Pernahkah Anda mendengar istilah bioteknologi? Prinsip dalam bioteknologi industri Ini adalah produksi barang dan jasa yang efisien dalam sk...
Daftar Isi [Tampil]

    Pernahkah Anda mendengar istilah bioteknologi? Prinsip dalam bioteknologi industri Ini adalah produksi barang dan jasa yang efisien dalam skala besar melalui penggunaan mikroorganisme.

    Segala materi terkait bioteknologi industri dapat Anda peroleh dari: Buku IPA Kelas 9 MT Sekolah Menengah. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan bioteknologi industri?



    Memahami Prinsip Bioteknologi Industri

    Bioteknologi berasal dari kata bio yang berarti makhluk hidup dan teknologi. Dengan kata lain, bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup secara keseluruhan atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan atau memodifikasi produk yang bermanfaat melalui prinsip atau teknologi tertentu.

    Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan bakteri, jamur, virus, hewan, tumbuhan, enzim, dan makhluk hidup lainnya untuk menghasilkan barang dan jasa.

    Bioteknologi kini telah berkembang mencakup bidang ilmu lain seperti industri, biokimia, komputasi, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, farmasi dan lain-lain.

    Kemajuan bioteknologi berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Penerapan bioteknologi memiliki keuntungan dalam mengubah fungsi biologis suatu organisme melalui teknik rekayasa genetika, seperti penambahan gen dari organisme lain atau mengubah gen asli organisme tersebut.

    Sedangkan bioteknologi industri adalah penerapan bioteknologi untuk memenuhi tujuan kegiatan industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Ini juga melibatkan penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.

    Baca Juga: Uretra Yg Terdapat Di Dalam Penis Berfungsi Untuk

    Bioteknologi dapat berdampak pada berbagai industri kimia karena banyak produk dapat diproduksi secara efisien dengan bioteknologi. Selain itu, bioteknologi secara signifikan mengurangi ketergantungan banyak industri terkait terhadap bahan bakar fosil. Produksi penisilin mungkin menjadi contoh bagaimana bioteknologi tumpang tindih dengan industri lain seperti obat-obatan.

    Bioteknologi industri terkait erat dengan perubahan iklim, khususnya dalam hal penggunaan bahan biologis untuk menangkap karbon dari udara selama proses produksi dan produksi bioenergi untuk bahan bakar industri. Bioenergi umumnya menghasilkan emisi seperti bahan bakar, namun tergolong ramah lingkungan karena sejumlah karbon dioksida diserap dari udara selama proses produksi.

    Bioteknologi industri diperkirakan dapat mengurangi penggunaan lahan yang biasanya digunakan untuk menanam pangan. Bioteknologi industri juga dapat menghasilkan makanan bergizi lengkap di laboratorium dengan menggunakan alga. Dan juga, aplikasi Produk bioteknologi industri dapat dimanfaatkan pada lahan pertanian; Misalnya, produksi pangan dapat ditingkatkan dengan pemberian pupuk hayati pada produk pertanian.

    Bioteknologi industri dapat mengurangi persaingan antara kebutuhan bahan bakar dan kebutuhan pangan karena dapat mengolah bahan non pangan (seperti selulosa dan minyak nabati non pangan (minyak jarak, minyak nyamplung)) menjadi bahan bakar. (DNR)
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done