainnya.

    Itu dia tutorial singkat tentang ternary operator di PHP. Semoga bermanfaat!

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.