Rahang merupakan bagian penting pada tubuh manusia yang berfungsi membantu dalam proses mengunyah makanan. Persendian pada rahang sangat pen...
Daftar Isi [Tampil]

    Rahang merupakan bagian penting pada tubuh manusia yang berfungsi membantu dalam proses mengunyah makanan. Persendian pada rahang sangat penting agar rahang dapat bergerak dengan baik dan tidak terjadi masalah pada saat mengunyah. Berbagai jenis sendi yang terdapat pada rahang antara lain:



    1. Sendi Temporomandibular (TMJ)

    Sendi TMJ adalah sendi yang menghubungkan rahang dengan tulang temporal di tengkorak. Sendi ini sangat penting karena memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah serta dari sisi ke sisi. Sendi TMJ terdiri dari tulang artikular, kapsul sendi, dan cakram artikular.

    2. Sendi Sphenomandibular

    Sendi sphenomandibular menghubungkan mandibula ke tulang sphenoid di tengkorak. Sendi ini memungkinkan pergerakan rahang ke bawah dan ke depan. Sendi sphenomandibular terdiri dari tulang artikular dan kapsul sendi.

    3. Sendi Stylomandibular

    Sendi stylomandibular menghubungkan mandibula dengan tulang styloid di tengkorak. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke bawah. Sendi stylomandibular terdiri dari tulang artikular dan kapsul sendi.

    4. Sendi Inkudomandibular

    Sendi inkudomandibular menghubungkan tulang mandibula dengan tulang inkus di telinga tengah. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi ini jarang ditemukan pada manusia dewasa.

    5. Sendi pterigomandibular

    Sendi pterigomandibular menghubungkan mandibula dengan tulang pterigoid di tengkorak. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak kesamping. Sendi pterigomandibular terdiri dari tulang artikular dan kapsul sendi.


    6. Sendi Mandibulotemporal

    Sendi mandibulotemporal menghubungkan tulang mandibula ke fossa mandibula tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi mandibulotemporal terdiri dari tulang artikular dan kapsul sendi.

    7. Sambungan Jahitan

    Sendi jahitan terletak di tulang rahang dan tulang temporal di bagian belakang kepala. Sendi ini merupakan sendi yang tidak dapat bergerak seperti sendi lainnya pada rahang.

    8. Sendi gomphous

    Sendi gomphosis terletak pada akar gigi pada rongga gigi di tulang rahang. Sambungan ini memastikan gigi tetap pada posisi yang benar.

    9. Sendi Sinovial

    Sendi sinovial terletak di area antara tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi dan cairan sinovial.

    10. Kombinasi Sambungan Peluru

    Ball joint terletak di belakang rahang dan menghubungkan rahang dengan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah.

    11. Dudukan Sadel

    Sendi pelana terletak di area antara tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke samping maupun ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan cakram sendi.

    12. Sambungan Geser

    Sendi luncur terletak di tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi dan cairan sinovial.

    13. Sambungan Engsel

    Sendi engsel terletak pada tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan ligamen.

    14. Sendi Putar

    Sendi pivot terletak pada tulang rahang dan tulang atlas pada tulang belakang. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke samping maupun ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan ligamen.

    15. Sambungan Bola dan Soket

    Sendi bola dan soket terletak di area antara tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan gerakan ke samping dan ke depan serta gerakan rahang ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan cakram sendi.

    16. Kondiloidi Iran

    Sendi kondiloid terletak di tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke samping maupun ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan cakram sendi.

    17. Sambungan Geser

    Sendi luncur terletak di tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke samping maupun ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi dan cairan sinovial.

    18. Eklem Elipsoid

    Sendi ellipsoid terletak di daerah antara tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke samping maupun ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan cakram sendi.

    19. Sambungan Engsel Ganda

    Tulang rahang dan tulang temporal memiliki sendi berengsel ganda. Sendi ini memungkinkan rahang bergerak ke atas dan ke bawah. Sendi ini; Terdiri dari tulang sendi, kapsul sendi, dan ligamen.

    20. Sendi amfiartrosis

    Sendi amphiarthrosis terletak di tulang rahang dan tulang temporal. Sendi ini merupakan sendi yang tidak dapat bergerak seperti sendi lainnya pada rahang.

    Kesimpulan

    Rahang merupakan bagian penting tubuh manusia yang memungkinkan kita mengunyah makanan dengan baik. Rahang memiliki beberapa jenis persendian yang memungkinkan rahang bergerak ke berbagai arah. Setiap sendi pada rahang sangatlah penting agar rahang dapat bergerak dengan baik dan tidak terjadi masalah pada saat mengunyah. Jagalah kesehatan rahang Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kebersihan
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done