Ada tiga wujud materi di alam: padat, cair, dan gas. Setiap benda mempunyai sifat-sifatnya masing-masing, sifat-sifat khusus tersebut ada ya...
Daftar Isi [Tampil]

    Ada tiga wujud materi di alam: padat, cair, dan gas. Setiap benda mempunyai sifat-sifatnya masing-masing, sifat-sifat khusus tersebut ada yang padat, cair dan gas.

    Bentuk suatu benda berbeda-beda tergantung pada partikel materi penyusunnya. Bentuk benda padat, cair, atau gas dapat berubah jika mengalami proses tertentu.



    Pengertian dan Sifat Padat, Cair dan Gas

    Terdapat berbagai ciri yang membedakan suatu benda dengan benda lainnya. Misalnya ada benda yang bisa dilihat dan diraba, ada juga benda yang tidak bisa dilihat kecuali disentuh. Ada benda yang bisa mengalir, ada pula yang tidak.

    Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga bentuk benda tersebut.

    1. Benda Padat

    Benda padat adalah benda yang partikel-partikel penyusunnya tersusun rapat dan mempunyai susunan molekul atau atom yang teratur.

    Kutipan dari buku berjudul Rumus Fisika SMP yang Benar Menurut Hendri Hartanto, S.Pd (2010:19), benda padat mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.
    1. Keberadaannya terlihat.
    2. Ia mempunyai massa dan memakan ruang.
    3. Bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
    4. Partikel padat mempunyai susunan yang teratur dan letak partikelnya berdekatan satu sama lain.
    5. Volume benda padat tidak berubah (volume tetap). Volume Zat padat tidak berubah meskipun dipindahkan dari satu wadah ke wadah lain karena massanya cenderung tetap.
    Contoh benda padat: Kayu, batu, pasir, dll.


    2. Zat cair

    Menurut IniKamus bahasa Indonesia (KBBI), benda cair adalah benda (zat) yang dapat berubah bentuk sesuai dengan bentuk tempatnya berada (misalnya air, minyak) karena adanya pergerakan bebas molekul. 

    Dari pengertian benda cair di atas dapat dijelaskan bahwa sifat-sifat benda cair antara lain:
    1. Bentuknya tidak tetap. Bentuk benda cair berubah-ubah tergantung lokasinya.
    2. Volume tetap. Seperti halnya benda padat, benda cair mempunyai volume yang tetap karena jarak molekul-molekulnya sangat berdekatan.
    3. Mengalir. Zat cair dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
    4. Ia memiliki sifat kapiler. Benda cair mempunyai sifat kapiler, yaitu kemampuan air merembes melalui celah-celah kecil.
    Contoh zat cair: Air, minyak, dll.

    3. Benda Gas

    Definisi gas Kamus bahasa Indonesia (KBBI) adalah tingkat keadaan suatu zat dimana molekul-molekulnya bergerak bebas sehingga seluruh massanya cenderung memuai dan menempati seluruh volume wadah.

    Jika dijelaskan, sifat-sifat benda gas antara lain.
    1. Bentuknya tidak tetap. Sama seperti benda cair, benda gas mempunyai bentuk yang tidak stabil karena adanya gerak molekul yang bebas dan acak. Bentuk suatu benda gas sesuai dengan bentuk wadahnya.
    2. Volumenya tidak konstan. Karena benda gas memenuhi seluruh ruang yang tersedia, benda tersebut tidak mempunyai volume tetap. Selain itu, benda gas dapat memuai atau menyusut tergantung pada kondisi lingkungan.
    3. Ini mungkin mengalir. Benda gas dapat mengalir dengan bebas dan memenuhi seluruh ruang yang tersedia.
    Contoh benda gas : Nitrogen, oksigen, helium.

    Demikian uraian singkat tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas. Perlu diketahui bahwa bentuk suatu benda dapat berubah karena perubahan suhu atau tekanan. Perubahan bentuk suatu benda menyebabkan sifat benda tersebut berubah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done