Soal sifat-sifat unsur pembentuk senyawa merupakan soal yang paling sering ditemui pada mata kuliah kimia. Karena ini merupakan salah satu i...
Daftar Isi [Tampil]

    Soal sifat-sifat unsur pembentuk senyawa merupakan soal yang paling sering ditemui pada mata kuliah kimia. Karena ini merupakan salah satu informasi dasar yang perlu diketahui siswa.

    Unsur merupakan wujud materi paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lebih lanjut. Berbagai unsur yang ada di bumi dapat Anda lihat dengan cara sebagai berikut:tabel periodik. Ada 118 elemen sejauh ini.

    Sedangkan senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih melalui proses pencampuran kimia. Unsur-unsur penyusun suatu senyawa bisa sama jenisnya maupun berbeda jenisnya.





    Dengan Kata Lain, Sifat-Sifat Unsur Penyusun Senyawa Adalah


    Sifat-sifat unsur yang bergabung menjadi senyawa berbeda atau tidak sama lagi dengan sifat unsur aslinya. Ada banyak contoh senyawa yang sifat-sifatnya sangat berbeda dengan unsur aslinya.


    Di bawah ini pembahasan contoh senyawa sehari-hari yang sifat-sifatnya berbeda dengan unsur-unsur penyusunnya:


    1. Cuaca

    Air adalah senyawa cair yang terdiri dari hidrogen (H) dan oksigen. Hidrogen dan oksigen sendiri merupakan unsur gas. Namun ketika bereaksi, keduanya menghasilkan senyawa cair.


    Sehingga menghasilkan senyawa H2O. Hal ini membuktikan bahwa sifat unsur-unsur penyusun komponen tersebut sangat berbeda dengan senyawa yang dihasilkannya.


    Baca Juga: Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi Adalah


    2. Garam

    Rumus kimia garam adalah NaCl yang artinya terdiri dari unsur Na dan Cl. Natrium (Na) adalah logam alkali dan klor (Cl) adalah halogen.


    Dalam bentuk dasarnya, keduanya sangat berbahaya bagi manusia. Namun ketika mengalami reaksi kimia dan menghasilkan NaCl, justru menjadi senyawa yang sangat berguna bagi kehidupan.


    3. Oksigen

    Oksigen atau O2 merupakan senyawa gas yang sangat penting bagi kehidupan manusia terutama dalam proses metabolisme. Oksigen tidak dapat hidup sendiri dalam bentuk unsurnya; dua unsur harus ada agar senyawa tersebut stabil dan aman bagi manusia.


    4. Gula

    Gula (C12H22011) merupakan senyawa yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Karbon merupakan unsur nonlogam, sedangkan hidrogen dan oksigen merupakan unsur gas. Ketika ketiganya bereaksi, mereka membentuk kristal manis.


    5. Karbon Dioksida


    Salah satu gas dengan konsentrasi tinggi di bumi adalah karbon dioksida (CO2). Senyawa ini terdiri dari unsur nonlogam (karbon) dan unsur gas (oksigen). Ketika bereaksi, kedua unsur tersebut membentuk gas.


    Ternyata banyak sekali contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat unsur pembentuk senyawa berbeda dengan sifat awalnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done