Magnet adalah benda yang mempunyai kemampuan menarik atau menolak magnet lain. Ciri tersebut disebabkan adanya kutub magnet yaitu kutub utar...
Daftar Isi [Tampil]

    Magnet adalah benda yang mempunyai kemampuan menarik atau menolak magnet lain. Ciri tersebut disebabkan adanya kutub magnet yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara dan kutub selatan suatu magnet selalu serasi dan tidak dapat dipisahkan.

    Jika sebuah magnet batang dibelah dua, akan terbentuk dua magnet baru yang masing-masing mempunyai kutub utara dan selatan. Hal ini disebabkan kutub magnet yang tidak dapat dipisahkan.

    Pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat magnet batang terbelah dua. Tiap keping magnet mempunyai kutub utara dan selatan.




    [Gambar Magnet Batang Dipotong Menjadi Dua]

    Potongan magnet yang lebih kecil juga bisa dibelah dua. Setiap magnet baru akan tetap memiliki kutub utara dan selatan. Proses ini dapat diulang berkali-kali, namun kutub magnet utara dan selatan tidak akan pernah terpisah.

    Hal ini disebabkan sifat kemagnetan yang dibentuk oleh orientasi putaran elektron di dalamnya. Elektron adalah partikel subatom yang bermuatan listrik negatif. Ketika elektron berputar pada porosnya, mereka menciptakan medan magnet.

    Baca Juga: Lapisan Atmosfer Yang Memiliki Tekanan Paling Rendah Adalah

    Pada magnet batang, elektron-elektron pada ujung magnet berputar searah sehingga menimbulkan medan magnet yang kuat pada ujung magnet. Medan magnet ini menyebabkan ujung magnet menjadi kutub utara magnet.

    Di ujung magnet yang lain, elektron berputar ke arah yang berlawanan, menciptakan medan magnet yang lemah. Medan magnet ini menyebabkan ujung magnet menjadi kutub selatan magnet.

    Pemotongan magnet tidak mengubah arah putaran elektron di dalamnya. Oleh karena itu, setiap potongan magnet akan tetap mempunyai kutub utara dan selatan.

    Jadi, “Jika magnet batang dipotong, di manakah kutubnya?” Jawaban yang benar untuk pertanyaan itu. adalahpada kedua bagian magnet.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done