Contoh dan Penjelasan Penerapan Prinsip Ekonomi Dalam Kegiatan Produksi - Pada dasarnya penerapan prinsip ekonomi diterapkan dalam tiga kegi...
Daftar Isi [Tampil]

    Contoh dan Penjelasan Penerapan Prinsip Ekonomi Dalam Kegiatan Produksi - Pada dasarnya penerapan prinsip ekonomi diterapkan dalam tiga kegiatan yang berbeda.

    Salah satunya adalah kegiatan produksi. Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan pada saat ini memproduksi Kita bisa menemukannya dengan mudah.

    Prinsip ekonomi adalah prinsip yang kita gunakan untuk memenuhi permintaan yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Secara umum, prinsip ekonomi memegang peranan yang sangat penting.

    Dengan prinsip ekonomi, kita dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain itu, kita dapat meminimalkan risiko dan kerugian berkat prinsip ekonomi.



    6 Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi

    Kegiatan produksi tidak pernah lepas dari produsen. Produsen sendiri merupakan pengusaha yang menghasilkan barang dan jasa.

    Produsen ini juga mencakup pedagang grosir dan pengecer profesional. Dengan kata lain produsen adalah orang atau organisasi yang bertugas menyediakan barang atau jasa hingga sampai ke tangan konsumen.

    Produsen akan melakukan proses produksi yang bertujuan untuk meningkatkan nilai guna suatu produk.

    Dari kegiatan produksi tersebut, produsen dapat menciptakan produk-produk baru dengan fungsi dan manfaat tertentu sehingga dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

    Di bawah ini setidaknya ada enam contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi yang dapat Anda pahami.


    1. Menghasilkan produk yang dicari dan dibutuhkan masyarakat

    Contoh penerapan prinsip ekonomi yang pertama dalam kegiatan produksi adalah produksi barang-barang yang dicari dan dibutuhkan masyarakat. Pada umumnya kegiatan produksi ditujukan untuk memanfaatkan peluang.

    Produsen akan memproduksi barang atau menyediakan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Padahal, barang dan jasa tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok.

    Misalnya masyarakat menjadikan minyak goreng sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari.

    Dalam kegiatan produksi, produsen akan menghasilkan minyak nabati yang berkualitas dengan harga terjangkau.

    Selain itu, produsen tidak akan menghasilkan produk yang tidak dibutuhkan masyarakat. Sebab barang-barang tersebut tidak akan mempunyai nilai di mata masyarakat.

    2. Sesuaikan jumlah produksi dengan jumlah permintaan

    Contoh penerapan prinsip ekonomi pada kegiatan produksi lainnya adalah penyesuaian jumlah produksi dengan jumlah permintaan.

    Apabila suatu barang diproduksi sesuai dengan permintaan maka kebutuhan masyarakat terhadap barang tersebut dapat tercukupi.

    Begitu pula jika suatu barang tidak diproduksi sesuai permintaan, maka kebutuhan terhadap barang tersebut tidak dapat dipenuhi sepenuhnya.

    Entah terlalu banyak atau terlalu sedikit. Selain itu, produsen dapat memaksimalkan proses produksi dengan menerapkan prinsip ekonomi tersebut.

    3. Mencari bahan baku dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau

    Pencarian bahan baku dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau merupakan salah satu contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi.

    Barang yang diproduksi dengan menggunakan bahan berkualitas mempunyai kualitas yang tinggi.

    Di sisi lain, bahan baku yang terjangkau memungkinkan produsen memaksimalkan harga jualnya.

    Artinya dalam kegiatan produksi, produsen dapat menghasilkan barang yang berkualitas dengan harga pasar. Oleh karena itu, masyarakat sebagai calon konsumen semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

    4. Memiliki Sumber Daya Manusia yang Ahli, Terampil dan Disiplin

    Berbicara mengenai contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi tidak akan pernah lepas dari sumber daya manusianya.

    Setiap produsen membutuhkan sumber daya manusia yang ahli, berbakat dan disiplin.

    Kegiatan produksi dapat terlaksana dengan lancar dengan sumber daya manusia yang profesional. Mulai dari menyiapkan bahan baku hingga menciptakan barang atau produk.

    5. Menentukan Lokasi Yang Tepat Untuk Produksi Barang Atau Jasa

    Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi selanjutnya adalah penentuan lokasi produksi. produk atau layanan Benar. Dalam hal ini, lokasi produksi dekat dengan sumber bahan baku.

    Dengan begitu, pemenuhan kebutuhan bahan baku dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Tidak memerlukan banyak tenaga, uang atau waktu.

    Selain itu, lokasi produksi juga harus dekat dengan lokasi pemasaran. Hal ini berkaitan dengan pendistribusian barang atau produk. Dengan demikian, bisa sampai ke konsumen secepatnya.

    6. Gunakan Alat Teknologi Tepat Guna

    Contoh lain penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi adalah penggunaan alat teknologi tepat guna.

    Berkat kemajuan teknologi, produsen dapat dengan cepat memproduksi barang dalam skala besar.

    Kualitas barang yang dihasilkan tetap terjaga. Human error atau kesalahan produksi dapat diminimalisir dengan alat teknologi yang tepat guna.

    Selain efektif, juga ramah lingkungan. Dengan demikian kesinambungan dan keseimbangan lingkungan tidak terganggu sejak awal hingga akhir proses produksi.

    Penerapan Prinsip Ekonomi

    Selain contoh-contoh yang telah disebutkan, terdapat contoh lain penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi.

    Yang tidak kalah penting bagi Anda untuk memahami contoh penerapan prinsip ekonomi ini. Penjelasannya ada di bawah ini.

    1. Berpikir Logis

    Ini adalah pengambilan keputusan berdasarkan pemikiran dan evaluasi yang rasional dan logis.

    Dalam arti lain berarti mengambil keputusan yang rasional dan sejalan dengan nalar dan logika.

    Demikian pula setiap keputusan yang diambil untuk memproduksi barang dalam menjalankan kegiatan produksi harus didasarkan pada pemikiran yang rasional.

    Barang-barang yang dihasilkan dengan cara ini tepat sasaran dan bernilai tinggi di masyarakat.

    2. Pasar sebagai tempat berlangsungnya kegiatan perekonomian

    Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi selalu berhubungan dengan pasar.

    Pasar merupakan bagian dari sistem produksi. Barang yang dihasilkan selanjutnya akan didistribusikan ke pasar, dimana barang dapat dijual dan barang dapat dibeli.

    Pasar tidak menunjukkan tempat atau tempat tertentu. Hal ini karena pasar mempunyai batasan geografis.

    Dalam contoh penerapan prinsip ekonomi ini, pasar mengacu pada seluruh aktivitas penawaran dan permintaan suatu barang atau produk.

    Adalah benar jika selalu bertindak berdasarkan prinsip biaya dan manfaat dalam kegiatan produksi. Selalu pertimbangkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi barang.

    Biaya adalah pengorbanan yang dilakukan produsen untuk mencapai sesuatu. Dengan kata lain, biaya adalah pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh suatu barang.

    Pada dasarnya ada dua contoh biaya; biaya relevan dan biaya tidak relevan. Biaya yang dikeluarkan akan mempengaruhi pengambilan keputusan. Sedangkan biaya tidak relevan adalah biaya yang tidak mempunyai dampak terhadap pengambilan keputusan.

    Dalam menjalankan kegiatan produksinya, produsen harus memastikan bahwa selain biaya, barangnya juga memberikan manfaat dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

    Kegiatan produksi juga melibatkan kewenangan negara. Kewenangan peningkatan faktor produksi ada di tangan pemerintah sendiri.

    Kewenangan tersebut salah satunya diwujudkan melalui intervensi di bidang perekonomian.

    Hal ini dilakukan untuk membantu produsen dan pedagang di pasar sehingga kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli dapat memperoleh keuntungan.

    Secara umum prinsip ekonomi dan kegiatan produksi saling berkaitan. Kegiatan produksi dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan prinsip ekonomi.

    Demikianlah contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi yang perlu Anda ketahui. Melalui diskusi ini, Anda dapat mengambil langkah cerdas dalam menyikapi setiap aktivitas produksi.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done