Cara Memperbaiki Rambut Rusak Agar Cepet Sehat & Indah -  Apakah Anda sering merasa rambut Anda lebih mudah rontok, patah, kusut, kusut,...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Rambut Rusak Agar Cepet Sehat & Indah - Apakah Anda sering merasa rambut Anda lebih mudah rontok, patah, kusut, kusut, atau berketombe? Jika iya, bisa jadi ini pertanda rambut Anda rusak.

    Penggunaan bahan kimia secara berlebihan pada rambut tidak hanya disebabkan oleh penggunaan sampo yang salah atau seringnya mewarnai rambut, seperti yang anda ketahui, kebiasaan kita sehari-hari juga dapat merusak rambut.

    Lantas, apakah rambut rusak bisa diperbaiki? Jawabannya tentu saja ya!

    Tidak perlu perawatan rambut mahal di penata rambut; Berbagai cara sederhana mengatasi rambut rusak juga bisa Anda lakukan di rumah. Tentunya semua itu perlu dilakukan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang terbaik ya.




    Jenis Kerusakan Rambut

    Sebelum membahas lebih jauh cara mengatasi rambut rusak, kenali dulu yuk jenis-jenis kerusakan rambut berikut ini:

    1. Rambut kering dan kusam

    Kondisi ini terjadi akibat hilangnya minyak alami pada lapisan terluar rambut (kutikula) akibat penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia yang sangat keras. Rambut kering dan kusam memiliki tekstur kasar, kurang berkilau dan sulit diatur.

    2. Rambut mengembang

    Kondisi ini juga disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan hilangnya minyak alami pada kutikula yang memberikan kelembapan pada rambut. Rambut terlihat keriting, kering, kusut dan sulit diatur.

    3. Rambut kusut

    Selain karena kurangnya kelembapan pada rambut, rambut rusak dan keriting juga disebabkan oleh terangkatnya kutikula sehingga menimbulkan gesekan antar helai rambut kita. Hal ini menyebabkan rambut kita terikat dan sulit disisir.

    4. Ujung bercabang

    Kondisi dimana rambut terasa kering, mudah patah, dan pecah-pecah di bagian ujungnya.

    5. Rambut rontok dan menipis

    Hal ini terjadi ketika kulit kepala terlihat lebih jernih dibandingkan rambut kita. Biasanya rambut rontok diawali dengan rambut kering, kusut, dan mudah patah akibat nutrisi pada folikel rambut yang tidak mencukupi.

    Baca Juga: Kandungan Skincare Untuk Memperbaiki Skin Barrier

    Penyebab kerusakan rambut

    Agar bisa merawat rambut rusak dengan benar, perhatikan beberapa penyebab kerusakan rambut yang Anda alami berikut ini!

    1. Stres yang berlebihan

    Apakah Anda sadar akan hal ini? rambut rontok Karena apakah stres merupakan masalah nyata? Timbulnya stres berlebihan biasanya disebabkan oleh beban kerja yang tinggi dan aktivitas sehari-hari yang padat. Tak hanya itu, perasaan kesepian dan terisolasi juga bisa memicu stres. Jika keadaan ini terjadi, pembuluh darah dan folikel rambut di kepala tidak dapat menerima oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan. Akibatnya rambut menjadi rusak dan rontok.

    2. Sisir rambut secara berlebihan dan selagi masih basah

    Meski bisa membuat rambut lebih halus, menyisir berlebihan justru bisa berdampak buruk. Menyisir terlalu sering dan kuat akan menyebabkan rambut rontok dan mudah patah karena akarnya terbuka. Tak hanya itu, kebiasaan menyisir rambut dalam keadaan basah juga bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Karena ketika rambut basah setelah keramas, maka akan membengkak dan menjadi sangat rapuh.

    3. Penggunaan produk penata rambut

    Paparan suhu tinggi pada alat penata rambut dan bahan kimia pada pewarna rambut juga dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, rambut Anda bisa menjadi kering, kusut, patah, dan mudah rontok.

    4. Menggunakan sampo yang salah

    Terlalu sering mencuci rambut membuat rambut kita terkena bahan kimia berlebih dalam produk sampo. Apalagi jika sampo yang Anda pilih tidak sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut Anda.

    5. Menggosok rambut terlalu keras

    Banyak orang menggosok rambut untuk mengeringkannya setelah keramas. Namun kebiasaan ini dapat merusak rambut akibat gesekan antar helai rambut dan menyebabkan kutikula terangkat.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Ini Solusinya

    5 Cara Mengobati Rambut Rusak

    Setelah Anda mengetahui jenis dan penyebab kerusakan rambut, berikut cara mengatasi rambut rusak yang bisa Anda lakukan di rumah!

    1. Oleskan minyak alami secara teratur

    Salah satu minyak alami yang baik untuk menjaga kesehatan rambut adalah minyak argan. Minyak argan mengandung vitamin E, Omega 3, antioksidan polifenol, beta-karoten, serta xantofil, asam oleat, dan asam linoleat yang dapat melapisi kulit kepala dan batang rambut bagian luar (kutikula), lapor Alodokter.com. Menjaga kelembapan rambut.

    2. Gunakan masker rambut alami

    Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti madu, alpukat, lemon atau gel lidah buaya untuk membuat masker rambut. Gunakan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

    3. Batasi penggunaan alat penata rambut


    Meski suhu alat penata rambut yang tinggi dapat menghilangkan minyak alami rambut, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakannya. Jika ingin menggunakannya pastikan rambut dalam keadaan setengah kering, sesuaikan suhu alat jangan terlalu panas lalu semprotkan. vitamin rambut setelah itu. Tidak perlu dilakukan terlalu sering, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut ini sebisa mungkin. Gunakan alat ini ketika Anda dalam keadaan darurat atau ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

    4. Pangkas ujung rambut yang rusak atau bercabang

    Masalah ujung yang patah bukanlah masalah yang bisa dicegah. Namun keadaan ini tetap bisa kita atasi dengan baik, yakni dengan memotong bagian ujung rambut yang terlihat terbelah.

    5. Terapkan gaya hidup sehat

    Jaga juga tubuh Anda karena rambut juga membutuhkan nutrisi agar tumbuh sehat. Caranya bisa dengan menerapkan pola hidup sehat. Memenuhi kebutuhan mineral dan protein tubuh, mengelola stres, dan menghindari terlalu sering keramas adalah beberapa di antaranya.

    Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rusak

    Selain mengikuti beberapa cara mengatasi rambut rusak secara alami di atas, Anda juga bisa menggunakan sampo yang mampu menutrisi rambut secara menyeluruh agar tidak rusak.

    Lalu sampo apa yang cocok untuk rambut rusak? Untuk itu, Anda bisa mempercayai rangkaian perawatan rambut rusak Sunsilk. Sunsilk Infus Aktif Lembut dan Halus.

    Sunsilk Soft & Smooth Active-Infusion produk sampo dan kondisioner untuk rambut rusak, kering, dan keriting. Pasalnya, formula Activ-Infusion mengandung minyak Argan, protein susu kedelai, dan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kelembapan, kelembutan, dan kehalusan rambut. Diformulasikan dengan teknologi sentuhan parfum Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion, rangkaian produk sampo dan kondisioner ini memberikan keharuman selama 48 jam.

    Ayo dapatkan produk sampo untuk rambut rusakmu lengkap dengan sampo dan kondisioner dari Sunsilk sekarang hanya dengan membelinya langsung di toko dan e-commerce kesayanganmu!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done