Dampak Profesi Dampak terhadap perekonomian di Jepang Indonesia adalah eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Bahkan banyak o...
Daftar Isi [Tampil]

    Dampak Profesi Dampak terhadap perekonomian di Jepang Indonesia adalah eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Bahkan banyak orang yang membandingkan 3,5 tahun penjajahan Jepang dengan 3,5 abad penjajahan Belanda. Apakah ini benar?

    Indonesia berada di bawah pendudukan Jepang sejak tanggal 8 Maret 1942 hingga memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada masa ini Jepang menerapkan sistem pendudukan militer yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) untuk membiayai dan menjalankan misinya. Kepentingan militer dalam Perang Asia Timur Raya.


    Dampak Pendudukan Jepang Terhadap Perekonomian Indonesia Berupa Eksploitasi Sumber Daya Alam

    di dalam bukuSekolah Menengah IX. Sejarah Kelas IPS Seri 3 (2007) ditulis oleh Prawoto Ia mencatat, Jepang mengatur distribusi berbagai kebutuhan perang dari Indonesia. Masyarakat tidak mempunyai hak untuk menentukan apapun sebagai pemilik barang tersebut. Segala ketentuan mengenai harga, jumlah dan cara pengiriman ditentukan oleh Jepang.

    Aturan-aturan ini meliputi:
    • Besi, tembaga, kuningan dll. Menerbitkan surat keputusan peredaran berbagai jenis logam, seperti
    • Mengatur pengiriman beras yang jumlahnya ditentukan oleh Jepang. Jepang menentukan harga beras dan gabah. Masyarakat hanya diperbolehkan menjual produknya ke Jepang.

    Dampak Pendudukan Jepang Terhadap Perekonomian Indonesia Adalah Eksploitasi Sumber Daya Manusia

    Eksploitasi sumber daya manusia yang dilakukan Jepang melampaui kemanusiaan. Masyarakat pedesaan dimobilisasi untuk melakukan apa yang disebut kerja paksamerah. Kampanye ini dilakukan untuk pembangunan fasilitas perang seperti gedung, benteng, rel kereta api, jalan raya bahkan gua Jepang.

    Mobilisasi tidak hanya dilakukan di dalam negeri. Banyak WNI yang dikirim ke Filipina, Singapura, Siam, dan Burma dengan tujuan yang sama. Negara-negara Asia ini memiliki pangkalan militer Jepang selama perang.

    Mobilisasi yang dilakukan tidak hanya terhadap SDM laki-laki, namun juga terhadap SDM perempuan, menyisakan cerita pahit hingga saat ini. beberapa jApi Ianfu atau karayukisan Mereka yang masih hidup mengatakan kebenaran ini.

    Ada pula WNI berusia muda dan sehat yang ditugaskan sebagai cadangan. seinendan, keibodan dan Peta. Ada yang menganggap hal ini berdampak positif karena mendapat kesempatan mendapat pelatihan militer untuk pertama kalinya. Namun ada juga yang melakukannya karena masih menganggapnya merugikan.

    Kolonisasi Suatu tindakan yang dilakukan oleh negara mana pun dalam waktu sesingkat-singkatnya melanggar hak asasi manusia. Dampak pendudukan Jepang terhadap perekonomian Indonesia merupakan pengalaman yang sangat menyedihkan sehingga tidak boleh terulang kembali.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done