Pada tutorial ini, kita akan membahas cara membuat aplikasi YouTube video downloader menggunakan bahasa pemrograman Python. Aplikasi ini aka...
Daftar Isi [Tampil]

    Pada tutorial ini, kita akan membahas cara membuat aplikasi YouTube video downloader menggunakan bahasa pemrograman Python. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengunduh video dari YouTube dengan mudah dan cepat, tanpa harus mengunjungi situs web YouTube secara langsung. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengunduh video dari YouTube dalam berbagai format, seperti MP4, MKV, dan lainnya.

    youtube downloader python

    Untuk membuat aplikasi YouTube video downloader ini, kita akan menggunakan library pytube yang merupakan salah satu library Python yang dapat membantu kita dalam mengunduh video dari YouTube. 

    Cara Install Pytube

    1. Untuk menginstall pytube, pertama-tama kita perlu memastikan bahwa Python telah terinstall di komputer kita. Kemudian, buka command prompt atau terminal, kemudian jalankan perintah berikut:
    2. Pastikan bahwa pip (package installer for Python) telah terinstall dengan perintah pip -V. Jika belum terinstall, jalankan perintah pip install pip.
    3. Setelah itu, jalankan perintah pip install pytube untuk menginstall pytube.
    4. Tunggu hingga proses installasi selesai.
    5. Setelah selesai, coba cek apakah pytube telah terinstall dengan perintah import pytube pada command prompt atau terminal. Jika tidak terjadi error, maka pytube telah terinstall dengan benar.

    Source Code YouTube Video Downloader Python

    import pytube

    def download_video(url, save_path):

        yt = pytube.YouTube(url)

        video = yt.streams.filter(progressive=True, file_extension='mp4').order_by('resolution').desc().first()

        video.download(save_path)


    url = input("Masukkan URL video YouTube: ")

    save_path = input("Masukkan lokasi untuk menyimpan video: ")

    download_video(url, save_path)

    print("Video berhasil diunduh")

    Penjelasan Source Code YouTube Video Downloader Python

    Berikut adalah penjelasan tentang source code tersebut:

    1. Pertama, source code tersebut mengimport library pytube yang digunakan untuk mengunduh video dari YouTube.
    2. Kemudian, source code tersebut membuat sebuah fungsi bernama download_video yang menerima dua parameter, yaitu url dan save_path. Fungsi ini bertujuan untuk mengunduh video dari YouTube dan menyimpan video tersebut di lokasi yang telah ditentukan.
    3. Dalam fungsi download_video, pertama-tama dibuat sebuah objek yt dari kelas YouTube yang terdapat pada library pytube dengan menggunakan URL video YouTube sebagai argumen. Kemudian, objek video diinisialisasi dengan menggunakan metode streams.filter pada objek yt. Metode ini akan menyaring stream video yang tersedia pada URL tersebut, dan hanya menyimpan stream video yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dalam kasus ini, hanya stream video yang bertipe progressive (biasanya merupakan stream video yang berkualitas tinggi) dan memiliki ekstensi file mp4 yang akan disimpan. Kemudian, metode order_by digunakan untuk mengurutkan stream video yang tersisa berdasarkan resolusi, dan metode desc digunakan untuk mengurutkan stream video dari yang terbesar ke terkecil. Terakhir, metode first digunakan untuk mengambil stream video dengan resolusi terbesar.
    4. Selanjutnya, metode download pada objek video digunakan untuk mengunduh video tersebut ke lokasi yang telah ditentukan oleh parameter save_path.
    5. Pada akhir source code, terdapat sebuah baris kode yang menampilkan pesan "Video berhasil diunduh" setelah proses unduh video selesai.
    6. Pada baris kode di luar fungsi download_video, terdapat tiga baris kode yang menangani input dari pengguna. Pertama, pengguna diminta memasukkan URL video YouTube yang ingin diunduh. Kemudian, pengguna diminta memasukkan lokasi untuk menyimpan video yang telah diunduh. Setelah itu, fungsi download_video dipanggil dengan menggunakan URL video dan lokasi penyimpanan yang telah dimasukkan oleh pengguna sebagai argumen.

    Kesimpulan

    Kesimpulan dari tutorial membuat youtube video downloader dengan pytube adalah bahwa pytube merupakan library Python yang sangat berguna untuk mengunduh video dari Youtube. Tutorial ini menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mengunduh video dari Youtube dengan menggunakan pytube, mulai dari menginstall library hingga mencoba mengunduh video dengan menggunakan kode Python. Dengan mengikuti tutorial ini, kita dapat membuat aplikasi yang dapat mengunduh video dari Youtube dengan mudah dan cepat.

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.