Banyak kegiatan perdagangan internasional politik Ini dijalankan oleh pemerintah untuk melindungi produsen dalam negeri. Misalnya saja ada k...
Daftar Isi [Tampil]

    Banyak kegiatan perdagangan internasional politik Ini dijalankan oleh pemerintah untuk melindungi produsen dalam negeri. Misalnya saja ada kebijakan proteksi dan kuota impor. Sayangnya, masih banyak pihak yang kesulitan ketika diminta menjelaskan perbedaan kuota proteksi dan kuota impor.

    Hal ini disebabkan karena pemerintah kurang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kebijakan ekonomi tersebut. Akibatnya, sebagian besar masyarakat awam belum mengenal kedua kebijakan ekonomi untuk perdagangan internasional tersebut.


    Perbedaan Antara Perlindungan Impor dan Kuota

    Berikut perbedaan antara kuota proteksi dan kuota impor dalam perdagangan internasional sebagai bagian dari kebijakan tersebut ekonomi.

    1. Perlindungan

    Konservasi merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan membatasi perdagangan internasional sebagai cara untuk membantu industri dalam negeri. Adanya kebijakan konservasi berfungsi untuk meningkatkan aktivitas perekonomian dalam negeri dan mengatasi berbagai permasalahan.

    Contohnya termasuk keamanan atau kualitas produk. Proteksi dalam hal ini dapat dilakukan melalui proteksi tarif dan proteksi non-tarif.

    Penerapan perlindungan tarif meliputi pengenaan bea masuk dan pajak atas barang yang diimpor dari luar negeri. Sementara itu, perlindungan non-tarif melibatkan penggunaan peraturan dan regulasi yang berbeda untuk membatasi impor.


    2. Impor Kuota

    Kutipan dari buku Ekonomi pertanian, Muhammad Asir, Sandriana J. Nendissa dan Prisca Nurmala Sari (2022:197), triwulan impor Pembatasan langsung jumlah impor menjadi alasan utama untuk melindungi produsen pertanian atau sektor industri pengolahan nasional.

    Kebijakan ini mengikat apabila jumlah impor yang diperbolehkan lebih rendah dari jumlah impor pada perdagangan bebas dan sebaliknya. Dengan kebijakan kuota impor, pemerintah dapat mempengaruhi pasokan barang di pasar dalam negeri.

    Artinya, nantinya jumlah barang yang beredar di pasaran akan berkurang, harga barang tersebut akan meningkat, dan produksi dalam negeri dapat meningkat. Penerapan kebijakan ini juga dapat menurunkan nilai barang yang diimpor dari luar negeri.

    Demikian penjelasan mengenai perbedaan kuota proteksi dan kuota impor dalam perdagangan internasional yang juga merupakan bagian dari kebijakan pemerintah di bidang perekonomian. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat memperluas pandangan pembaca.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done