Halo teman saya Panduancode.com ! Kali ini kita akan membahas iklim subtropis yang terdapat di negara-negara ASEAN. Sebagai wilayah tropis, ...
Daftar Isi [Tampil]

    Halo teman saya Panduancode.com! Kali ini kita akan membahas iklim subtropis yang terdapat di negara-negara ASEAN. Sebagai wilayah tropis, ASEAN umumnya mempunyai iklim yang panas dan lembab. Namun beberapa negara di ASEAN juga memiliki iklim subtropis yang khas. Manakah dari negara-negara ASEAN berikut yang memiliki iklim subtropis? Negara dengan iklim subtropis di ASEAN adalah Myanmar. Negara ini juga menjadi satu-satunya negara ASEAN yang beriklim subtropis. Mari kita bahas lebih lanjut!




    Manakah Dari Negara-Negara Asia Berikut Yang Memiliki Iklim Subtropis?

    Indonesia

    Indonesia terkenal dengan iklim tropisnya yang panas dan lembab sepanjang tahun. Namun ternyata di Indonesia terdapat daerah yang beriklim subtropis yaitu pegunungan di pulau Jawa dan Sumatera. Di kawasan ini, suhu rata-rata pada musim dingin bisa mencapai 15-20 derajat Celcius.

    Thailand

    Thailand juga memiliki iklim subtropis di beberapa wilayah utara dan barat. Misalnya saja di wilayah Chiang Mai, suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius. Selain itu, terdapat juga hutan pinus yang tumbuh di daerah subtropis di Thailand.

    Myanmar

    Iklim subtropis juga terjadi di wilayah utara Myanmar yang berbatasan dengan Tiongkok. Terdapat pegunungan dan dataran tinggi di wilayah ini yang memberikan cuaca sejuk. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius.

    Vietnam

    Vietnam memiliki iklim subtropis di wilayah utara yang berbatasan dengan Tiongkok. Wilayah ini memiliki pegunungan dan lembah yang memberikan kesejukan udara. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius.

    Filipina

    Wilayah utara Filipina yang berbatasan dengan Taiwan juga beriklim subtropis. Terdapat pegunungan di kawasan ini yang memberikan udara sejuk. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 20-25 derajat Celcius.

    Malaysia

    Malaysia mempunyai iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun. Namun ada wilayah yang beriklim subtropis di Malaysia, seperti kawasan Cameron Highlands. Di kawasan ini, suhu rata-rata pada musim dingin bisa mencapai 15-20 derajat Celcius.

    Singapura

    Singapura memiliki iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun. Tidak ada wilayah di Singapura yang beriklim subtropis.

    Brunei

    Brunei mempunyai iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun. Tidak ada wilayah di Brunei yang beriklim subtropis.

    Baca Juga: Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi

    Kesimpulan

    Dari negara-negara ASEAN yang telah kita bahas di atas, Indonesia, Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Malaysia semuanya memiliki wilayah dengan iklim subtropis yang khas. Di wilayah tersebut, suhu rata-rata pada musim dingin bisa mencapai 10-20 derajat Celcius. Kawasan subtropis di negara-negara ASEAN memberikan udara sejuk, bersih, serta keindahan alam yang spektakuler.

    Pegunungan hijau, hutan pinus yang rimbun, dan lembah yang menakjubkan adalah beberapa contoh keindahan alam yang dapat ditemukan di kawasan subtropis ASEAN. Tak hanya itu, daerah-daerah tersebut juga mempunyai keunikan budaya dan kuliner yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

    Namun perlu diperhatikan bahwa iklim subtropis tidak sama dengan iklim tropis yang umumnya terjadi di negara-negara ASEAN. Suhu di daerah subtropis bisa sangat dingin di musim dingin dan panas di musim panas. Jadi, jika sobat Guidecode.com ingin mengunjungi kawasan subtropis di negara ASEAN, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik dan sesuaikan pakaian kamu dengan suhu saat ini.

    Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa banyak negara di ASEAN yang mempunyai wilayah dengan iklim subtropis yang khas. Sobat Guidecode.com dapat menikmati keindahan alam, budaya dan cita rasa unik di kawasan tersebut. Namun pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menyesuaikan pakaian Anda dengan suhu saat ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done