Pola dan Contoh Mengembangkan Teks Ekspositori, Mari Belajar - Saat membaca artikel yang memuat berita, tips, dan hiburan, sering kali Anda ...
Daftar Isi [Tampil]

    Pola dan Contoh Mengembangkan Teks Ekspositori, Mari Belajar - Saat membaca artikel yang memuat berita, tips, dan hiburan, sering kali Anda bisa melihat berbagai jenis teks, seperti teks ekspositori.

    Sebuah artikel juga sering disajikan dengan menggunakan teknik untuk jenis teks tertentu (misalnya pola pengembangan teks ekspositori). Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan penulisan artikel.

    Teks jenis ini kemudian berkembang dan semakin beragam dan diterapkan pada semua jenis tulisan, baik ilmiah maupun non ilmiah, dengan pola pengembangan teks ekspositori analogis dan lain-lain.


    Memahami Teks Deskriptif

    Teks berjenis ekspositori adalah suatu paragraf atau artikel yang memuat sejumlah informasi dan pengetahuan tertentu, kemudian disajikan secara tertulis secara ringkas, ringkas, dan akurat.

    Anda dapat melanjutkan membaca ulasan ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian teks eksplanasi.

    Untuk mengerti teks pameran Merupakan jenis teks yang menyampaikan gagasan dari berbagai sumber, yaitu berupa pemikiran mengenai suatu topik tertentu.

    Oleh karena itu, dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis teks ini adalah nonfiksi atau cocok untuk sains.

    Teks eksplanasi juga sering Anda jumpai dalam tulisan-tulisan ilmiah, baik berupa jurnal ilmiah, buku, maupun artikel sejenis.

    Sebab, teks eksplanasi hanya menyajikan fakta dan informasi berdasarkan fakta (terbukti kebenarannya).

    Oleh karena itu, di dalamnya Anda tidak akan menemukan unsur-unsur fiksi murni, begitu pula kiasan atau unsur-unsur lain yang menjadi ciri artikel fiksi.

    Penulis sering menggunakan bagan, gambar, tabel, grafik, dan kata-kata lain seperti serius, formal, standar, dll. Mereka menambahkan alat lain yang terkait dengan info.

    Hal ini akan semakin membantu pembaca memahami penjelasan atau makna data yang dijelaskan dalam bentuk paragraf.

    Istilah lain yang digunakan untuk menyatakan teks tersebut adalah teks deskripsi proses.

    Hal ini karena istilah ini sering digunakan untuk memasarkan peristiwa atau proses.


    3 Struktur Callout Dalam Model Pengembangan Callout

    Tujuan pembuatan teks deskriptif adalah untuk memberikan penjelasan suatu informasi kepada pembaca sehingga dapat menambah informasi baru.

    Seseorang yang membaca teks eksplanasi diharapkan memperoleh pengalaman dan informasi baru.

    Apa yang didapat tentu saja realistis dan detail.

    Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa teks eksplanasi tersebut didasarkan pada apa yang sebenarnya terjadi, dan bukan merupakan artikel yang sengaja dibuat sesuai pola pengembangan teks eksplanasi.

    Teks jenis deskripsi memiliki format atau struktur khusus yang membedakannya dengan jenis teks lainnya.

    Hal ini kemudian akan membantu pembaca mengetahui bahwa membaca adalah teks berjenis parafrase. Mengikuti struktur teks yang adil Apa yang perlu Anda ketahui:

    Opini Atau Pernyataan

    Deskripsi adalah bagian pertama dari struktur teks tipe deskripsi. Bagian ini juga sering disebut dengan pendapat atau tesis.

    Bagian ini juga sesuai dengan namanya, yaitu memuat isi yang secara umum memuat pemaparan pandangan-pandangan yang diungkapkan oleh penulis.

    Namun pandangan ini tidak sekadar disampaikan sembarangan atau serampangan.

    Penulis akan sering menyatukan atau menjelaskan beberapa argumen lain di bagian pembuka teks jenis ini.

    Dengan demikian, pembaca akan disuguhkan berbagai argumentasi, data dan pendapat. Bab ini juga akan membantu pembaca lain memahami konteks pola pengembangan info.

    Argumen

    Penulis pada bagian argumentasi biasanya mencoba menyampaikan beberapa alasan tertentu yang dapat memperkuat argumentasinya pada bagian penjelasan di atas.

    Dengan demikian, pembaca dapat menemukan hubungan antara argumen dan fakta sebenarnya.

    Bagian argumentasi sering digunakan penulis untuk meyakinkan pembaca bahwa pandangan atau argumentasi yang disampaikan adalah yang paling logis atau benar.

    Nantinya pada bagian ini akan terdapat beberapa kalimat yang menolak atau mendorong suatu gagasan.

    Perhatikan apakah penulis benar-benar ingin mendukung suatu gagasan. Namun jika penulis benar-benar ingin mendukung suatu gagasan, maka isi kalimat dalam model pengembangan teks ekspositori akan mendorong pembaca untuk menyetujui gagasan yang dibicarakan.

    Penegasan Kembali Pendapat

    Struktur akhir teks eksplanasi dan model pengembangan teks eksplanasi generalisasi merupakan penegasan kembali pendapat penulis.

    Begitu sampai pada bagian kesimpulan, isinya menjelaskan hasil dari seluruh topik yang dibahas pada bagian pembuka sebelumnya.

    Kaidah Kebahasaan Dalam Model Pengembangan Teks Eksplanasi

    Teks berjenis deskripsi juga mempunyai ciri-ciri lain ditinjau dari kaidah kebahasaan yang digunakan. Hal ini dikarenakan tidak semua bahasa cocok untuk diterapkan di sini. Ciri-ciri diskusi ini antara lain:

    Menggunakan Kata Ganti

    Kata ganti digunakan dalam deskripsi; Artinya, sebuah kata digunakan sebagai pengganti kata benda atau orang.

    Sangat mudah untuk menemukan kata ganti dalam teks-teks seperti itu dalam mengungkapkan dan membenarkan pendapat. Biasanya ditambahkan pada pembukaan dan penutupan.

    Menggunakan Kata Sifat

    Teks deskriptif juga menggunakan kata sifat; Artinya menjelaskan kata benda dan sering dikaitkan dengan sufiks satu kali dan banyak (sekali). Kata-kata yang termasuk dalam kata sifat adalah kata percaya diri, optimis dan sejenisnya.

    Menggunakan Kata Keterangan

    Kata keterangan adalah kata yang memberikan informasi tambahan pada kata sifat dan kata kerja.

    Kata-kata yang termasuk dalam kategori adverb, seperti sangat percaya diri, sangat optimis, tidak mempunyai potensi, dan sebagainya.

    Teks Pameran

    Kata kerja juga sering digunakan dalam teks deskriptif karena tujuannya untuk menjelaskan suatu tindakan atau proses. Misalnya kata-kata seperti meminta, menuntut, menentukan, mendorong dan kata-kata sejenisnya.

    Menggunakan Nama

    Kata benda mengandung arti kata yang merujuk pada nama suatu tempat, nama orang, atau nama apa pun (yang diubah menjadi benda).

    Misalnya nama tokoh, nama masyarakat, nama negara, nama daerah, dan sebagainya.

    Model Pengembangan Teks Penjelasan Yang Harus Anda Ketahui

    Setelah membaca sosialisasi menjaga kebersihan lingkungan masyarakat di atas, maka perlu diketahui bahwa pola pengembangan sosialisasi tersebut adalah sebagai berikut:

    Definisi Model Pengembangan

    Model pengembangan teks deskripsi yang pertama adalah pengembangan definisi. Artinya model pengembangan memuat penjelasan tentang definisi suatu topik atau hal yang dibicarakan oleh penulis.

    Penulis juga menjelaskan pengertian topik utama, dimulai dari pendahuluan (pendapat).

    Model Pengembangan Proses

    Model pengembangan proses, sesuai dengan namanya, menggambarkan proses sesuatu, peristiwa, atau proses mewujudkan dan melakukan sesuatu.

    Model pengembangan ini diketahui tidak hanya berlaku pada paragraf penjelas saja, namun juga berlaku pada paragraf prosedur.

    Pola Peningkatan Teks Tampilan Gambar

    Paragraf penjelasan juga disempurnakan dengan menggunakan teknik ilustrasi saat membuatnya. Maka penulis akan menjelaskan sebuah contoh yang akan dijadikan contoh atau ilustrasi.

    Model pengembangan ini bertujuan untuk membantu pembaca lebih memahami karya penulis.

    Model Pengembangan Klasifikasi

    Teks eksplanasi juga menggunakan pengembangan klasifikasi, sehingga penulis akan sering menjelaskan klasifikasi suatu bahan atau benda menjadi beberapa kelompok atau bagian.

    Dengan begitu, pembaca akan lebih memahami topik pembahasan, apalagi jika genrenya banyak.

    Model Pengembangan Laporan

    Paragraf penjelas sering digunakan penulis untuk menyampaikan suatu peristiwa atau kejadian. Artinya teks akan dikembangkan dengan menggunakan teknik pelaporan.

    Dengan cara ini, pembaca diajak membaca laporan suatu peristiwa yang sesuai dengan laporan umum, dan teksnya menjadi lebih lengkap.

    Hal ini juga bertujuan agar pembaca mengetahui dengan jelas apa yang terjadi, mulai dari sebab hingga keadaan akhir akibat dari sebab tersebut.

    Informasi pun menjadi lebih detail dan jelas sehingga menghilangkan pemberitaan yang setengah hati.

    Model Pengembangan Komparatif

    Teks ekspositori kemudian menggunakan teknik komparatif ketika menyempurnakan tulisannya. Teks ini dikembangkan dengan membandingkan suatu hal dengan hal lainnya.

    Hal ini digunakan untuk memperjelas argumen yang disampaikan penulis sehingga memperkuat argumen tersebut.

    Contoh Model Pengembangan Teks Eksplanasi

    Pola pengembangan info adalah pola yang akan Anda temukan dalam teks info. Perhatikan contoh pola pengembangan teks narasi perlindungan kebersihan lingkungan berikut ini:

    Cepat

    Kepala desa melakukan banyak upaya untuk menciptakan kenyamanan dan menjaga lingkungan dan lingkungan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjamin kebersihan lingkungan masyarakat.

    Oleh karena itu, terlihat bahwa masyarakat sering mengadakan lomba bersih-bersih, khususnya lomba antar kelas, untuk mewujudkan upaya tersebut.

    Selain itu, dengan diadakannya lomba bersih-bersih antar desa ini diharapkan dapat mendorong keinginan dan semangat masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.|

    Dengan demikian, masyarakat akan semakin khawatir dan kebersihan lingkungan pun akan terjamin. Bentuk upaya menjaga kebersihan lingkungan antara lain membuang sampah pada tempat sampah, selalu gotong royong membersihkan lingkungan setempat, dan lain-lain. terjadi.

    Argumen

    Upaya membangun dan menjaga kebersihan masyarakat desa terlihat dari program gotong royong membersihkan lingkungan, melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah Covid 19 dan lain-lain.

    Sementara itu, acara pengabdian masyarakat diselenggarakan di banyak desa pada hari Minggu, dengan partisipasi masyarakat setempat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membersihkan lingkungan hidup agar dapat diselesaikan dengan cepat untuk mencakup seluruh masyarakat.

    Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berupa penyiangan, menyapu sekitar tempat tinggal, dan lain-lain. Mengandung. Kegiatan tersebut tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga membuat hubungan sosial antar anggota masyarakat menjadi lebih bersahabat.

    Penegasan Kembali

    Berkat kegiatan di atas, terlihat bahwa menjaga kebersihan rumah masyarakat sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan hidup.

    Selain itu, upaya menjaga kebersihan lingkungan juga akan bermanfaat bagi perlindungan kesehatan seluruh masyarakat dari bahaya Covid 19 atau gangguan kesehatan lainnya. Sehingga dapat mengurangi penyakit seseorang ataupun hal lainnya.

    Ini kemudian mencerminkan aktivitas orang di tempat kerja, dll. Ini akan mengganggu. Oleh karena itu, kesehatan seluruh masyarakat akan lebih terjamin jika setiap orang selalu disiplin menjaga kebersihan lingkungan.

    Anda dapat lebih memahami teks ekspositori, pola perkembangan teks ekspositori, dan cara menyusunnya dengan penjelasan di atas. Informasi tersebut kedepannya juga dapat diterapkan pada dunia tulis menulis agar dapat menulis teks informatif dengan baik dan sesuai kaidah.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done