Hakikat teks eksplanasi ada pada bagian sebab-akibat atau bagian rangkaian penjelasan. Bagian ini berisi tentang urutan dan uraian peristiwa...
Daftar Isi [Tampil]

    Hakikat teks eksplanasi ada pada bagian sebab-akibat atau bagian rangkaian penjelasan. Bagian ini berisi tentang urutan dan uraian peristiwa yang dibahas. Selain itu juga menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa.

    Bagian ini harus mampu menjawab pertanyaan “bagaimana” yang sering muncul di benak pembaca. Dengan kata lain, isi atau hakikat teks ini terkandung dalam rangkaian penjelasan yang mengandung sebab dan akibat.

    Sedangkan bagian penutup dan argumen menuju ke bagian komentar. Bagian ini memuat pendapat ilmiah penulis mengenai peristiwa yang diberitakan. Ini juga berisi kesimpulan atau pernyataan mengenai topik tersebut.

    Hal-hal yang dilaporkan dimuat dalam serangkaian pernyataan umum. Isi bagian ini adalah informasi singkat tentang topik yang dibahas. Atau berupa pernyataan umum yang disampaikan secara singkat.

    Pengertian teks eksplanasi Ini adalah teks yang berisi proses 'mengapa' dan 'bagaimana'. Misalnya saja peristiwa alam, sosial, budaya, informasi, dan sebagainya.




    Intisari Teks Eksplanasi Ada Pada Bagian Ciri Dan Kaidah.

    Seperti halnya jenis teks lainnya, teks eksplanasi tentunya mempunyai ciri dan kaidah tersendiri yang membedakannya. Ciri-ciri dan kaidah teks eksplanasi jenis ini adalah:

    1. Ciri-ciri Teks Eksplanasi

    Di antara ciri-ciri teks ekspositori yang perlu Anda pahami adalah teks tersebut memuat informasi faktual. Artinya, berdasarkan fakta di lapangan dan bisa dibuktikan secara langsung. Argumennya juga tentang sains atau fakta.

    Pada hakikatnya, teks eksplanasi bersifat informatif, tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi keyakinan atau ketidakpercayaan pembaca. Artinya, penulis menjelaskan permasalahan hanya berdasarkan fakta yang ada dan tidak memihak.

    Fokus pembahasannya bersifat umum. Misalnya saja kejadian alam seperti banjir, tsunami, hujan lebat, letusan gunung berapi dan masih banyak lagi kejadian lainnya selama tidak ada campur tangan manusia.

    Baca Juga: Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

    2. Aturan Teks Deskripsi

    Saat menyiapkan teks eksplanasi, Anda harus mengikuti aturan tertentu. Aturan ini termasuk penggunaan kalimat pasif saat menulis. Kemudian gunakan bentuk santai dan tegang.

    Lebih bagus lagi jika memuat istilah-istilah ilmiah. Kata kerja yang dipilih adalah kata kerja material dan rasional sekaligus. Perhatikan bahwa sifat teks ini murni informatif.

    Teks eksplanasi mempunyai kegunaan yang sangat luas dalam dunia tulis menulis. Sedangkan intisari teks eksplanasi ada pada bagian sebab-akibat.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done