Suatu negara atau bangsa pasti mempunyai budaya yang membedakan negara tersebut dengan negara lainnya. Tidak ada bedanya dengan Indonesia. D...
Daftar Isi [Tampil]

    Suatu negara atau bangsa pasti mempunyai budaya yang membedakan negara tersebut dengan negara lainnya. Tidak ada bedanya dengan Indonesia. Di bawah ini akan dijelaskan Panduancode.com Budaya nasional Dari budaya apa itu berasal?



    Budaya Lokal Yang Beragam

    Indonesia adalah negara yang majemuk. Artinya, negara kita terdiri dari banyak kelompok etnis, yang masing-masing memiliki bahasa, budaya, gaya hidup, dan tradisi yang unik.

    Kebudayaan nasional bersumber dari kebudayaan daerah dan kearifan lokal yang terdiri dari berbagai unsur yang membentuk kebudayaan nasional Indonesia.

    Sebagai negara yang memiliki sejarah panjang, warisan nenek moyang bangsa Indonesia juga menjadi salah satu faktor pembentuk kebudayaan nasional kita. Panduancode.com memberikan contoh berbagai karya monumental nenek moyang Indonesia seperti Candi Borobdur, Prambanan dan candi lainnya.

    Dari segi arsitektur, seni tekstil seperti batik dan alat musik telah menjadi identitas kebanggaan masyarakat Indonesia. Tak jarang budaya daerah yang diwariskan secara turun temurun ini mampu menarik perhatian bangsa lain karena keunikan dan orisinalitasnya.

    Baca Juga: Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong Adalah

    Kebudayaan Nasional adalah Puncak dari Kebudayaan Lokal

    Kebudayaan nasional berasal dari kebudayaan daerah yang terdiri dari keberagaman. Kebudayaan nasional sering disebut sebagai puncak kebudayaan lokal dan daerah di Indonesia. Meski tidak semua budaya dapat diperingati sebagai budaya nasional, namun yang paling menonjol adalah budaya Indonesia.

    Bahasa Indonesia

    Bahasa Indonesia, bahasa yang mempersatukan berbagai suku dan suku di nusantara, berasal dari bahasa Melayu. Ini adalah bahasa daerah di banyak daerah, terutama di pulau Sumatera.

    Fakta bahwa bahasa Melayu mudah dipelajari, tidak ada tingkatannya dan dapat diterima oleh banyak orang menjadi alasan mengapa bahasa ini menjadi bahasa nasional kita.

    Dari uraian singkat Panduancode.com dapat disimpulkan bahwa kebudayaan nasional merupakan asal muasal kebudayaan lokal daerah yang ada di Indonesia. Sebenarnya banyak hal di luar bahasa yang bisa dijadikan contoh; misalnya tari, budaya gotong royong, prinsip negosiasi dan mufakat, dan lain-lain.

    Ada pula kain batik yang sebenarnya berasal dari Pulau Jawa namun dianggap sebagai motif dan pakaian nasional. Kain batik memang benar-benar khas Indonesia, bahkan mancanegara. Ini hanyalah beberapa contoh lain bagaimana budaya nasional bermula dari budaya lokal dan regional kita.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done