Membuat teks eksplanasi lebih sulit karena ada spesifikasi dan aturan yang harus diikuti mengenai struktur teks eksplanasi. Nah, itu sudah p...
Daftar Isi [Tampil]

    Membuat teks eksplanasi lebih sulit karena ada spesifikasi dan aturan yang harus diikuti mengenai struktur teks eksplanasi.

    Nah, itu sudah pernah dibahas sebelumnya memahami teks eksplanasi. Pemahaman pokok bahasannya bisa Anda ulas secara lengkap dan menurut para ahli di artikel ini.

    Teks eksplanasi pada umumnya adalah teks yang memuat proses sebab akibat dari peristiwa yang benar-benar terjadi dalam bidang alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan bidang lainnya. Oleh karena itu, teks ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana proses ini terjadi, apa penyebabnya dan apa akibat yang ditimbulkannya.




    Ciri-Ciri Teks Deskriptif

    Teks eksplanasi sangat berbeda dengan jenis teks lainnya baik dari segi ciri maupun strukturnya. Ciri-ciri dan penjelasan teks eksplanasi diberikan di bawah ini.

    1. Terdiri dari Beberapa Paragraf

    Dilihat dari namanya saja, penjelasan (explanation) tentunya memuat beberapa paragraf dari sebuah teks tertulis. Kedua, teks eksplanasi ini memuat fakta, sehingga fakta tersebut harus disampaikan secara tepat dan dapat dijelaskan secara panjang lebar agar valid.

    2. Topik di Setiap Paragraf

    Setiap paragraf bukan hanya sekedar menuliskan fakta dan opini yang rumit dan yang terpenting panjang. Yang perlu diperhatikan adalah setiap paragraf mempunyai topik yang jelas dan tujuan utamanya adalah untuk mendukung fakta yang disajikan.


    3. Fakta dan Kebenaran

    Tidak hanya gagasan dan argumen penulis yang tidak berdasar, setiap artikel dalam paragraf juga harus didasarkan pada informasi yang faktual, valid, fakta yang terjadi. Fakta tersebut dapat dibuktikan dengan bukti atau sumber referensi yang jelas, lebih baik lagi adalah penelitian.

    4. Berisi Ciri Ilmiah

    Tujuan dibuatnya teks eksplanasi adalah untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan, dan diharapkan informasi tersebut tidak hanya sekedar dibaca tetapi juga dijadikan sebagai bahan referensi dan lebih dipahami dalam dunia nyata.

    5. Memiliki Struktur Standar

    Urutan struktur teks eksplanasi yang akan kita bahas bersama, mulai dari pendahuluan, sebab akibat, dan diakhiri dengan kesimpulan, merupakan hal yang baku dan harus diikuti. Kedua, bahasa yang digunakan juga harus baku dan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    Urutan Struktur Teks Deskriptif

    Setelah mempelajari fitur-fiturnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menulis teks deskriptif dengan baik dan benar. Di bawah ini urutan struktur teks deskriptif yang benar dan benar.

    1. Judul

    Setiap teks yang ditulis, termasuk teks eksplanasi, wajib ditulis dan diberi judul, karena judul merupakan hal penting yang perlu diketahui seseorang sebelum membacanya secara lengkap. Judul yang baik adalah yang pendek dan ringkas serta dapat menggambarkan isi teks tertulis secara umum.

    2. Gambaran Umum

    Pernyataan umum akan berisi penjelasan singkat mengenai permasalahan yang diangkat atau bisa juga disebut pendahuluan dan latar belakang. Biasanya berisi pernyataan umum pandangan, isu-isu umum, fakta yang akan dibahas, atau topik yang akan dibahas secara lengkap nanti.

    3. Urutan sebab dan akibat

    Setelah membuat pernyataan umum yang menarik, lanjutkan ke pembahasan yang lebih detail dan panjang, yaitu rangkaian sebab-akibat. Selanjutnya akan terdapat paragraf-paragraf penjelas dan penjelas mengenai sebab-sebab permasalahan yang diangkat dalam pembahasan serta akibat, akibat atau akibat yang menjadi perhatian yang perlu mendapat perhatian.

    Paragraf-paragraf tersebut akan memperkuat nilai atau pesan bahwa teks deskriptif itu baik dan akurat atau tidak.

    4. Interpretasi

    Terakhir, penulis harus membuat kesimpulan yang dapat mengubah keseluruhan teks dan pembahasan menjadi kesimpulan yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

    Kami berharap dengan mengetahui urutan struktur teks ekspositori di atas, Anda dapat melakukannya dengan baik ketika menulis esai, tugas, atau makalah penelitian yang membutuhkan teks ekspositori. Menulis tidak serta merta menjadi ahli, namun perlu diasah dan dicoba berkali-kali.

    Apa contoh teks eksplanasi yang strukturnya benar? Anda dapat membaca di artikel Contoh Teks Deskriptif.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done