Segala macam berita, baik teks maupun video, tanpa disadari sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Anda dapat mengonsumsi berita sebagian besar...
Daftar Isi [Tampil]

    Segala macam berita, baik teks maupun video, tanpa disadari sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Anda dapat mengonsumsi berita sebagian besar dalam bentuk teks dan membacanya nanti untuk mendapatkan informasi. Lalu pahamkah anda bahwa di bawah ini bukanlah sebuah struktur? teks berita Apakah ada sesuatu?



    Apa itu Teks Berita?

    Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memahami apa itu berita berita. Anda dapat mengartikan teks berita sebagai teks yang berisi informasi atau laporan tentang suatu peristiwa.

    Teks ini dapat disebarluaskan melalui berbagai media seperti media online atau media cetak melalui majalah dan surat kabar. Teks berita bersifat terkini dan faktual karena jenis teks yang bukan teks berita adalah novel atau cerita pendek yang bersifat tulisan.

    Baca Juga: Bagaimana Cara Merumuskan Kesimpulan Untuk Teks Persuasi

    Struktur Teks Berita

    Setelah Anda memahami apa itu teks berita, Anda dapat mempelajari apa itu struktur teks berita. Yang bukan merupakan struktur teks berita adalah yang tidak termasuk dalam pernyataan berikut. Struktur teks beritanya adalah sebagai berikut:

    1. Orientasi Berita

    Hal pertama dalam sebuah teks berita adalah orientasi atau pengenalan singkat tentang isi berita secara umum. Bagian orientasi yang disebut juga teras berita merupakan bagian yang akan menarik perhatian pembaca dengan terus membaca hingga akhir.

    2. Acara

    Setelah orientasi berita dilanjutkan dengan struktur “peristiwa” yang mencakup seluruh peristiwa yang ada dalam berita. Bagian ini, yang setiap peristiwanya ditulis secara berurutan dari awal sampai akhir, umumnya disebut badan dan kaki berita.

    Bagian peristiwa ini sebaiknya memuat berbagai detail penting yang dimuat dalam berita karena bagian ini memuat uraian yang lengkap. Dua hal yang perlu dijawab pada bagian ini adalah pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

    3. Sumber Berita

    Bagian terakhir ini bersifat kondisional, sumber berita bisa diletakkan di awal atau di akhir teks berita. Bagian ini menjelaskan siapa yang menulis atau menerbitkan berita tersebut sehingga jelas sumber utamanya.

    Yang bukan merupakan teks berita adalah sesuatu selain dari ketiga struktur tersebut, seperti hasil berita. Sebuah berita tidak perlu mendapatkan suatu hasil apalagi dari penulisnya, karena hasil tersebut adalah hak pembacanya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done