Lambung merupakan organ penting yang berperan dalam banyak hal pada sistem pencernaan manusia. Beberapa fungsi lambung dalam sistem pencerna...
Daftar Isi [Tampil]

    Lambung merupakan organ penting yang berperan dalam banyak hal pada sistem pencernaan manusia. Beberapa fungsi lambung dalam sistem pencernaan adalah menampung makanan dan minuman, mengolahnya, dan mendorong makanan ke dalam usus untuk selanjutnya diserap.

    Lambung terletak di sisi kiri lambung dan berhubungan dengan usus halus. Besar kecilnya perut setiap orang berbeda-beda, tergantung komposisi dan jumlah makanan yang masuk ke dalamnya. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai anatomi dan fungsi lambung pada sistem pencernaan di bawah ini.



    Mengenali Anatomi Perut

    Sebelum mengetahui fungsi lambung pada sistem pencernaan, Anda perlu memahami anatomi lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang elastis, artinya dapat mengembang dan berkontraksi. Kapasitas perut juga bisa berubah ketika seseorang terbiasa makan dalam porsi tertentu.

    Lapisan Perut

    Lambung terdiri dari beberapa lapisan otot polos yang berkontraksi secara otomatis sehingga lambung terus bergerak meskipun orang tersebut sedang tidur. Ada empat lapisan jaringan yang membentuk lambung; Berikut penjelasannya masing-masing.

    1. Mukosa

    Mukosa merupakan bagian lambung yang paling dalam dan berhubungan langsung dengan isi lambung. Jika perut kosong maka akan berkontraksi. Sebaliknya bila lambung terisi makanan maka mukosa akan menjadi lebih datar. Selama proses pencernaan, lapisan ini menghasilkan dua zat pencernaan, asam klorida dan pepsin.

    Baca Juga: Uretra Yg Terdapat Di Dalam Penis Berfungsi Untuk

    2. Submukosa

    Lapisan submukosa lambung terdiri dari jaringan ikat yang meliputi sel saraf, jaringan ikat, dan pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan nutrisi ke dalam lambung.

    3. Otot Eksternal

    Lapisan ini terdiri dari tiga lapisan otot, yaitu lapisan otot memanjang, melingkar, dan miring, yang membantu memperlancar proses pencernaan. Fungsi lambung pada bagian ini adalah menghasilkan gerakan bergelombang atau gerak peristaltik. Tindakan ini mengubah makanan menjadi bubur encer (chimish).

    4. Serius

    Serosa adalah lapisan terluar lambung. Fungsi lambung pada bagian sistem pencernaan ini adalah untuk mengurangi gaya gesekan antara lambung dengan organ lain di sekitar sistem pencernaan.

    Struktur Perut

    Perut terdiri dari lima bagian struktural; Berikut penjelasannya masing-masing.

    1. Kardia

    Kardia adalah bagian paling atas lambung yang berhubungan langsung dengan kerongkongan. Kardia menerima makanan, yang dihaluskan di mulut dan didistribusikan melalui kerongkongan sebelum masuk ke bagian tengah lambung. Di ujung kardia terdapat sfingter jantung, otot berbentuk cincin yang mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

    2. Fundus

    Fundus adalah tempat lewatnya nutrisi setelah jantung. Bagian ini berbentuk melengkung dan terletak di bagian atas lambung dan tepat di bawah diafragma. Di fundus, makanan mulai dicerna dan dicampur dengan enzim.

    3. Badan Perut

    Fungsi lambung yang paling penting dalam sistem pencernaan terjadi di dalam tubuh lambung. Bagian ini merupakan proses dimana makanan dicerna, dicampur dengan enzim dan diubah menjadi potongan-potongan kecil yang disebut chyme (daging buah halus).

    4. Gua

    Antrum adalah bagian bawah lambung yang melengkung dan memungkinkan kimus mengendap sebelum dikirim ke usus kecil.

    5. Pilorus

    Pilorus adalah bagian terakhir lambung yang terhubung langsung dengan usus halus. Pilorus terdiri dari sfingter pilorus, yang mengatur pelepasan kimus dari lambung ke duodenum, bagian pertama dari usus kecil. Selain itu, pilorus juga berfungsi mencegah kimus kembali ke lambung.

    Peran Perut dalam Sistem Pencernaan

    Mengingat lambung merupakan organ utama dalam sistem pencernaan manusia, maka fungsinya pun sangat penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi lambung dalam sistem pencernaan manusia.

    1. Menyimpan Makanan

    Fungsi utama lambung pada manusia adalah menyimpan makanan sebelum diolah. Pasalnya, tidak semua makanan akan langsung diolah. Diketahui bahwa lambung mampu menyimpan makanan dalam jumlah besar, bahkan hingga satu liter dalam sekali makan.

    2. Pengolahan Makanan

    Fungsi utama lambung dalam sistem pencernaan adalah mengolah makanan. Begitu masuk ke lambung, enzim dan asam di lambung akan memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Lambung melakukan gerakan peristaltik, mencampurkan makanan dengan asam dan enzim.

    Gangguan Perut

    Peran lambung dalam pencernaan sangatlah penting, sehingga terganggunya organ ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut berbagai kondisi yang dapat mengganggu kesehatan lambung:

    1. Radang perut

    Gastritis atau gastroenteritis Ini merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang lambung. Sejumlah gejala maag antara lain kembung dan nyeri, gangguan pencernaan, dan mual. Keadaan ini perlu diwaspadai karena dapat berubah menjadi maag akut.

    2. Lakukan

    GERD Ini adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan berbagai gejala seperti nyeri dada, suara serak di pagi hari, dan kesulitan menelan. Hal ini juga bisa menimbulkan rasa seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokan.

    3. Sakit maag

    Sakit maag Penyakit ini terjadi ketika asam lambung mengikis lapisan pelindung lambung sehingga menyebabkan luka terbuka, pendarahan, dan sakit perut.

    Bagaimana Melindungi Kesehatan Perut?

    Cara menjaga kesehatan lambung dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat sebagai berikut:
    • Latihan rutin.
    • Kurangi konsumsi makanan olahan seperti junk food.
    • Mengatasi stres.
    • Merokok.
    • Kurangi konsumsi alkohol.
    • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
    Demikianlah uraian mengenai fungsi lambung dalam sistem pencernaan manusia. Selain dengan mempraktikkan beberapa gaya hidup di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan melakukan hal berikut: Pemindaian Sistem Pencernaan Lengkap Di Rumah Sakit Siloam.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done