Bahan lunak merupakan bahan yang mempunyai ciri lembut dan mudah dibentuk. Bahan ini sering digunakan untuk berbagai kerajinan tangan, baik ...
Daftar Isi [Tampil]

    Bahan lunak merupakan bahan yang mempunyai ciri lembut dan mudah dibentuk. Bahan ini sering digunakan untuk berbagai kerajinan tangan, baik alami maupun buatan.

    Ada dua jenis bahan lunak yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Bahan lunak dibedakan menjadi dua menurut sumbernya yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

    Bahan ini dapat digunakan sebagai suatu kerajinan dimana karya seni dihasilkan dengan menggunakan ketangkasan tangan dan bahan yang umumnya lembut.

    Di bawah ini akan kami jelaskan perbedaan bahan lembut alami dan bahan lembut buatan, baca selengkapnya!



    Bahan Lembut Alami

    Bahan lembut alami adalah bahan dengan tekstur lembut yang dihasilkan dari alam tanpa adanya campuran bahan buatan. Selain itu dapat diartikan bahwa prosesnya dilakukan secara alami.

    Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, kulit, karet, dll. Di bawah ini beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari bahan lembut alami beserta komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuatnya.

    Kil

    Tanah liat merupakan salah satu hasil kerajinan tangan dari bahan alami yang lembut yang banyak dijumpai di masyarakat. Tanah liat berasal dari alam dan sering digunakan untuk membuat vas bunga, toples, piring, gerabah dan wadah makan dan minum lainnya.

    Kerajinan Rotan

    Ini cukup istimewa untuk kerajinan tangan yang terbuat dari bahan lembut alami. Sebab jika diolah dengan cara seperti ini, harga bahan serat alami ini akan sangat mahal.

    Misalnya rotan yang diolah menjadi kursi dan meja antik. Tak hanya itu, serat rotan yang lebih halus juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan lembut alami kerajinan berupa bahan tenun. Bahan tenun sendiri sering dibuat untuk berbagai macam hal, misalnya saja untuk sangkar ayam dan burung.

    Kerajinan bahan lembut alami berikutnya adalah kulit. Karena kulit yang digunakan berasal dari kulit binatang yang disamak, maka mudah untuk dibentuk.

    Kulit ini tersedia dalam berbagai macam warna, seperti hitam, putih, coklat atau krem, tergantung hewan yang dikuliti. Kulit binatang yang digunakan biasanya berasal dari:
    • kulit buaya
    • Kaplan
    • Ini
    • Sapi
    • Bahan Lembut Buatan
    Bahan lunak tiruan adalah bahan yang menjadi lunak melalui berbagai tahapan pengolahan dan dapat dijadikan benda kerajinan tangan.

    Baca Juga: Kegiatan Ekspor Barang Ke Luar Negeri Termasuk Kegiatan

    Bahan ini juga cenderung lebih mahal dibandingkan bahan alami karena bahan kimia yang digunakan dalam pembuatannya. Contoh kerajinan bahan lunak buatan adalah lilin hias, plester, parafin, dll. bisa diberikan.

    Di bawah ini adalah beberapa kerajinan dari bahan lunak buatan dan komponen-komponen yang diperlukan untuk pembuatannya.

    Parafin

    Parafin merupakan bahan yang diperoleh dari hasil olahan minyak bumi. Bentuk parafin umumnya berbentuk lempengan. Namun ada juga parafin yang berbentuk butiran. Kerajinan tangan yang biasanya dibuat dengan parafin adalah lilin hias.

    Bubur

    Pembuatan pulp dapat dilakukan dengan mencampurkan:
    • koran bekas
    • Cuaca
    • Lem
    • Pati
    Perlu diperhatikan campuran air, lem dan kanji harus sesuai agar teksturnya tidak terlalu lembek atau mudah hancur.

    Setelah Anda mendapatkan kerajinan yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menambahkan warna agar terlihat lebih menarik.Contoh kerajinan tangan antara lain tempat pensil, patung, celengan, bingkai foto, dan lain-lain. terjadi.
    Plester

    Gypsum merupakan bahan mineral yang mengandung:

    • kalsium hidrat
    • sulfat
    • Karbonat
    • sulfat nitrat
    Plester biasanya berbentuk bubuk lalu dicampur dengan air hingga membentuk pasta kental.

    Jika campuran ini didiamkan maka akan mengeras. Seperti halnya lilin, pengolahan karya seni plester juga dilakukan dengan teknik pengecoran atau pencetakan.

    Plester cenderung memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga harus dikerjakan dengan hati-hati. Contoh kerajinan antara lain:
    • patung hias
    • relief dinding
    • Itu bagus
    • Bingkai foto
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done