Di dalam sejarah Karena kami mempelajarinya di sekolah, kami mengetahui beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan. Salah satu unsur pe...
Daftar Isi [Tampil]

    Di dalam sejarah Karena kami mempelajarinya di sekolah, kami mengetahui beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan. Salah satu unsur penting dalam peristiwa sejarah adalah waktu karena perjalanan manusia tidak dapat dipisahkan dari waktu. Tak hanya itu, ada alasan lain mengapa waktu menjadi unsur penting dalam peristiwa sejarah. Apa alasannya?


    Menjelaskan Mengapa Waktu Merupakan Elemen Penting dalam Peristiwa Sejarah

    Sejarah merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan mempunyai kaitan atau dampak besar terhadap peristiwa yang terjadi pada masa kini. Makna sejarah dijelaskan lebih lengkap dalam buku bertajuk.Sejarah Pendidikan Islam : Pencipta Diandra, Muhamad Tisna Nugraha (2019:3).

    Di dalam buku tersebut tertulis bahwa sejarah adalah suatu kajian ilmiah yang mengkaji segala peristiwa atau peristiwa masa lalu dalam kehidupan manusia. Konsep dan konsep siapa subjek dan objek sejarah dalam sejarah waktu Kapan suatu peristiwa terjadi merupakan bagian penting apakah peristiwa itu dapat disebut sejarah.

    Baca Juga: Bagaimana Kondisi Rakyat Pada Masa Pemerintahan Kolonial

    Selain itu, buku tersebut menjelaskan bahwa kategori sejarah dapat dibagi berdasarkan kapan suatu peristiwa terjadi; Ini disebut periodisasi waktu. Periodisasi waktu sejarah adalah pembagian peristiwa sejarah ke dalam urutan kronologis menurut tema atau apa yang dianggap peristiwa penting, penting atau menarik.

    Dari penjelasan ini kita dapat memahami betapa pentingnya hal ini. elemen waktu dalam sejarah. Waktu merupakan unsur penting dalam sejarah karena waktu digunakan sebagai penanda tertentu terjadinya suatu peristiwa yang tercatat dalam sejarah. Penjelasan ini dibahas lebih detail dalam buku bertajuk.Dr. Temukan Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X oleh. Abdurahman; Arif Pradono, M.I.Com (2019:8).

    Dalam buku tersebut tertulis bahwa ruang dan waktu menjadi latar belakang tertentu terjadinya suatu peristiwa sejarah.Peristiwa sejarah selalu berada dalam ruang dan waktu, yang terus bergerak atau berkembang secara dinamis di masa depan seiring dengan dinamisnya gerak manusia.

    Hal inilah yang memposisikan waktu sebagai penanda sejarah yang unik, karena peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali. Meski terdapat peristiwa sejarah yang polanya sama, namun konteks spasial dan temporal masing-masing sejarah berbeda.

    Setelah Anda memahami penjelasan mengapa waktu merupakan elemen pentingsejarah Anda bisa lebih memahami catatan sejarah di atas. Semoga bermanfaat ya!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done