Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru; Salah satunya adalah berhenti merokok dan menghindari polusi udara. Memburuknya paru-paru...
Daftar Isi [Tampil]

    Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru; Salah satunya adalah berhenti merokok dan menghindari polusi udara. Memburuknya paru-paru tentu saja meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan TBC.

    Paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pernafasan. Paru-paru mempunyai fungsi menukar oksigen di udara dengan karbon dioksida di dalam darah. Dengan demikian, gangguan fungsi paru-paru akan mempengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankannya kesehatan paru-paru.



    Ini adalah cara sederhana untuk menjaga kesehatan paru-paru

    Ada berbagai gejala yang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada paru, seperti sesak napas, sulit bernapas, batuk terus-menerus, rasa tidak nyaman saat batuk, batuk bercampur darah atau lendir.

    Kondisi ini bisa diobati tergantung penyebab gangguan pada paru-paru. Namun, tidak ada salahnya mencegah situasi ini dengan menjaga kesehatan paru-paru dan memastikan fungsinya sebaik mungkin. Berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memiliki paru-paru yang sehat:

    1. Berolahraga secara teratur

    Dilaporkan dari:Berita Medis Hari Ini, Rajin melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Ya, olahraga teratur membuat paru-paru Anda lebih sehat. Tak hanya itu, olahraga teratur juga menurunkan risiko penyakit jantung dankelumpuhan.Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas sistem pernapasan Anda.

    Jika Anda ingin mengetahui jenis olahraga apa yang baik untuk kesehatan paru-paru, Anda bisa bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Panduancode.com, Anda bisa berbicara dengan dokter melalui aplikasi kapan saja dan dimana saja!

    Baca Juga: Pada Proses Oogenesis Reduksi Kromosom Terjadi Pada Saat Pembentukan

    2. Berhenti dari kebiasaan merokok

    Dilaporkan dari:Pusat Pengendalian dan Pencegahan PenyakitKebiasaan merokok menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk paru-paru. Merokok dapat merusak kantung udara kecil di paru-paru dan saluran pernapasan. Tak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling umum adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan paru dibandingkan perokok pasif. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menghentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

    3. Makan makanan yang mengandung antioksidan

    Dilaporkan dari:garis kesehatanSalah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan mempunyai fungsi melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas berbahaya. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti: coklat hitam Sayuran hijau, stroberi dan kemiri memberikan asupan antioksidan dalam tubuh.

    4. Cuci tangan secara teratur

    BerdasarkanAsosiasi Paru-Paru AmerikaSering mencuci tangan adalah salah satu cara untuk melindungi kesehatan paru-paru. Gangguan pada paru bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, misalnya saja influenza. Tidak ada salahnya menjaga kebersihan tangan untuk melindungi diri dari penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi pada paru-paru.

    5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

    Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahunnya. Anda dapat mengetahui kesehatan Anda yang sebenarnya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian, penyakit yang ada di dalam tubuh bisa diobati sejak dini. Hal ini dapat melindungi Anda dari komplikasi yang mungkin terjadi.

    Itulah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Ingatlah untuk menjauhi berbagai polusi udara untuk melindungi kesehatan paru-paru Anda.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done