Manfaat penghijauan di perkotaan antara lain apakah tanaman mampu melakukannya? Pertanyaan ini sering muncul dalam pertanyaan penerapan sain...
Daftar Isi [Tampil]

    Manfaat penghijauan di perkotaan antara lain apakah tanaman mampu melakukannya? Pertanyaan ini sering muncul dalam pertanyaan penerapan sains. Jawabannya adalah tumbuhan dapat mengikat CO.2 dan mengubah materi menjadi O2.Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

    Hiruk pikuk kota membuat awan menjadi kelabupolusi udara yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. Cara yang tepat untuk mengurangi polusi udara adalah dengan melakukan penghijauan.



    Apa Itu Penghijauan?

    Penghijauan merupakan upaya penanaman pohon pada lahan terbuka. Tujuannya tak lain untuk menciptakan suasana asri, harmonis, dan sejuk di tengah kebisingan kota.

    Karena tumbuhan hijau dapat menyerap gas karbon dioksida (CO), penghijauan diperlukan di perkotaan untuk mengurangi pemanasan global.2) dan melepaskan gas oksigen (O2). Hal ini disebabkan adanya reaksi fotosintesis pada tumbuhan hijau itu sendiri.

    Misalnya saja dampak pemanasan global berupa perubahan musim yang sulit diprediksi, mulai dari musim kemarau, hujan tiba-tiba yang merusak, hingga berkurangnya lapisan ozon di atmosfer bumi.

    Baca Juga: Agama Islam Mudah Diterima Oleh Rakyat Indonesia Sebab

    Bagaimana Reaksi Fotosintesis Terjadi?

    Singkatnya, tanaman mengandung air dari sumber tanah yang dialirkan melalui akar. Karbon dioksida di udara kemudian ditangkap oleh tanaman. Proses fotosintesis dimulai ketika klorofil, atau zat hijau pada tumbuhan, menangkap sinar matahari untuk membantu proses sintesis (mengubah) air dan karbon dioksida menjadi gula dan oksigen.

    Gas karbon dioksida merupakan gas beracun penyebab pemanasan global, sedangkan gas oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan sangat bermanfaat bagi atmosfer bumi. Selain itu juga dapat meningkatkan pasokan oksigen yang dapat dihirup masyarakat di perkotaan. Hasilnya, masyarakat perkotaan menjadi lebih sehat dan bebas polusi udara.

    Manfaat Penghijauan di Perkotaan

    Bukan hanya masalah pencemaran udara saja, di kota-kota besar sering terjadi banjir akibat penggunaan lahan terbuka untuk gedung-gedung bertingkat. Penghijauan akan bermanfaat karena fungsi pepohonan sebagai pelindung tanah.

    Jika hujan, tanah menyerap air. Toh tidak akan terjadi banjir, sehingga manfaat penghijauan di perkotaan antara lain kemampuan tanaman dalam menyerap CO2.2 dan menghasilkan oksigen. Oleh karena itu, perlu adanya pembagian lahan antara ruang terbuka hijau dan area konstruksi untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang ramah lingkungan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done