Perikanan merupakan salah satu sektor penting industri Pangan yang berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan manusia akan protein hewani. Ada d...
Daftar Isi [Tampil]

    Perikanan merupakan salah satu sektor penting industri Pangan yang berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan manusia akan protein hewani. Ada dua jenis penangkapan ikan utama dalam dunia penangkapan ikan, yang berbeda-beda bergantung pada ekosistem tempat mereka beroperasi; penangkapan ikan air payau dan penangkapan ikan air tawar. Meskipun sama-sama berkaitan dengan kegiatan penangkapan ikan, namun memiliki perbedaan yang signifikan dalam berbagai aspek seperti lingkungan, jenis ikan yang ditangkap, dan teknik penangkapan ikan yang digunakan.



    Apa Perbedaan Perikanan Air Payau Dan Perikanan Air Tawar

    Penangkapan ikan di air payau adalah kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan di perairan antara air laut dan air tawar. Air payau merupakan air yang mempunyai kandungan garam lebih rendah dibandingkan air laut dan kandungan garam lebih tinggi dibandingkan air tawar. Ekosistem perairan payau sangat unik karena merupakan kawasan peralihan antara air tawar dan air laut.

    Salah satu perbedaan utama antara penangkapan ikan air payau dan penangkapan ikan air tawar adalah keanekaragaman spesies ikan. Diketahui, terdapat berbagai jenis ikan yang mampu bertahan dalam kondisi peralihan seperti itu di perairan payau.

    Baca Juga: Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong Adalah

    Dalam penangkapan ikan air tawar, jaring, pancing, keramba, dan perangkap ikan merupakan salah satu teknik penangkapan ikan yang sering digunakan. Karena penangkapan ikan air tawar fokus pada perairan seperti sungai. Metode ini umumnya lebih bersifat lokal dan berkelanjutan.

    Perbedaan lingkungan dan teknik penangkapan ikan ini juga mempengaruhi pengelolaan dan peraturan perikanan. Perikanan air payau sering dikaitkan dengan peraturan yang berbeda, termasuk pembatasan tangkapan, perlindungan ekosistem, dan upaya konservasi bakau.

    Sedangkan penangkapan ikan air tawar juga memiliki peraturan dan pengelolaan khusus. Hal ini berkaitan dengan kelestarian sumber daya ikan di perairan air tawar yang mungkin terpengaruh oleh pola penangkapan ikan.

    Selain itu, penangkapan ikan di air payau dan penangkapan ikan di air tawar juga mempunyai dampak ekonomi yang berbeda. Penangkapan ikan di air payau seringkali memberikan kontribusi terhadap perekonomian wilayah pesisir dengan menyediakan lapangan kerja bagi para nelayan. Di sisi lain, penangkapan ikan air tawar dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal, khususnya melalui budidaya ikan.

    Kesimpulan

    Akibatnya, perikanan air payau dan perikanan Air tawar memiliki perbedaan yang signifikan dari segi lingkungan dan jenis ikan yang ditangkap. Memahami perbedaan-perbedaan ini penting untuk mengembangkan strategi pengelolaan perikanan berkelanjutan dan melindungi sumber daya ikan di kedua ekosistem ini.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done