Pestisida adalah formula senyawa kimia yang digunakan petani untuk memusnahkan musuh tanaman. Hasil panen akan meningkat seiring dengan peng...
Daftar Isi [Tampil]

    Pestisida adalah formula senyawa kimia yang digunakan petani untuk memusnahkan musuh tanaman. Hasil panen akan meningkat seiring dengan penggunaan pestisida. Namun, penggunaan pestisida secara terus-menerus dapat menimbulkan dampak negatif; Salah satunya adalah rusaknya lahan pertanian.

    Secara umum sifat pestisida adalah untuk melindungi manusia dari ancaman serangga, jamur, gulma dan hama lainnya. Namun di sisi lain, formula senyawa yang mengandung pestisida ternyata bersifat pencemar, bahkan racun, jika ditinjau dari keselamatan ekosistem lingkungan hidup manusia, termasuk tanah dan lingkungan hidup.

    Pestisida yang digunakan secara sering dan terus menerus akan menimbulkan banyak kerugian seperti pencemaran lingkungan pertanian, penurunan produktivitas, keracunan hewan bahkan keracunan manusia.



    Pestisida Menyebabkan Penurunan Kesuburan Tanah

    Penggunaan pestisida juga dapat mematikan fauna tanah sehingga menurunkan kesuburan tanah. Penggunaan pupuk pestisida secara terus menerus dapat menyebabkan tanah menjadi lebih asam. Selain itu, penggunaan pestisida justru akan memberikan dampak negatif terhadap lahan di sekitarnya. Ini adalah fakta yang harus diperhitungkan; Tidak semua pestisida mencapai target. Hanya sekitar 20% yang tepat sasaran atau benar-benar efektif, 80% lainnya gagal.

    Pergerakan pestisida akan terus terbawa dari lahan pertanian melalui hujan atau penguapan, menyebar ke sungai atau danau, atau bahkan larut dalam limpasan permukaan lapisan tanah. Permasalahan lainnya adalah jika pestisida yang tumpah ke permukaan tanah dalam bentuk bahan kimia secara berlebihan akan mencemari lingkungan sekitar lahan.

    Baca Juga: Peristiwa Yang Terjadi Selama Fertilisasi Pada Hewan Adalah

    Sebab, senyawa kimia beracun terserap oleh partikel tanah dan merugikan mikroorganisme yang ada di dalam tanah. Jika mikroorganisme rusak, kesuburan tanah akan menurun. Dampak negatif dari penggunaan pestisida yang berlebihan dan terus menerus adalah berupa rusaknya lingkungan dan ketidakseimbangan ekosistem, dan yang paling fatal adalah dapat menimbulkan keracunan yang dapat mengakibatkan kematian pada manusia.

    Maka dari itu petani sangat memerlukan sikap cerdas untuk lebih memikirkan dampak negatif penggunaan pestisida. Terlebih lagi, terdapat bukti dari penelitian yang menjelaskan bahwa bahan-bahan pestisida tidak ada bandingannya dari segi manfaatnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done