Saluran yang Diikuti Reproduksi Tertib, Lengkap dan Benar pada Pria — Setiap makhluk hidup, termasuk manusia, mempunyai alat reproduksinya m...
Daftar Isi [Tampil]

    Saluran yang Diikuti Reproduksi Tertib, Lengkap dan Benar pada Pria — Setiap makhluk hidup, termasuk manusia, mempunyai alat reproduksinya masing-masing.

    Pada artikel yang dapat Anda baca selengkapnya ini, dijelaskan secara urut tentang jalur reproduksi pada pria.

    Di bawah ini penjelasan mengenai sistem reproduksi pada pria.

    Sebelumnya perlu anda ketahui juga bahwa pada sistem reproduksi pria tidak hanya berbicara tentang organ reproduksi tetapi juga tentang hormon. Masih banyak hal lain yang akan saling berhubungan.



    Hormon Reproduksi Pria

    Bagi yang kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengaturan sistem reproduksi pria. Sepertinya Anda perlu memperhatikan pembahasan yang telah disiapkan PC untuk Anda.

    Namun sebelum itu, ada baiknya mengetahui apa saja hormon reproduksi pada pria. Sistem reproduksi pria akan bekerja dengan dukungan hormon dalam tubuh. Hormon pada tubuh pria dan wanita memiliki perbedaan yang cukup berbeda.

    Hormon Merupakan zat kimia yang berguna untuk mengatur aktivitas sel dan organ dalam tubuh manusia. Berikut berbagai jenis hormon yang berperan penuh dalam sistem reproduksi pria:

    A. Hormon Gonadotropin

    Saat anak laki-laki memasuki masa pubertas, mereka akan memproduksi hormon gonadotropin lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hormon gonadotropin diproduksi oleh kelenjar hipotalamus di otak.

    Peningkatan kadar hormon gonadotropin dalam tubuh akan merangsang produksi hormon luteinizing dan hormon perangsang folikel yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari.


    B. Hormon perangsang folikel

    Hormon yang sangat efektif dalam produksi sperma di organ reproduksi ini disebut juga dengan hormon perangsang folikel. Sekitar 300 juta sperma diproduksi setiap harinya, dan masa produksi setiap sperma berkisar antara 65 hingga 75 hari.

    C. Luteinizan Hormon

    Saat hormon ini dilepaskan ke dalam darah, tubuh akan memproduksi dan mengeluarkan testosteron, hormon utama dalam tubuh pria.

    D. Hormon Testosteron

    Ketika pria memasuki masa pubertas dan mulai memproduksi hormon testosteron dalam jumlah lebih tinggi. Hal tersebut akan memicu berbagai perubahan pada fisik tubuh, mulai dari:
    • Pembesaran skrotum dan testis
    • Panjang penis bertambah
    • Rambut halus atau bulu yang tumbuh di kemaluan, ketiak, dan wajah
    • Suaranya menjadi lebih berat dari sebelumnya
    Tak hanya itu, anak laki-laki biasanya mengalami peningkatan berat dan tinggi badan yang signifikan saat memasuki masa pubertas. Hormon testosteron terutama mempengaruhi massa tulang dan hasrat seksual pada pria.

    Urutan Saluran Reproduksi Pada Pria Secara Lengkap dan Benar

    Kebanyakan orang mengira alat reproduksi pria hanya sebatas penis, skrotum, atau bagian lain yang terlihat dengan mata telanjang.

    Meski tidak demikian, ada organ reproduksi lain yang tak kalah pentingnya dalam menunjang sistem reproduksi pria.

    Jalur reproduksi pria yang umum diketahui sebagian besar orang adalah:

    Testis – epididimis – vas deferens – uretra – penis

    Tak hanya itu, pria juga memiliki berbagai organ reproduksi yang tak kalah pentingnya yang perlu Anda pahami. Di bawah ini penjelasan lengkap yang dapat Anda pelajari mengenai sistem reproduksi pria:

    A. Alat Kelamin Dalam Pria

    Alat reproduksi pada pria pada dasarnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu alat reproduksi bagian dalam dan alat reproduksi bagian luar. Kebanyakan orang lebih mengenal alat kelamin luar dibandingkan alat kelamin dalam.

    Berikut penjelasan lengkapnya agar Anda mengetahui lebih jauh mengenai organ reproduksi bagian dalam pada pria:

    1. Kapal Angkut

    Vas deferens berfungsi membawa sperma keluar tubuh saat ejakulasi. Vas deferens adalah organ berbentuk tabung panjang dan tebal yang menghubungkan dari epididimis hingga rongga panggul.

    Melalui epididimis, sperma akan diarahkan ke vas deferens lalu ke uretra atau uretra yang terletak di bagian belakang uretra.

    2. Vesikula Seminalis

    Organ ini berbentuk kantung yang menempel pada vas deferens, tepat di dekat dasar kandung kemih. Vesikula seminalis berfungsi menghasilkan cairan yang akan memberikan energi bagi sperma untuk bergerak.

    3. Saluran Ejakulasi

    Saluran ini terbentuk dari pertemuan vas deferens dan vesikula seminalis.Seperti namanya, saluran ejakulasi berguna sebagai saluran keluarnya air mani saat pria mengalami ejakulasi.

    4. Saluran Kemih

    Saluran kemih disebut juga uretra dan berguna dalam mengangkut urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

    5. Kelenjar prostat

    Kelenjar prostat terletak di bagian bawah kandung kemih, tepat di depan anus. Kelenjar prostat berguna dalam memproduksi cairan yang membantu pergerakan sperma saat ejakulasi dan membantu menjaga kesehatan sperma.

    6. Bulbouretral Bez

    Alat reproduksi pria ini disebut juga dengan kelenjar Cowper dan berguna dalam memproduksi cairan yang akan melumasi saluran kemih. Kelenjar bulbourethral juga membantu menetralkan kadar asam di saluran kemih akibat sisa urin.

    B. Alat Reproduksi Luar Laki-Laki

    Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai saluran reproduksi pada pria:

    1. Penis

    Penis memiliki 3 bagian anatomi, berikut penjelasan lengkapnya:
    • Akar atau pangkal merupakan bagian yang menempel pada dinding perut bagian bawah.
    • Batang penis merupakan bagian alat kelamin pria yang berguna untuk melakukan penetrasi.
    • Kelenjar merupakan bagian yang ditutupi lapisan kulit yang akan hilang setelah disunat.
    Terdapat lubang di ujung penis yang menghubungkan dengan uretra. Lubang inilah yang akan menjadi tempat keluarnya air mani dan urin.

    2. Skrotum

    Ini adalah organ berbentuk kantung yang terletak di bagian belakang penis. Skrotum menampung testis dan sering disebut testis atau testis.

    Bagian organ reproduksi pria ini banyak mengandung saraf dan pembuluh darah yang berguna dalam mengatur suhu testis.

    3. Testis

    Testis merupakan alat reproduksi pria berukuran zaitun, bulat, dan lonjong. Testis terletak di dalam skrotum, dan setiap pria memiliki dua buah testis.

    Alat reproduksi pria ini berguna untuk memproduksi hormon testosteron yang merupakan hormon utama dalam tubuh pria. Testis juga berfungsi dalam produksi sperma pada tubuh pria.

    4. Epididimis

    Alat reproduksi pria selanjutnya adalah epididimis, yaitu alat reproduksi pria berbentuk tabung panjang yang terletak di belakang buah zakar. Epididimis berfungsi dalam pengangkutan dan penyimpanan sperma yang dihasilkan oleh testis.

    Tak hanya itu, epididimis juga berfungsi sebagai alat reproduksi pria, mematangkan sel sperma yang dihasilkan testis. Setelah sel sperma matang, sperma baru dapat melakukan tugasnya untuk membuahi sel telur wanita.

    Demikianlah penjelasan mengenai sistem reproduksi pada pria yang dapat Anda pelajari secara berurutan. Harapannya, setelah membaca uraian Panduancode.com di atas, kini Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang sistem reproduksi pria.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done