Pada kesempatan kali ini Panduan Code akan membagikan cara mencari jurnal internasional gratis yang terindex Scopus dan Scimagojr. Mencari ...
Daftar Isi [Tampil]

     Pada kesempatan kali ini Panduan Code akan membagikan cara mencari jurnal internasional gratis yang terindex Scopus dan Scimagojr.

    Mencari jurnal internasional pada umumnya sangat penting sebagai landasan teori pada sebuah karya tulis ilmiah baik itu PPL (Proyek Prangkat Lunak), TA (Tugas Akhir), Skripsi, bahkan untuk keperluan proposal kompetisi dan lain sebagainya.

    Jurnal internasional yang dicari juga haruslah memiliki reputasi yang baik yaitu minimal nya terindex Scopus, dan lebih baik lagi jika mempunyai rank Q1 pada Scimagojr.

    Namun untuk dapat menemukan jurnal internasional yang berkualitas dengan rank Q1 itu menjadi tantangan tersendiri, dikarenakan cukup sulit jika kita belum mengetahui bagaimana cara mencari referensi jurnal tersebut.

    Cara Mencari Jurnal Internasional

    Agar Anda tidak bingung dan kesulitan dalam mencari jurnal internasional seperti yang Panduan Code sebutkan diatas, maka mari kita simak tutorial berikut.

    Langkah-langkah Mencari Jurnal Internasional Berkualitas Rank Q1

    Panduan Code akan memberikan penjelasan langkah demi langkah yang sering Panduan Code lakukan dalam mencari referensi jurnal internasional dengan cepat dan mudah.

    Langkah-langkah ini berdasarkan pengalaman pribadi selama perkuliahan S1 Teknik Informatika

    Tanpa berlama-lama lagi silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

    1. Buka Google Scholar

      Buka Google Scholar

      Buka Google Scholar melalui link berikut scholar.google.com
    2. Ketikan Kata Kunci Dengan Bahasa Inggris Dan Notasi Tertentu
      Cara mencari jurnal di google scholar

      Disini Panduan Code contohkan untuk mencari jurnal tentang interpolasi search, maka kata kunci nya harus diubah kedalam bahasa inggris terlebih dahulu menjadi Interpolation Search.

      Lalu untuk menuliskan kedalam kolom pencariannya agar lebih mudah menemukan jurnal yang sesuai gunakan notasi berikut:
      journal "interpolation search"

      Penjelasan:
      kata journal diawal adalah untuk menidentifikasi bahwa kita mencari jurnal dan mesin pencarian google akan menampilkan hasil pencarian yang lebih relevant yaitu jurnal dengan menebalkan kata journal dalam meta deskripsi nya.

      Selanjutnya kata kunci di dalam tanda Petik dua dalam contoh "interpolation search" berfungsi agar mesin pencarian google hanya akan menampilkan hasil yang paling relevant yaitu yang mengandung kata Interpolation Search dengan ciri teks nya di tebalkan.

    3. Kemudian Klik Cari
      Mencari jurnal internasional

      Setelah google scholar menampilkan hasil pencarian, coba baca sekilas mana hasil yang memiliki ciri terdapat kata journal dengan dicetak tebal, dan kata interpolation search dicetak tebal juga.

      Oke, setelah menemukan beberapa hasil tersebut, lihat ciri lainnya juga yang dapat mengidentifikasi bahwa itu adalah jurnal atau bukan, yaitu dengan mencari kata conference, paper, preprint, dan proceedings.

      Jika terdapat kata tersebut maka sebaiknya dilewat saja hasil pencarian tersebut, karena hasil pencarian yang terdapat kata conference, paper, preprint, dan proceedings bukanlah jurnal.

      Disini Panduan Code memilih jurnal berikut sebagai contoh untuk cek lebih lanjut:
      Contoh Jurnal Internasional
      Karena jurnal tersebut terkunci dan tidak bisa didownload secara langsung maka saya biasanya menggunakan sci-hub.se

    4. Buka Sci-hub
      membuka jurnal yang terkunci

      Link website nya yaitu sci-hub.se kemudian buka websitenya.

    5. Copy Paste Kode DOI Jurnal
      Pada halaman jurnal sebelumnya yang terkunci kita menemukan kode DOI nya, nah kode tersebut silahkan copy, dan kemudian paste pada website shi-hub nya seperti pada gambar diatas.
    6. Kemudian Klik Open
      download Jurnal yang terkunci

      Setelah mengklik tombol open pada sci-hub maka jurnal yang terkunci sebelumnya akan terbuka seperti pada gambar diatas.

      Lalu hal pertama yang harus segera Anda cek yaitu kode ISSN pada jurnal tersebut, pada contoh jurnal yang Panduan Code temukan ini, kode ISSN nya terdapat dibagian footer seperti pada gambar berikut:
      Mencari Kode ISSN jurnal

      Kode yang Panduan Code blok yaitu 2352-152X nah ini adalah kode ISSN nya, pada umumnya kode ISSN jurnal akan bisa ditemukan pada header jurnal, namun pada intinya format dari kode ISSN ini yaitu empat angka-empat angka seperti contoh 2352-152X.

    7. Buka Scimagojr
      Mencari jurnal berkualitas di scimagojr
      Setelah kita mendapatkan kode ISSN pada tahap sebelumnya, silahkan buka website scimagojr.com.

      Maka tampilan awalnya akan terlihat seperti pada gambar diatas.

    8. Copy Paste Kode ISSN Jurnal tersebut atau nama Publisher nya
      Setelah website scimagojr nya terbuka copy dan paste kan kode ISSN jurnal yang kita dapat sebelumnya.

      Seperti yang terlihat pada gambar diatas.

    9. Kemudian Klik Cari
      mencari jurnal berdasarkan kode ISSN di Scimagojr

      Setelah di klik cari maka website scimagojr akan menampilkan hasil seperti pada gambar diatas jika jurnal yang kita dapatkan sebelumnya adalah jurnal internasional yang terindex Scopus dan memiliki reputasi.

      Namun jika hasil pencarian nya tidak ada, maka jurnal yang kita dapatkan sebelumnya bukanlah jurnal yang berkualitas atau bukan jurnal internasional.

    10. Cek Ciri Jurnal Berkualitas
      Ciri jurnal internasional yang bagus dan berkualitas

      Pada gambar diatas terdapat informasi Hindex 81 itu sudah terbilang bagus untuk sebuah jurnal internasional, lalu dibawah nya lagi terdapat informasi Quartiles dan jika menampilkan warna hijau seperti pada gambar tersebut maka itu adalah ciri dari Q1, yaitu rank tertinggi dari sebuah jurnal internasional. Dan dibawahnya lagi terdapat metrik-metrik lainya dengan grafik yang diawali dengan landai dan terus meningkat, ini menunjukan bahwa jurnal tersebut adalah jurnal yang bagus dan berkualitas tinggi.

    Kesimpulan

    Untuk mencari jurnal internasional kita memerlukan beberapa alat atau tools yaitu Google Scholar, Sci-hub, dan Scimagojr.

    Jurnal internasional yang berkualitas ditandai dengan rank jurnal dari yang tertinggi yaitu Quartiles 1 (Q1) sampai Quartiles 4 (Q4).

    Dan jurnal yang terdapat dalam scimagojr sudah dipastikan terindex Scopus, karena website scimagojr mengambil data berdasarkan index scopus nya juga. Jadi kita tidak perlu mengecek jurnal yang kita dapat kedalam website scopus nya lagi.

    Nah sampai disini dulu yang bisa Panduan Code bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan programmer jangan lupa titik koma.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done