Dalam sastra di Indonesia, penulisan cerpen mencakup unsur intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu unsur luarnya adalah cerita pendek Yang pent...
Daftar Isi [Tampil]

    Dalam sastra di Indonesia, penulisan cerpen mencakup unsur intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu unsur luarnya adalah cerita pendek Yang penting adalah latar belakang penulis. Yang dimaksud dengan unsur luar cerpen adalah hal-hal yang berasal dari luar cerpen yang membentuk cerpen tersebut. Walaupun berasal dari luar cerpen, namun unsur luar cerpen sangat mempengaruhi alur cerita dan tokoh-tokoh dalam cerpen.

    Kutipan: CARA MUDAH MENULIS CERPEN: Bahan Ajar Kelas Bahasa Indonesia Tingkat SMA, NDAH RIMAWAN, ANNISYAH WAHYUNI PURBA, KARINA OKTAVIANA, GuePedia, beberapa unsur cerpen Ekstrinsik antara lain:
    • Latar belakang penulis
    • Sejarah komunitas
    • Nilai atau norma yang berlaku di masyarakat
    • Latar belakang tempat atau lokasi di mana karya itu dibuat
    • Latar belakang waktu terciptanya cerpen tersebut

    Salah Satu Unsur Eksternal Cerpen: Latar Belakang Pengarang

    Kali ini kita akan membahas secara khusus latar belakang pengarang yang merupakan salah satu unsur luar cerpen. Unsur luar yang mempengaruhi cerpen adalah latar belakang atau sejarah pengarang. Penulis Cerita pendek. Memahami latar belakang penulis akan memudahkan kita merasakan pola tulisannya. Selain motivasi penulis dalam menulis, kita juga dapat mempelajari pandangan dan pemikiran penulis ketika melihat permasalahan hidup, pengalaman pribadi, atau tulisan berdasarkan imajinasi.

    Berbagai faktor menjadi latar belakang penulis:

    1. Biografi Penulis

    Biografi penulis adalah biografi penulis cerpen secara keseluruhan. Hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi cara berpikir dan cara pandangnya. Sebuah cerita seringkali terinspirasi oleh berbagai pengalaman hidup; Tidak jarang gaya kebahasaan sebuah cerpen dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam kisah hidup pengarangnya.

    Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Cerita Fiksi Jelaskan

    2. Keadaan Psikologis Penulis

    Dalam hal ini keadaan psikologis merupakan motivasi atau keadaan pikiran yang dimiliki penulis cerpen pada saat menulis cerpen. Keadaan psikologis penulis tentunya sangat erat kaitannya dengan produktivitasnya dan juga mempengaruhi isi cerita pendek yang diciptakannya.

    Misalnya, seorang penulis yang mengalami masalah romantis dalam kehidupan nyata mungkin mengungkapkan kesedihan, kebahagiaan, kemarahan, dll. memiliki peluang lebih tinggi untuk menghasilkan cerita pendek tentang emosinya.

    3. Genre Sastra Pengarang

    Bagi seorang sastrawan, genre sastra dianggap sebagai ‘agama’ yang sangat istimewa, wajar jika hal ini sangat mempengaruhinya dalam munculnya karya tulis. Setiap penulis juga mempunyai genre sastra yang berbeda-beda. Hal inilah yang mempengaruhi gaya penulisan dan jenis cerpen yang umumnya digunakan seorang pengarang dalam setiap karyanya.

    Latar Belakang Menjadi salah satu unsur lahiriah cerpen, maka pengarang sangatlah penting, apalagi bila dipadukan dengan unsur lahiriah lainnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done