Kapan waktu Apakah pemerintahan kolonial sudah dimulai di Indonesia? Masa pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai pada tahun 1500-an. Hal...
Daftar Isi [Tampil]

    Kapan waktu Apakah pemerintahan kolonial sudah dimulai di Indonesia? Masa pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai pada tahun 1500-an. Hal ini dimulai dengan kedatangan bangsa Portugis di Indonesia. Yuk simak penjelasan singkatnya di sini.



    Rangkuman Sejarah Masa Pemerintahan Kolonial di Indonesia

    Pemerintahan kolonial di Indonesia erat kaitannya dengan peristiwa kolonial. Berikut adalah arti dari kata kolonial, Kamus bahasa Indonesia (KBBI), yaitu yang berkaitan dengan alam kolonisasi.

    Keberadaan pemerintahan kolonial di Indonesia diawali dengan kedatangan bangsa Eropa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kutipan dari buku Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan Buku Siswa Kelas V SD/MI Karya Maryanto dkk. (2017: 4 – 5), faktor pendorong eksplorasi lautan:
    • Keinginan untuk mencari kekayaan (emas)
    • Keinginan untuk menyebarkan agama Keajaiban)
    • Adanya keinginan untuk mencari kesuksesan (kejayaan)
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    gunakan pencarian emas,Keajaiban, Ve kejayaan Orang Eropa menjelajahi dan menemukan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Kutipan dari buku berjudul Buku Utama: Ringkasan Bahan dan Grup Formula Lengkap Rincian mengenai kedatangan orang-orang Eropa di Indonesia dapat dilihat pada artikel Hajid dan Forum Guru Menulis Indonesia (2015: 244).

    1. Portugis

    Portugis berusaha menjalin hubungan dengan Maluku, Indonesia. Pada tahun 1512, Alfonso d'Albuquerque berhasil mendarat di Ternate dengan mengirimkan beberapa kapal ke Maluku. Portugis menerapkan sistem monopoli yang sangat merugikan di sini.


    2. Orang Spanyol

    Bangsa Spanyol mendarat di Tidore (Maluku) pada tahun 1521. Pada tahun 1529 Portugis berhasil menduduki Ternate-Tidore. Pada tahun 1580, Raja Spanyol II. Philip menyatukan Portugal di bawah pemerintahannya dan memerintahkan raja muda Spanyol di Filipina untuk tidak ikut campur dalam urusan Portugis di Maluku dan membantu Portugis. Maka Portugis mengusir Spanyol.

    3. Bangsa Belanda

    Belanda memulai perjalanannya menuju nusantara pada bulan April 1595. Ekspedisi tersebut terdiri dari empat kapal yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Mereka berhasil mendarat di Banten pada tahun 1596. Sekelompok pedagang Belanda baru tiba pada tanggal 28 November 1598. Mereka berada di bawah kepemimpinan Jacob Van Neck.

    4. Bangsa Inggris

    Pedagang Inggris di India Timur mendirikan East India Company pada tahun 1600, dengan lokasi Operasi India di Kalkuta. EIC memperluas perdagangannya ke Asia Tenggara dan bersaing dengan VOC di Indonesia pada abad ke-18. Sejak Belanda menjadi sekutu Perancis, Inggris mengancam posisi Belanda di Indonesia.

    Gubernur Jenderal Lora Minto mengirimkan ekspedisi Inggris dari Calcutta untuk merebut wilayah yang dikuasai Belanda di Indonesia. Alhasil, Thomas Stamford Raffles merebut seluruh wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia pada tahun 1811.

    Namun berdasarkan perjanjian London, Inggris mengembalikan tanah di Indonesia kepada Belanda pada tahun 1816.

    Berdasarkan uraian singkat di atas, maka dapat dipahami hal-hal sebagai berikut:
    • Masa pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai dengan kedatangan Portugis pada tahun 1500-an.
    • Pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia terjadi pada tahun 1596.
    • Pemerintahan kolonial Inggris muncul pada tahun 1811 dan berakhir pada tahun 1816, kembali ke pemerintahan kolonial Belanda.
    Inilah gambaran masa pemerintahan kolonial. Indonesia dapat menambah pemahaman terhadap informasi sejarah negara kita. Saya berharap dengan ini kita semakin mencintai tanah air dan bisa menghargai perjuangan para pahlawan sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan Indonesia.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done