Membicarakan tentang teks berita Pertanyaan yang terlintas di benak banyak orang ini pasti berkaitan dengan tayangan di televisi atau artike...
Daftar Isi [Tampil]

    Membicarakan tentang teks berita Pertanyaan yang terlintas di benak banyak orang ini pasti berkaitan dengan tayangan di televisi atau artikel di surat kabar. Hal ini tidak salah mengingat sebagian besar penyajian berita kini menggunakan teknik ini. Lantas, apakah kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks berita tersebut merupakan kalimat yang sama?



    Mengenali Teks Berita

    Teks berita dapat berarti laporan yang memuat informasi tentang suatu peristiwa dan mempunyai nilai jurnalistik. Sederhananya, teks berita juga bisa berarti pemberitaan suatu peristiwa dalam bentuk teks.

    Tidak semua laporan tertulis masuk dalam cakupan teks berita karena tidak semuanya layak dijadikan teks berita. Berita hendaknya memuat informasi tentang peristiwa-peristiwa penting yang mungkin mempengaruhi banyak orang atau menjadi kepentingan umum.

    Baca Juga: Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional Adalah

    Kalimat Dalam Teks Berita

    Seperti halnya teks berita yang bermacam-macam jenisnya, setiap kalimat mempunyai kaidah kebahasaannya masing-masing. Ada berbagai aturan kalimat yang digunakan dalam teks berita:

    1. Menggunakan Kata Kerja Transitif

    Kaidah kalimat yang digunakan dalam teks berita adalah penggunaan kata kerja transitif. Kata kerja ini merupakan jenis kata kerja yang bisa bersifat pasif atau aktif, sehingga dapat ditemukan dalam kedua bentuk tersebut.

    2. Kata Kerja Reporter

    Berikutnya adalah kehadiran prekursor verba yang menunjukkan lebih tepat adanya suatu tuturan. Beberapa contoh kata masa kini antara lain: ucapkan, simpulkan, gagasan, ucapkan, ungkapkan, dan sebagainya.

    3. Kata Keterangan

    Seharusnya juga ada kalimat yang mengandung kata keterangan dalam teks berita. Adverbia sendiri merupakan kata-kata yang menunjukkan gambaran tempat terjadinya suatu peristiwa.

    4. Bahasa Standar

    Setiap berita yang ditulis disajikan dalam format yang baku, harus sesuai dengan pedoman KBBI, dan menggunakan bahasa sehari-hari seminimal mungkin.

    5. Konjungsi Temporal

    Terakhir, sebuah teks berita harus menggunakan konjungsi temporal untuk menunjukkan urutan berbagai peristiwa. Beberapa contohnya adalah nanti, setelah itu, berikutnya, atau berikutnya. Teks berita berbeda dengan berbagai teks lainnya karena berita tersebut bersifat terkini dan faktual, artinya benar-benar terjadi dan tidak mempunyai makna ganda. Ada berbagai ciri dalam teks berita yang memberi makna pada teks tersebut.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done