Berdasarkan gambar, saluran telur dan rahim masing-masing diberi nomor 1 dan 2, 2 dan 3, 3 dan 4, 4 dan 5. Berdasarkan nomor urut pada gamba...
Daftar Isi [Tampil]

    Berdasarkan gambar, saluran telur dan rahim masing-masing diberi nomor 1 dan 2, 2 dan 3, 3 dan 4, 4 dan 5. Berdasarkan nomor urut pada gambar, 1 dan 3 melambangkan ovarium dan 2 melambangkan vagina.,4 saluran tuba (tuba ovarium), 5 rahim (rahim).

    Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa saluran telur dan rahim ditandai dengan angka 4 dan 5.

    Setiap bagian organ reproduksi wanita mempunyai fungsinya masing-masing. Yuk simak penjelasan dibawah ini untuk lebih memahami fungsi dari masing-masing bagiannya.



    Deskripsi dan Bagian Lain Saluran Telur dan Rahim Ditunjukkan Masing-Masing Dengan Angka

    Alat reproduksi wanita mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai penghasil sel telur atau sel telur. Organ reproduksi ini mempunyai banyak bagian penting yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda-beda, penjelasannya sebagai berikut.

    1. Ovarium (indung telur)

    Fungsi ovarium atau indung telur adalah sebagai tempat terbentuknya sel telur atau indung telur. Fungsi lainnya adalah sebagai penghasil hormon progesteron dan estrogen. Letaknya di kanan dan kiri rahim.

    Baca Juga: Pada Saat Mengukur Tekanan Darah Dengan Tensimeter Berlaku Hukum

    2. Vagina

    Fungsi vagina adalah untuk menahan penis saat berhubungan seksual. Selain itu juga merupakan saluran terjadinya perkawinan dan jalan keluarnya darah haid dan keluarnya bayi.

    3. Tuba Fallopi (Saluran Telur)

    Tuba fallopi merupakan saluran penghubung antara rahim dan ovarium. Fungsi saluran telur adalah mengangkut sel telur dan sperma menuju tempat pembuahan yang disebut ampula, atau bagian terluar tuba falopi.

    Bagian inilah tempat berlangsungnya proses pembuahan. Sedangkan pada bagian ujungnya terdapat fimbriae yang fungsinya untuk menangkap sel telur yang dikeluarkan oleh ovarium. Terdapat rambut-rambut bergetar di sepanjang saluran telur yang memudahkan jalannya zigot yang telah dibuahi.

    4. Rahim

    Bagian terakhir adalah uterus atau rahim. Rahim merupakan ruang pertemuan antara dua saluran telur kanan dan kiri. Sedangkan bagian bawah leher rahim berisi leher rahim.

    Fungsi rahim adalah sebagai tempat tumbuh kembang janin hingga lahir. Berkat plasenta, kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan bisa terpenuhi.

    Meski setiap bagian organ reproduksi wanita memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun keduanya bekerja sama. Jadi dapat disimpulkan bahwa jawaban pertanyaan tentang saluran telur dan rahim masing-masing ditunjukkan oleh angka 4 dan 5.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done