Di bawah ini ringkasan, metode penelitian, urutan penjelasan atau daftar pustaka dalam struktur teks eksplanasi. Jawabannya adalah serangkai...
Daftar Isi [Tampil]

    Di bawah ini ringkasan, metode penelitian, urutan penjelasan atau daftar pustaka dalam struktur teks eksplanasi. Jawabannya adalah serangkaian penjelasan. Teks eksplanasi masing-masing terdiri dari bagian gambaran umum, kumpulan penjelasan, dan komentar.

    Abstrak, metode penelitian dan bagian daftar pustaka disertakan dalam artikel ilmiah. Misalnya tesis, jurnal, disertasi atau disertasi yang memerlukan penelitian.

    Sementara itu teks penjelasan, Anda cukup diminta mendeskripsikan suatu fenomena yang sebenarnya terjadi. Anda hanya perlu menjelaskan penyebab dan akibat dari peristiwa tersebut tanpa harus melakukan penelitian apapun.

    Bagian penjelasan memuat penjelasan sebab-akibat. Dengan kata lain, bagian yang akan menjawab pertanyaan 'mengapa' dan 'bagaimana' terhadap fenomena ini kepada pembaca adalah sebagai berikut.

    Teks-teks tersebut banyak digunakan untuk menjelaskan berita bencana, peristiwa alam, dan pengetahuan ilmiah. Dengan begitu, pembaca akan langsung memahami apa yang terjadi tanpa perlu penjelasan panjang lebar. Simak uraian dibawah ini untuk penjelasan lengkapnya.



    Berikut ini Manakah Yang Termasuk Dalam Struktur Teks Eksplanasi? ini Penjelasannya

    Struktur pertama adalah pernyataan umum atau bagian pembuka. Bagian ini berisi informasi umum mengenai fakta atau persoalan yang diangkat. Anda juga harus bisa menjelaskan secara singkat garis besar acaranya.

    Sifat pembukaan ini hendaknya singkat dan menggunakan struktur kalimat yang menarik. Selain itu, informasi umum juga harus jelas. Itu sebabnya pembaca ingin terus membaca sampai akhir.

    Struktur kedua merupakan bagian dari serangkaian penjelasan atau sering disebut dengan sebab akibat. Sesuai dengan namanya, bab ini menjelaskan secara rinci pengertian fenomena yang dibahas.

    Bagian ini juga harus mampu menjawab pertanyaan pembaca. Proses sebab-akibat sebaiknya Anda jelaskan secara bertahap agar pembaca dapat memahaminya secara berurutan tanpa harus melalui perulangan.

    Baca Juga: Berikut Ini Termasuk Unsur-Unsur Kebahasaan Dalam Teks Biografi, Kecuali

    Bagian ketiga atau terakhir adalah bagian penafsiran. Di bagian ini, Anda menulis pendapat pribadi Anda, namun harus tetap logis dan ilmiah. Bagian ini juga digunakan sebagai kesimpulan teks.

    Sekilas teks eksplanasi mempunyai struktur yang sama dengan jenis teks lainnya. Ini juga memiliki banyak kegunaan dalam bidang jurnalisme.

    Sebenarnya perbedaan antara teks eksplanasi dengan genre lainnya sangat jelas terlihat. Dari pertanyaan di bawah ini terlihat bahwa struktur teks eksplanasi meliputi ungkapan umum, penjelasan, dan komentar.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done