Pembangunan ekonomi merupakan serangkaian proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan...
Daftar Isi [Tampil]

    Pembangunan ekonomi merupakan serangkaian proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi Mereka pasti berhubungan satu sama lain.



    Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi?

    Salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan adalah ketersediaan sumber daya alam (SDA) di suatu negara. Sumber daya alam mempunyai nilai ekonomi yang baik apabila dikelola dan hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan sektor lain.


    Faktor kedua yang mempengaruhi pembangunan dan juga berkaitan dengan sumber daya alam adalah investasi. Investasi berfungsi untuk memberikan modal produksi bagi pengelolaan sumber daya alam yang baik.

    Selain faktor sumber daya alam dan investasi, ada faktor lain yang mempengaruhi pembangunan ekonomi. Saat ini para ahli sepakat bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.

    Namun sebelum mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, ada baiknya kita mengetahui pengertian pembangunan ekonomi.


    Memahami Pembangunan Ekonomi

    Pengertian pembangunan ekonomi dapat dijelaskan berdasarkan pendapat para ahli.

    Menurut Michael Todaro pertumbuhan ekonomi (2010), pembangunan merupakan suatu proses dimensional yang melibatkan perubahan besar dalam struktur sosial, sikap mental kebiasaan dan institusi nasional.

    Dalam konteks perekonomian, perubahan besar dalam pembangunan juga mencakup percepatan atau percepatan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kesenjangan, dan penghapusan kemiskinan absolut.

    Sedangkan menurut Sadono Sukirno Pengantar Teori Makroekonomi Edisi Ketiga (2011) pembangunan ekonomi adalah perubahan struktur dan pola kegiatan ekonomi yang mengikuti pertumbuhan ekonomi.

    Pembangunan ekonomi berbeda pertumbuhan ekonomi khususnya dari segi indikator keberhasilan.

    Indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi cenderung bersifat kuantitatif, seperti peningkatan standar pendapatan dan tingkat produksi suatu negara.

    Di sisi lain, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi cenderung bersifat kualitatif dan kuantitatif. Sebab keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya dilihat dari angka pendapatan saja, namun juga kualitas hidup dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

    Apa saja faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi?

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setidaknya ada 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan ini?

    Menurut Aisyah Nurjanah dan Yeni FitrianiEkonomi untuk SMA/MA Kelas XII (2022) 4 faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi adalah sumber daya alam, investasi, jumlah penduduk dan teknologi.

    Baik faktor sumber daya alam, investasi, jumlah penduduk, dll.teknologi Keduanya terkait dengan perkembangan perekonomian suatu negara. Berikut penjelasannya:

    1. Faktor ketersediaan sumber daya alam

    Salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan adalah keberadaan sumber daya alam. Padahal, sumber daya alam suatu negara mempunyai nilai ekonomi yang baik jika dikelola dengan baik.

    Hasil pengelolaan sumber daya alam selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh negara untuk kepentingan pembangunan ekonomi di sektor lain. Sumber daya alam dikelola dengan secermat mungkin dan dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan.

    Sumber daya alam yang dikelola secara sembarangan akan menghadapi risiko kelangkaan atau bahkan kelaparan kepunahan. Hal ini tentu dapat merugikan perekonomian negara.

    2. Faktor yang meningkatkan investasi

    Faktor lain yang mempengaruhi pembangunan adalah investasi. Investasi berperan dalam penyediaan barang modal seperti pabrik, mesin atau tanah.

    Modal-modal tersebut tentunya sangat diperlukan dalam proses pengelolaan sumber daya alam. Selain memberikan modal, investasi juga bermanfaat dalam menekan biaya produksi.

    Selain itu, berkat investasi, peluang pertumbuhan dalam lingkungan bisnis meningkat. Hal ini dapat membuka peluang kerja baru, meningkatkan pendapatan dan penghidupan masyarakat konsumsi masyarakat.

    3. Faktor populasi

    Jumlah penduduk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan perekonomian suatu negara. Nurjanah dan Fitriani menilai hal tersebut berperan besar dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja masyarakat.

    Apabila jumlah tenaga kerja berkualitas di suatu negara dapat terpenuhi maka pembangunan ekonomi akan terjadi lebih cepat. Namun jika jumlah tenaga kerja yang berkualitas rendah, maka pembangunan perekonomian negara akan terganggu.

    Faktanya, ada negara-negara yang pembangunannya terhambat karena kurangnya tenaga kerja berkualitas meskipun jumlah penduduknya padat.

    Permasalahan ini dapat diatasi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan.

    4. Faktor penggunaan teknologi

    Faktor keempat yang juga mempengaruhi pembangunan ekonomi adalah penggunaan teknologi. Teknologi berperan dalam meningkatkan efisiensi.

    Teknologi ini bekerja dengan menggandakan produksi dengan membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan teknologi juga dapat menimbulkan stres biaya produksi dan mengurangi risiko produk cacat.

    Jika negara bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal, pembangunan ekonomi bisa berjalan lancar.

    6 Indikator Pembangunan Ekonomi

    Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya dilihat secara kuantitatif tetapi juga secara kualitatif.

    Artinya, suatu negara dapat dikatakan mencapai pembangunan ekonomi tidak hanya melalui angka-angka yang dihasilkannya, namun juga melalui kualitas hidup masyarakatnya.

    Keberhasilan pembangunan ekonomi dapat dilihat melalui berbagai indikator. Deep Mulyati Modul Ekonomi Kelas XI (2020) menyebutkan setidaknya ada 6 indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

    Berikut daftar indikator pembangunan ekonomi sebagaimana dijelaskan oleh Mulyati:
    • Terjadi peningkatan pendapatan nasional
    • Terjadi peningkatan Produk Nasional Bruto (PDB)
    • Peluang kerja umum
    • Perekonomian stabil dan cenderung meningkat setiap triwulan
    • Neraca pembayaran luar negeri mengalami surplus
    • Distribusi pendapatan masyarakat merata di setiap daerah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done