Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot -  Laptop merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk memproses data, mengakses informasi, dan menyim...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot - Laptop merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk memproses data, mengakses informasi, dan menyimpan file digital. Singkatnya, laptop adalah versi komputer yang lebih ringkas.

    Laptop sudah menjadi kebutuhan yang hampir tidak terpisahkan bagi sebagian orang untuk menunjang pekerjaan. Oleh karena itu performa dan kinerja laptop sangatlah penting. Sebab aplikasi yang digunakan dan fitur-fitur yang dibutuhkan harus didukung dengan kemampuan atau performa laptop.

    Jika kinerja laptop menurun atau melambat, hal-hal tersebut akan mempengaruhi rutinitas pekerjaan. Jadi bagaimana cara mengatasinya?laptop lambat? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.


    Bagaimana Mengatasi Laptop Lambat?

    Intinya performa dan kinerja laptop akan menurun seiring penggunaan. Akibatnya laptop menjadi lemot atau lemot saat digunakan.

    Laptop yang lambat; Penyebabnya bermacam-macam seperti RAM tidak mencukupi, aplikasi berjalan bersamaan, kapasitas penyimpanan mulai terisi dan masih banyak lagi. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan pengguna laptop untuk mengatasi laptop lemot.

    Berikut ulasannya cara mengatasi laptop lemot dengan demikian kinerja laptop kembali.

    1. Bersihkan laptop dari debu

    Cara mengatasi laptop lemot yang pertama adalah dengan membersihkan laptop dari debu. Laptop yang kotor membuat kipas laptop tidak bisa mengeluarkan panas.

    Akibatnya laptop menjadi panas dan kinerjanya menurun. Untuk mencegah laptop terlalu panas, bersihkan secara berkala debu-debu yang menempel pada laptop.

    Pengguna laptop juga perlu memperhatikan apakah ada benda lain selain debu yang menghalanginya.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Suara Hp Yang Hilang, Wajib Klik Disini

    2. Hapus Tembolok

    Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menghapus cache. Cache atau file sementara merupakan dokumen yang perlu dibersihkan secara berkala.

    Berikut cara menghapus cache laptop dengan mudah.

    • Klik Manajer File

    • Klik kanan pada hard disk pengguna

    • Klik Properti

    • Klik Pembersihan Disk

    • Tunggu hingga proses pembersihan selesai.

    3. Menutup Program Otomatis


    Pada umumnya saat baru menyalakan laptop, otomatis ada aplikasi yang langsung muncul. Misalnya aplikasi tersebut adalah pemindai antivirus, musik, dll. Mengandung.

    Daya yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi akan menyebabkan laptop berjalan lebih lambat. Pengguna dapat mematikan program dari Pengaturan atau Settings.

    Jika dinonaktifkan, laptop akan lebih cepat karena tidak mengeluarkan banyak tenaga saat proses startup.

    Baca Juga: Memperbaiki Layar Lcd Bergaris, Tak Perlu Servis!

    4. Hapus Program yang Tidak Lagi Anda Gunakan

    Cara mengatasi laptop lemot yang ketiga adalah dengan menghapus program yang sudah tidak terpakai lagi. Karena aplikasi membutuhkan ruang, beban pada laptop semakin bertambah.

    Ruang ini dapat dikurangi dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu, menghapus aplikasi ini juga harus diikuti dengan menghapus file-file yang terkait dengan aplikasi tersebut.

    Cara ini dapat membantu kinerja laptop menjadi lebih ringan sehingga akses aplikasi dan fitur menjadi lebih lancar.

    5. Gunakan aplikasi yang lebih ringan

    Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi alternatif yang ringan. Misalnya saja menggunakan aplikasi antivirus yang fokus pada satu tugas saja.

    Pasalnya, terdapat antivirus yang memiliki fitur beragam dan jarang digunakan. Fitur-fitur tersebut hanya memperlambat kinerja laptop.

    Cara mengatasi laptop lemot ini tidak hanya membuat laptop menjadi lebih cepat namun juga menghemat ruang penyimpanan. Pengguna mendapatkan manfaat dari kedua manfaat tersebut secara bersamaan dan kinerja menjadi lebih efektif.

    Selain itu, pengguna juga bisa saja menggunakan atau menginstal aplikasi yang ukurannya terlalu besar dan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Hal ini juga dapat menyebabkan laptop menjadi sangat lambat.

    Oleh karena itu gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop.

    6. Gunakan Anti Virus

    Laptop yang lemot bisa jadi disebabkan oleh virus. Untuk mengatasi dan mencegahnya, Anda perlu menginstal antivirus. Gunakan program antivirus terbaik yang tidak membebani laptop. Bersihkan dan pindai laptop Anda secara teratur untuk menghindari virus.

    7. Lakukan Defragmentasi disk secara berkala

    Disk defragmenter merupakan salah satu cara mengatasi laptop terutama pada laptop lawas. Karena proses ini memakan waktu lama, sebaiknya dilakukan pada malam hari.

    Perlu diketahui bahwa Anda perlu melakukan Disk Defragmenter dengan charger laptop terpasang. Hal ini untuk mencegah laptop mati saat proses berlangsung.

    8. Gunakan Fitur MsConfig

    Pengguna laptop yang menjalankan Windows, Anda dapat menggunakan fitur MsConfig untuk mengatasi laptop lambat. Cara mengatasi laptop lemot dengan fitur MsConfig bisa membuat laptop berjalan lebih efisien.

    Berikut cara menjalankan fitur MsConfig untuk laptop lambat.

    • Buka Menu Mulai

    • Ketik jalankan

    • Kemudian ketik MsConfig pada kolom yang tertera di kiri bawah layar. Berbagai program kemudian akan muncul

    • Anda dapat menutup program yang tidak digunakan.

    9. Ganti SSD

    Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan SSD. Laptop yang masih menggunakan harddisk sering kali lemot dan kurang responsif.

    Ganti hard disk dengan:SSD atau Solid State Drive untuk meningkatkan kinerja laptop. Banyak laptop kini mulai menggunakan SSD untuk membuatnya lebih cepat.

    10. Setel ulang Windows

    Cara ini digunakan jika laptop yang Anda gunakan sudah tua. Hal ini dikarenakan processor yang digunakan sudah tua dan RAM yang kecil sehingga tidak dapat lagi menjalankan aplikasi yang ada.

    Harap pastikan untuk membuat cadangan data Anda sebelum mengatur ulang Windows. Hal ini untuk memastikan seluruh data dan file yang tersimpan di laptop detikers tetap aman.

    Itulah 10 cara mengatasi laptop lemot agar cepat normal kembali. Jika di kemudian hari laptop kembali melambat, sebaiknya bawa laptop tersebut ke service center untuk diperiksa.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done