Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Untuk Kesehatan -  Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman kemudian diubah m...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Untuk Kesehatan - Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman kemudian diubah menjadi energi untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Hingga saat ini, meningkatkan metabolisme dianggap sebagai cara efektif menurunkan berat badan. Nah, tahukah Anda cara meningkatkan metabolisme tubuh?

    Hal ini dikarenakan semakin tinggi laju metabolisme tubuh maka semakin banyak pula kalori yang dapat dibakar sehingga mencegah kalori tersebut menumpuk dalam bentuk lemak.

    Namun perlu diingat bahwa laju metabolisme setiap orang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, suhu, ukuran, dan komposisi tubuh.

    Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut cara meningkatkan metabolisme tubuh hingga mempercepat pembakaran kalori, yuk baca ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!


    9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Pada dasarnya, laju metabolisme tubuh bergantung pada asupan makanan dan minuman serta kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

    Ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami:

    1. Makan secara teratur

    Meski terkesan sepele, namun membiasakan makan pada waktu yang konsisten dapat membantu menjaga keseimbangan metabolisme.

    Terlebih lagi, jika Anda terbiasa makan hanya satu atau dua porsi besar per hari, kemungkinan besar tubuh akan membakar kalori lebih lambat sehingga meningkatkan cadangan lemak.

    Untuk mengurangi kecenderungan ini, Anda disarankan:makan secara teratur.

    Idealnya, seseorang harus makan beberapa kali dalam porsi kecil atau camilan dengan selang waktu sekitar 3 atau 4 jam [1].

    2. Hindari diet ketat

    Crash diet merupakan pola makan yang membatasi asupan makanan sebanyak 1200 kalori per hari untuk wanita dan 1800 kalori untuk pria.

    Perlu dipahami bahwa diet ketat dapat berdampak buruk dan bukan merupakan cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran kalori yang efektif.

    Sebab meski diet ketat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, nutrisi dan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh justru dikorbankan.

    Selain itu, program diet tidak sehat seperti ini juga dapat memperlambat proses metabolisme tubuh dengan mengurangi massa otot [2].

    3. Perbanyak asupan protein

    Lalu, cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami adalah dengan memperbanyak asupan protein.

    Karena proses metabolisme dalam tubuh dimediasi oleh enzim.Enzim merupakan protein yang mempunyai fungsi khusus dalam anabolisme dan katabolisme.

    Jadi peningkatan asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

    Konsumsimakanan berprotein tinggi Ini juga telah terbukti membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan [3].

    4. Minum banyak air

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10% hingga 30% selama sekitar satu jam [3].

    Selain itu, Anda bisa membakar lebih banyak kalori dengan minum air dingin.

    Pasalnya, tubuh secara otomatis akan menggunakan energi tersebut untuk menyamakan suhu normal tubuh.

    Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa minum air setengah jam sebelum makan dapat membantu Anda makan lebih sedikit [3].

    Bahkan mereka yang minum setengah liter air sebelum makan kehilangan berat badan hingga 44% lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak [3].

    Jadi ingat selalu untuk membawa #PC DULU di semua acaramu ya.

    Minum air putih tidak hanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh tetapi juga mencegah Anda terkena penyakit.gejala dehidrasi.

    5. Cobalah olahraga intensitas tinggi

    terlibat dalam aktivitas fisik intensitas tinggi atauPelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) Telah terbukti menjadi cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami sekaligus membakar lebih banyak lemak bahkan setelah olahraga selesai [3].

    Sebuah penelitian terhadap pria muda yang kelebihan berat badan menemukan bahwa olahraga intensitas tinggi selama 12 minggu mengurangi massa lemak sebesar 2 kg dan lemak perut sebesar 17% [3].

    6. Meningkatkan massa otot

    Tahukah Anda bahwa peningkatan massa otot juga merupakan bagian dari peningkatan metabolisme tubuh secara alami?

    Jadi salah satu langkah yang bisa Anda coba adalah ini:latihan angkat beban.

    Mengangkat beban juga akan membantu Anda mempertahankan massa otot, sehingga mencegah penurunan metabolisme yang dapat terjadi saat penurunan berat badan.

    Tak hanya itu, menjaga otot dengan cara mengangkat beban juga akan memicu terbentuknya jaringan otot, sehingga semakin besar massa otot maka semakin tinggi pula laju metabolisme tubuh.

    7. Bergerak lebih banyak

    Terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan Anda [3].

    Oleh karena itu, jagalah tubuh Anda tetap aktif dengan lebih banyak bergerak.

    Jadi jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk di depan meja, cobalah melakukan itu.olahraga ringan di kantor Seperti berdiri dan berjalan secara teratur selama beberapa menit setiap kalinya.

    Perlu diketahui bahwa aktif juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

    8. Kelola stres

    Stres memengaruhi kadar hormon dan dapat menyebabkan tubuh memproduksi kortisol lebih banyak dari biasanya.

    Perlu diketahui bahwa kortisol merupakan hormon yang membantu mengatur nafsu makan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa penderita gangguan makan memiliki kadar kortisol yang tidak normal [1].

    Stres juga erat kaitannya dengan penurunan kualitas tidur, sehingga dapat memengaruhi laju metabolisme Anda.

    Alhasil, menerapkan cara alami untuk mempercepat metabolisme,manajemen stres yang baik.

    9. Dapatkan tidur yang berkualitas

    Saat seseorang kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon ghrelin yang dapat membuat seseorang merasa lapar.

    Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga menurunkan produksi hormon leptin sehingga membuat seseorang sulit merasa kenyang.

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih cara terakhir ini untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.waktu tidur yang baik dan ini cukup untuk menjaga keseimbangan hormon.

    Hal ini juga dapat mencegah Anda makan berlebihan. Jadi mulai sekarang biasakan tidur 7 hingga 9 jam sehari ya.

    Itulah 9 cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan metabolisme tubuh hingga mempercepat pembakaran kalori.

    Kesimpulannya, selalu terapkan pola hidup sehat ya. Salah satu caranya adalah dengan minum #PC DULU minimal 2 liter sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

    Sekadar informasi, asupan cairan yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi yang akan memperlambat kinerja metabolisme tubuh.

    Dengan kata lain, asupan cairan yang cukup dapat mencegah melambatnya proses metabolisme tubuh.

    Jadi ingat untuk selalu memastikan #PC DULU ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done