Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Hal ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda mengenyam pendidikan formal, sej...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Hal ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda mengenyam pendidikan formal, sejarah pun menjadi mata pelajaran. Lalu apa sebenarnya arti sejarah menurut para ahli? Berikut penjelasannya!



    Apa itu Sejarah?

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dalam arti sejarah Itu adalah peristiwa masa lalu dan peristiwa nyata. Dengan kata lain, sejarah adalah peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.

    Sejarah lahir dari kata-katauntuk berbicara Artinya dalam bahasa Arabpohon kehidupan. Ini adalah istilah yang berkaitan dengan asal usul sesuatu.

    Sementara itu, Bahasa inggris sejarah sejarah diambil dari bahasa Yunani sejarah. Kata ini berarti orang pintar. Untuk mengatakansejarahia juga mengalami perkembangan makna, yaitu mempelajari dan mempelajari tentang orang-orang secara kronologis atau urutan waktu.

    Penting untuk mempelajari sejarah itu sendiri untuk memperluas pengetahuan Anda dan memahami bagaimana hal itu terjadi. sebuah identitas dapat tercipta.

    Baca Juga: Pendekatan Holistik Universitas Prasetiya Mulya dalam Pendidikan Tinggi

    Apa Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli?

    Para ahli menjelaskan dalam arti sejarah sebagai berikut:


    1.   WJS Poerwodarmint


    Tokoh sastra Indonesia ini menjelaskan, ada tiga unsur dalam memahami sejarah:

    ·     Peristiwa sebenarnya terjadi di masa lalu

    ·     Sastra kuno, asal usul dan silsilah

    ·     Cerita pengetahuan atau pengalaman tentang sesuatu


    2.   Herodotus

    Tokoh sejarah Yunani ini mendapat julukanBapak Sejarah. Menurutnya, sejarah tidak bergerak menuju suatu tujuan tertentu, melainkan bergerak seperti lingkaran yang naik turunnya dipicu oleh kondisi manusia.

     

    3.   R.Muhammad Ali

    Sejarawan dan akademisi R. Mohammad Ali menjelaskan pengertian sejarah sebagai penjumlahan perubahan dan peristiwa yang benar-benar terjadi. Sejarah juga merupakan ilmu yang menganalisis berbagai perubahan yang terjadi pada masa lalu.

     

    4.   Ibnu Khaldun


    Sejarawan Musim ini menjelaskan dalam bukunya Kata Pengantar bahwa sejarah adalah catatan peradaban atau kemanusiaan dan perubahan yang terjadi pada karakternya.

     

    5.   Moh. Yamin


    Moh. Yamin adalah seorang sejarawan sekaligus penulis dan tokoh budaya Indonesia. Menurutnya, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan dengan fakta atau fakta.


    6.   Edward Hallett Carr

    Sejarawan asal Inggris ini berpendapat bahwa sejarah mempunyai konsep utama, artinya berkesinambungan atau berkesinambungan.
    Dijelaskannya, sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji secara sistematis seluruh proses perkembangan dan perubahan yang terjadi pada masa lalu, dinamika kehidupan masyarakat, dan seluruh aspek kehidupan.

     

    7.   Norman E. Penyanyi


    Di mata sejarawan Amerika ini, makna sejarah adalah mengkaji apa yang dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan masyarakat di masa lalu.

     

    8.   Arnold J. Toynbee

    Sejarawan pertama adalah Arnold J. Toynbee. Arnold J. Toynbee adalah seorang sejarawan asal Inggris dan terkenal dengan buku-bukunya.

    Menurut Toynbee, sejarah adalah ilmu yang mengkaji perjalanan manusia dan peradaban. Menurutnya, sejarah membantu masyarakat memahami perubahan yang terjadi di masyarakat baik dalam konteks budaya, politik, ekonomi, maupun agama.

    Toynbee juga percaya bahwa dengan memahami sejarah, masyarakat dapat memperoleh kebijaksanaan dan belajar dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu. Artinya, sejarah dapat digunakan untuk belajar dan memperbaiki diri di masa depan.

    9.   E.H. Kar

    Anggota selanjutnya sejarah yang lainnya adalah E.H. Carr. E.H. Kar. Beliau adalah seorang sejarawan, jurnalis dan ahli teori hubungan internasional dari Inggris.

    Menurut Carr, sejarah bukan hanya peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu, tetapi juga penafsiran atas peristiwa-peristiwa tersebut. Sejarah merupakan suatu cerita yang disusun oleh para sejarawan berdasarkan sumber-sumber yang ada.

    Carr juga menekankan pentingnya sejarah dalam memahami masa kini dan masa depan. Ia meyakini sejarah berperan penting dalam membentuk identitas suatu bangsa dan mempengaruhi keputusan yang diambil pemerintah.

    10.  Fernand Braudel

    Juga sejarawan lainnya adalah Fernand Braudel. Fernand Braudel adalah seorang sejarawan terkenal dari Perancis.

    Kesimpulan 

    itulah pembahasan dari website panduancode, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua orang khususnya yang suka dengan sejarah, Terimakasih 

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done