Berenang merupakan salah satu jenis olahraga air yang digemari banyak orang. Apalagi banyak gaya renang yang bisa dipelajari. Salah satunya ...
Daftar Isi [Tampil]

    Berenang merupakan salah satu jenis olahraga air yang digemari banyak orang. Apalagi banyak gaya renang yang bisa dipelajari. Salah satunya adalah renang gaya bebas. Pada renang bebas, menghirup udara dilakukan dengan cara memutar kepala ke kanan atau ke kiri.

    Dengan kata lain, teknik pernapasan pada renang bebas tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab masyarakat perlu mengetahui teknik dasar ketika melakukan gerakan renang bebas.


    Panduan Cara Menghirup Udara Sambil Menghirup Pada Renang Gaya Bebas

    Secara umum, ini adalah teknik gaya bebas berenang Memanfaatkan kebebasan tangan dan kaki saat melakukan gerakan sehingga tubuh dapat meluncur dengan cepat. Saat berenang gaya bebas, tubuh Anda akan berada di atas permukaan air dengan mengayuh lengan ke depan. Sedangkan gerakan kakinya menyerupai menendang atau menggunting.

    Kutipan: Buku Pelajaran Renang oleh Jonas Solissa (2023:60), pada renang bebas, pernafasan udara dilakukan dengan cara memutar ke kiri atau ke kanan. Berikut panduan cara berenang gaya bebas yang perlu Anda pahami.

    Baca Juga: Di Bawah Ini Adalah Gaya Dalam Renang, Kecuali

    Posisi badan di dalam kolam sebaiknya berada di permukaan air atau di garis arus, mulai dari kaki hingga kepala.

    Teknik perosotan dapat dilakukan dengan berdiri di pinggir kolam dan diawali dengan satu kaki ditambatkan pada dinding kolam. Kemudian badan dicondongkan ke depan sejajar permukaan air dan kedua lengan diluruskan. Jaga agar badan tetap lurus, dorongan pada kaki yang menempel harus dilakukan sekuat mungkin.

    Kemudian, gerakan kaki bisa dilakukan secara bersamaan sambil melakukan latihan meluncur. Itu sebabnya orang tersebut harus berdiri menghadap tembok kolam renang Pertama, kedua tangan berpegangan pada dinding kolam dan kedua kaki diluruskan ke belakang dengan posisi badan tengkurap.

    Gerakan tangan yang benar pada gaya bebas adalah dengan menarik tangan kanan ke bawah sambil menekannya ke dalam air hingga mencapai bagian bawah badan. Begitu tangan sampai ke bawah badan, siku bisa langsung ditekuk dan tangan diangkat. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

    Pernapasan gaya bebas adalah bagian yang sama pentingnya. Cara bernapas gaya bebas yang benar adalah dengan memiringkan kepala hingga mulut terangkat ke atas permukaan air. Kemudian letakkan kembali wajah Anda ke dalam air untuk mengeluarkan napas.

    Semoga ulasan singkat tentang renang gaya bebas kali ini bermanfaat ya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done