Tubuh kita mengeluarkan sisa metabolisme serta keringat dan urin melalui paru-paru.Limbah metabolik dikeluarkan dari paru-paru karbon dioksi...
Daftar Isi [Tampil]

    Tubuh kita mengeluarkan sisa metabolisme serta keringat dan urin melalui paru-paru.Limbah metabolik dikeluarkan dari paru-paru karbon dioksida dan uap air. Jika ingin mempelajari lebih jelas, berikut Panduancode.com menjelaskan tentang paru-paru dan sisa metabolismenya.



    Sisa Metabolisme Yang Dikeluarkan Melalui Paru-Paru Adalah

    Memahami Paru-Paru

    Paru-paru adalah sepasang organ di dada yang memungkinkan kita bernapas. Paru-paru memiliki bentuk dan tekstur yang lembut dan elastis serta mengandung udara di dalamnya. Lebih spesifiknya, fungsi paru-paru adalah menggantikan oksigen yang Anda hirup dengan karbon dioksida dalam darah.

    Bagian Paru-paru

    Paru-paru terletak di rongga dada bagian atas, dengan otot dan tulang rusuk melapisi sisinya dan diafragma membatasi ruang di bawah paru-paru. Paru-paru, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, adalah organ berpasangan. Namun kedua bagian tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

    Paru-paru kanan disebut pulmo dexter dengan 3 lobus, dan paru-paru kiri disebut pulmo sinister dengan 2 lobus. Misalnya paru-paru kiri orang dewasa biasanya memiliki berat sekitar 325-550 gram, sedangkan paru-paru kanan memiliki berat kurang lebih 375-600 gram.

    Ada bagian lain di dalam paru-paru yang memiliki fungsinya masing-masing. Secara umum, bagian-bagian paru-paru dapat kita jelaskan sebagai berikut.

    Pleura

    Pleura merupakan selaput tipis yang berguna untuk melapisi paru-paru dan juga bagian dalam tulang rusuk.

    Bronkus

    Bronkus merupakan cabang dari batang tenggorokan yang terletak setelah tenggorokan (trakea) dan di depan paru-paru serta berfungsi sebagai saluran udara.

    Bronkiolus

    Bronkiolus adalah cabang bronkus yang berfungsi mengalirkan udara dari bronkus ke alveoli. Selain itu, bronkiolus juga berguna dalam mengatur jumlah udara yang masuk dan keluar saat bernapas.

    Baca Juga: Istilah Lain Tingkat Kesegaran Kebugaran Jasmani Adalah

    Alveoli

    Alveoli merupakan bagian paru-paru yang menyerupai rongga cekung dan dikelilingi oleh pembuluh kapiler kecil. Fungsi alveoli adalah sebagai tempat pertukaran udara antara oksigen yang dihirup dengan karbon dioksida dalam darah.

    Mekanisme Kerja Paru-Paru

    Saat Anda bernapas, udara atau oksigen masuk melalui hidung atau mulut. Udara kemudian masuk ke paru-paru melalui trakea. Oksigen akan masuk ke bronkus lalu dialirkan ke bronkiolus. Di bronkiolus, oksigen masuk ke alveoli dan di sinilah terjadi pertukaran udara.

    Oksigen akan masuk dan mengalir ke dalam darah, dan saat Anda menghembuskan napas bersama uap air, karbon dioksida akan dikeluarkan dari darah. Karbon dioksida ini dikenal sebagai sisa metabolisme dari paru-paru.

    Limbah metabolik yang dikeluarkan dari paru-paru adalah karbon dioksida dan uap air.

    Saya harap Anda dapat memahami paru-paru lebih dalam dari penjelasan singkat di Panduancode.com ini.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done