Para programmer yang baru belajar python pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep CRUD. CRUD merupakan kependekan dari Create, Read, Updat...
Daftar Isi [Tampil]

    Para programmer yang baru belajar python pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep CRUD. CRUD merupakan kependekan dari Create, Read, Update, dan Delete. Konsep ini merupakan dasar dari pemrograman database yang digunakan untuk mengolah data. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara mengimplementasikan CRUD pada database MySQL menggunakan bahasa pemrograman python.

    CRUD Python Mysql

    Selain itu, kita juga akan mempelajari cara menggunakan library mysql-connector-python untuk menghubungkan aplikasi python dengan database MySQL. Dengan menggunakan library ini, kita bisa dengan mudah mengolah data yang ada pada database MySQL tanpa harus repot menuliskan query SQL secara manual. Jadi, mari kita mulai belajar CRUD pada python dan MySQL bersama-sama.

    Menggunakan Library mysql.connector

    import mysql.connector

    Penjelasan Source Code mysql.connector

    mysql.connector adalah sebuah library yang bisa digunakan untuk menghubungkan aplikasi Python ke database MySQL. Ini menyediakan sekumpulan fungsi dan kelas yang memungkinkan Anda mengirimkan perintah SQL ke database MySQL dan memproses hasilnya.

    Untuk menggunakan mysql.connector, pertama-tama Anda perlu mengimportnya ke dalam aplikasi Python Anda dengan menggunakan perintah import mysql.connector. Setelah itu, Anda bisa menggunakan fungsi-fungsi yang disediakan oleh library ini untuk menghubungkan ke database MySQL, mengirimkan perintah SQL, dan memproses hasilnya.

    Membuat Koneksi Ke Database

    cnx = mysql.connector.connect(user='nama_user', password='password', host='localhost', database='nama_database')

    cursor = cnx.cursor()

    Penjelasan Source Code Koneksi Ke Database

    Pada source code diatas, terdapat koneksi ke database MySQL menggunakan mysql connector. Koneksi tersebut terdiri dari 4 parameter yaitu user, password, host, dan database. Parameter user merupakan nama user yang terdaftar di database MySQL, password merupakan password user yang terdaftar di database MySQL, host merupakan lokasi server database MySQL, dan database merupakan nama database yang akan digunakan. Setelah terhubung ke database, kursor akan dibuat untuk melakukan perintah-perintah seperti mengambil data atau mengupdate data di database.

    Membuat Tabel Baru

    query = '''CREATE TABLE nama_tabel (

    id INT AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,

    nama VARCHAR(255),

    alamat VARCHAR(255)

    )'''

    cursor.execute(query)

    Penjelasan Source Code Membuat Tabel Baru

    Source code di atas merupakan perintah untuk membuat sebuah tabel baru di database dengan nama "nama_tabel". Tabel tersebut terdiri dari 3 kolom, yaitu "id", "nama", dan "alamat". Kolom "id" merupakan kolom yang akan dijadikan sebagai primary key (kunci utama) dan akan menambahkan nilai secara otomatis (auto-increment) setiap kali ada data baru yang diinputkan. Kolom "nama" dan "alamat" merupakan kolom yang akan menyimpan data bertipe varchar (string) dengan panjang maksimal 255 karakter. Perintah ini akan dieksekusi dengan menggunakan cursor (objek yang digunakan untuk mengeksekusi perintah SQL) dengan memanggil method execute dan mengirimkan parameter query yang berisi perintah SQL untuk membuat tabel tersebut.

    Menambahkan Data Ke Tabel

    query = '''INSERT INTO nama_tabel (nama, alamat) VALUES (%s, %s)'''

    values = ('Nama', 'Alamat')

    cursor.execute(query, values)

    cnx.commit()

    Penjelasan Source Code Menambahkan Data Ke Tabel

    Source code di atas merupakan kode untuk menambahkan data ke dalam tabel bernama "nama_tabel" pada database menggunakan cursor dan koneksi database yang telah dibuat sebelumnya. Query yang digunakan adalah query INSERT INTO yang digunakan untuk menambahkan data baru ke dalam tabel. Kemudian, kolom yang akan diisi adalah "nama" dan "alamat", sedangkan nilainya adalah "Nama" dan "Alamat" yang merupakan variabel "values". Kemudian, perintah execute akan mengeksekusi query tersebut dengan menggunakan cursor dan menambahkan data ke dalam tabel. Dan perintah commit akan menyimpan perubahan yang telah dilakukan di database.

    Menampilkan Semua Data Dari Tabel

    query = '''SELECT * FROM nama_tabel'''

    cursor.execute(query)

    for (id, nama, alamat) in cursor:

    print(id, nama, alamat)

    Penjelasan Source Code Menampilkan Semua Data Dari Tabel

    Source code di atas merupakan perintah SQL yang digunakan untuk mengambil semua data dari tabel bernama "nama_tabel". Perintah tersebut kemudian dijalankan melalui cursor yang telah didefinisikan sebelumnya. Kemudian, setiap baris yang dihasilkan dari eksekusi query tersebut akan dicetak ke layar dengan menggunakan perulangan "for" yang disertai dengan variabel id, nama, dan alamat. Variabel-variabel tersebut merupakan kolom-kolom dari tabel "nama_tabel" yang diambil dari hasil eksekusi query.

    Mengupdate Data Di Tabel

    query = '''UPDATE nama_tabel SET nama = %s WHERE id = %s'''

    values = ('Nama Baru', 1)

    cursor.execute(query, values)

    cnx.commit()

    Penjelasan Source Code Mengudate Data Di Tabel

    Pada source code tersebut, query merupakan perintah SQL yang digunakan untuk mengupdate data pada tabel bernama nama_tabel. Perintah ini mengupdate kolom nama dengan nilai 'Nama Baru' pada baris yang memiliki id 1. Kemudian, nilai yang akan diupdate diisi pada variabel values dengan tipe data tuple. Kemudian perintah execute digunakan untuk mengeksekusi query tersebut dengan menggunakan nilai yang telah disiapkan pada variabel values. Terakhir, perintah commit digunakan untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan pada database.

    Menghapus Data Dari Tabel

    query = '''DELETE FROM nama_tabel WHERE id = %s'''

    values = (1,)

    cursor.execute(query, values)

    cnx.commit()

    Penjelasan Source Code Menghapus Data Dari Tabel

    Source code di atas merupakan perintah SQL untuk menghapus data dari tabel "nama_tabel" dengan kondisi id = 1. Perintah ini akan dieksekusi menggunakan cursor pada database yang terhubung dengan variabel cnx. Setelah perintah dijalankan, perubahan data akan di commit atau disimpan ke dalam database dengan perintah cnx.commit().

    Menutup Koneksi Ke Database

    cursor.close()

    cnx.close()

    Penjelasan Menutup Koneksi Ke Database

    Kode sumber di atas adalah bagian dari sebuah program yang mengatur koneksi ke sebuah basis data. Kode ini terdiri dari dua baris, yaitu "cursor.close()" dan "cnx.close()".

    "Cursor.close()" merupakan perintah yang digunakan untuk menutup kursor (cursor adalah sebuah objek yang menyimpan informasi tentang sebuah query SQL yang telah dilakukan). Dengan menutup kursor, kita dapat menghemat sumber daya sistem dan memastikan bahwa tidak ada kursor yang terbuka secara tidak sengaja.

    "Cnx.close()" merupakan perintah yang digunakan untuk menutup koneksi ke basis data. Setelah koneksi ditutup, kita tidak dapat lagi mengakses basis data dan harus membuka koneksi kembali jika ingin mengakses basis data lagi. Dengan menutup koneksi ke basis data, kita dapat menghemat sumber daya sistem dan memastikan bahwa tidak ada koneksi yang terbuka secara tidak sengaja.

    Kesimpulan Pembelajaran Dari Tutorial CRUD Python

    Kesimpulan pertama, tutorial belajar CRUD Python MySQL ini membantu kita untuk memahami bagaimana cara menggunakan Python untuk mengakses database MySQL. Kita dapat menggunakan Python untuk menambah, mengubah, menghapus, dan menampilkan data dari database MySQL dengan mudah.

    Kesimpulan kedua, tutorial ini sangat bermanfaat bagi para pemula yang ingin belajar CRUD Python MySQL. Selain itu, tutorial ini juga memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan contoh-contoh kode yang dapat langsung diikuti oleh pembaca. Dengan demikian, tutorial ini merupakan pilihan yang tepat bagi siapapun yang ingin belajar CRUD Python MySQL.

    DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.