Motif adalah sesuatu yang membuat orang bertindak dan berusaha. Motivasi masyarakat bermacam-macam, termasuk motivasi ekonomi sebagai motiva...
Daftar Isi [Tampil]

    Motif adalah sesuatu yang membuat orang bertindak dan berusaha. Motivasi masyarakat bermacam-macam, termasuk motivasi ekonomi sebagai motivasi untuk bertahan hidup. Motivasi ekonomi pengusaha adalah keuntungan. Simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

    Dunia berputar karena motivasi ekonomi penduduknya. Motif ekonomi seseorang mempunyai keterkaitan dengan orang lain. Salah satu alasan ekonomi utama adalah kelangsungan hidup manusia.


    Memahami Motif Ekonomi

    Kutipan dari buku Mata Kuliah Ekonomi Sekolah Menengah Kelas 1 (P.32) mengatakan:

    Faktor-faktor yang mengarahkan tindakan ekonomi yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya disebut motif ekonomi.

    Motif ekonomi adalah segala sesuatu yang menyebabkan orang berusaha melakukan kegiatan ekonomi. Motif ekonomi didasarkan pada keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mencapai kesejahteraan.

    Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 ciri;
    • Penggerak Dalam, yaitu penggerakekonomi Berasal dari dalam diri individu tanpa dipengaruhi dari luar. Motivasi ini biasanya berupa kebutuhan dasar dan primer seperti sandang, pangan, dan papan.
    • Motif Ekstrinsik merupakan motif yang berasal dari luar diri individu dan banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Motif ini didasarkan pada barang-barang tersier seperti mobil mewah, perhiasan, dan produk bermerek.
    Motivasi ekonomi para wirausaha adalah mencari keuntungan

    Setiap orang mempunyai tujuan ekonomi yang berbeda-beda. Misalnya alasan ekonomi bagi para pedagang yang berharap bisa menjual barangnya dan mendapat keuntungan. Tujuan ekonomi seorang filantropis adalah untuk melakukan pelayanan sosial.

    Diambil dari bukuPengantar Ilmu Ekonomi: Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Permasalahan Dasar Ekonomi (2020:4),
    “Pengusaha selalu bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari pekerjaan yang dilakukannya. Keuntungan yang diperoleh ditujukan untuk memperluas dan mengembangkan usahanya.”
    Menurut memahami Pengusaha dengan motivasi ekonomi menjalankan kegiatan usahanya dengan menggunakan prinsip ekonomi. Diantara yang lain:
    • Menjaga biaya produksi serendah mungkin.
    • Ada tenaga kerja murah dan sumber daya manusia berkualitas.
    • Memproduksi barang atau jasa dalam jumlah besar.
    • Penyebaran dan pemerataan distribusi barang atau jasa.
    Singkatnya, motivasi ekonomi para pengusaha dicapai dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi, yaitu memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan biaya produksi yang serendah-rendahnya. Untuk itu diperlukan proses bisnis yang efisien dan padat karya dalam kegiatan usaha.

    alasan ekonomi pebisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Agar tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa merugikan pihak manapun, diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done